Khasiat Kulit Manggis yang Direbus untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
khasiat-kulit-manggis-yang-direbus-untuk-kesehatan

Halodoc, Jakarta - Manggis merupakan buah tropis yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari kulit, ranting, dan kulit pohonnya bisa digunakan sebagai obat. Bagian buah yang manggis yang terkenal manfaatnya adalah kulit manggis.

Kulit manggis umum digunakan untuk mengobati diare, infeksi saluran kemih (ISK), gonore, sariawan, TBC, gangguan menstruasi, kanker, osteoartritis, dan infeksi usus yang disebut disentri. Selain itu, biasanya kulit manggis juga digunakan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh.

Beberapa orang menggunakan kulit manggis untuk mengobati eksim dan kondisi kulit lainnya. Lebih lengkapnya, inilah beberapa manfaat kulit buah manggis yang perlu kamu ketahui:

1. Kaya Antioksidan

Salah satu kandungan paling penting dari kulit manggis adalah profil antioksidannya. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralisir efek merusak dari molekul yang berpotensi berbahaya yang disebut radikal bebas dan berkaitan dengan berbagai penyakit kronis.

Kulit manggis mengandung beberapa nutrisi dengan kapasitas antioksidan, seperti vitamin C dan folat. Selain itu, ia menyediakan xanthones, jenis senyawa tanaman unik yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat. Aktivitas antioksidan xanthone telah menghasilkan efek antiinflamasi, antikanker, anti-penuaan, dan antidiabetik. Dengan begitu, xanthones pada manggis memberikan banyak manfaat kesehatan yang potensial.

Baca juga: Ini 5 Khasiat Kulit Manggis yang untuk Kesehatan

2. Memiliki Fungsi Antiinflamasi

Xanthone yang ditemukan pada manggis berperan dalam mengurangi peradangan. Xanthones juga memiliki efek antiinflamasi dan dapat mengurangi risiko penyakit radang, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Kulit manggis juga kaya serat, yang menawarkan berbagai manfaat. 

3. Memiliki Efek Antikanker

Senyawa dalam kulit manggis, termasuk xanthones, selain memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi, juga dapat membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker. Xanthones dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk di payudara, lambung, dan jaringan paru-paru.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu klaim ketenaran kulit manggis adalah potensinya untuk membantu penurunan berat badan. Hal ini adalah efek anti-inflamasi yang berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan. 

Baca juga: 4 Khasiat Kulit Manggis bagi Kesehatan Tubuh

5. Sebagai Perawatan Kulit

Sifat-sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-jamur, anti-alergi, dan antioksidan dari kulit manggis dapat membantu mengurangi risiko berbagai kondisi seperti peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi, dan infeksi bakteri. 

Kulit manggis juga terbukti sebagai obat rumahan yang efektif untuk jerawat. Ini adalah aktivitas antioksidan yang paling signifikan dan mengurangi produksi spesies oksigen reaktif, yang menjadi dua faktor yang memengaruhi pertumbuhan jerawat.

6. Mengurangi Masalah Menstruasi

Kulit dan akar manggis secara tradisional dianggap mampu membantu mengatur siklus menstruasi pada wanita. Manfaat manggis juga meringankan gejala tidak nyaman yang sering terjadi sebelum menstruasi.

7. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manggis sangat membantu dalam mengurangi risiko stroke. Kemungkinan juga manggis memiliki efek kardioprotektif pada sistem pertahanan jaringan antioksidan dan peroksidasi lipid selama stroke. 

Baca juga: 9 Keajaiban Manggis Madu untuk Kesehatan

8. Menurunkan Gula Darah

Manggis memiliki manfaat untuk mencegah dan menjaga diabetes tetap terkendali karena dapat membantu menjaga kadar gula darah normal. Hal ini telah terbukti bertindak sebagai inhibitor alpha-amylase, yang berarti menghambat enzim yang menyebabkan pati terurai menjadi glukosa.

Kemampuan penurun gula darah pada manggis berasal dari asam tanatinya dan bahkan lebih dari itu dari kompleks proanthocyanidin (OPCs) oligomernya. OPC adalah metabolit tumbuhan alami yang banyak tersedia dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, bunga, dan kulit kayu.

Selain baik untuk gula darah, OPC terutama dikenal karena aktivitas antioksidannya, juga berkontribusi sebagai antibakteri, antivirus, antikarsinogenik, antiinflamasi, anti alergi, dan vasodilatasi.

Jika kamu mempunyai pertanyaan soal kesehatan, tanyakan saja pada dokter di Halodoc. Kamu juga bisa loh buat janji dengan dokter di rumah sakit dengan aplikasi ini. Praktis kan? Ayo, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:

Organic Facts. Diakses pada 2019. 12 Powerful Benefits Of Mangosteen
Health Line. Diakses pada 2019. 11 Health Benefits of Mangosteen