10 April 2018

Kiat Menjaga Berat Badan Ideal yang Tahan Lama

Kiat Menjaga Berat Badan Ideal yang Tahan Lama

Halodoc, Jakarta – Punya berat badan ideal tentu jadi idaman banyak orang. Masalahnya, apa mungkin kamu bisa memiliki berat badan ideal sepanjang hidup? Meskipun cara menjaga berat badan enggak gampang untuk sebagian orang, tapi kamu bisa kok hidup dengan bobot tubuh ideal selama mungkin.

Pertama-tama, setelah usaha menurunkan berat badan berhasil, apa yang harus kamu lakukan untuk mempertahankannya? Sebab, kebanyakan program dan metode penurunan berat badan hanya membahas di fase awal. Nah, setelah itu jarang dibahas secara mendalam. Itulah yang membuat banyak orang kebingungan untuk menjaga bobot idealnya. Makanya, enggak heran bobot tubuh akan kembali naik setelah beberapa waktu.

Lalu, apa yang perlu kamu lakukan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal selama mungkin? Nah, berikut tips yang bisa kamu lakukan menurut buku Mitos dan Fakta – Olahraga & Yoga.

(Baca Juga: 5 Gerakan Yoga Tingkatkan Mood Seharian)

  1. Target Harus Realistis

Yang perlu kamu ingat, jangan buat target yang bisa membebani kamu atau berada di luar batas kemampuan. Jadi, buatlah target yang realistis dan sesuai dengan kapasitas kamu sebagai manusia normal. Ketahui dulu berat ideal tubuhmu dan berapa kira-kira berat badan ekstra yang masih berada dalam wilayah toleransi.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, mungkin tubuh tetap akan menimbun lemak dalam jumlah tertentu, tapi tidak berlebihan. Nah, meskipun tampilanmu enggak super ramping, tapi yang penting tetap sehat dan setidaknya bentuk tubuh masih enak dilihat.

  1. Rutinlah Berlatih

Cara menjaga berat badan pastinya membutuhkan aktivitas fisik yang rutin. Simpel alasannya, sebab hampir mustahil mendapatkan tubuh ideal dan tubuh yang sehat dalam satu paket tanpa berolahraga secara rutin. Namun, banyak orang akan melewati siklus lingkaran yang membuat frustrasi bila hanya mengejar tubuh ideal dalam berlatih.

Dengan kata lain, berat badan berlebih jadi alasan untuk mati-matian berolahraga hingga tubuh ideal. Namun, apa yang terjadi setelahnya? Motivasi untuk menjaga pola latihan pun menghilang. Enggak heran sesudahnya perlahan-lahan bobot tubuh akan meningkat dan jauh dari ideal.

Nah, kalau sudah begini, mau enggak mau harus kembali ke siklus awal dan berlatih keras agar tubuh kembali ramping. Siklus lingkaran yang membuat frustasi ini biasanya akan berlangsung dua hingga tiga kali putaran. Setelah itu, kebanyakan orang akan menyerah dan berpikir kalau olahraga adalah upaya yang sia-sia dan tidak berguna untuk menjaga berat badan.

Lalu, apa solusinya? Sederhana kok, tapi membutuhkan komitmen yang kuat. Kamu harus memiliki tekad yang kuat untuk menjadikan latihan fisik sebagai rutinitas seumur hidup. Minimal, kamu bisa menyiapkan tiga kali sesi latihan setiap minggunya.

  1. Miliki Pola Makan Sehat

Selain malas berolahraga, punya kebiasaan makan yang enggak menyehatkan juga jadi biang keladi meningkatnya berat badan. Umumnya, dalam upaya menjaga berat badan ideal, pola makan yang mesti kamu adopsi adalah diet kalori ketat. Bila ditelisik dari ilmu gizi, 0,5 kilogram setara dengan 3.500 kalori.

Normalnya, manusia mengonsumsi 2.250-3.000 kalori perhari. Nah, diet kalori yang disarankan adalah sekitar 1.000-1.700 kalori perhari. Kalau dihitung-hitung, diet ketat tiga hari baru bisa mengurangi sekitar 0,5 kilogram berat badan. Coba kamu bayangkan, bila kamu harus mengurangi lebih dari 10 kilogram.

Nah, karena diet rendah kalori yang lama sering buat orang “tersiksa', makanya enggak heran mereka melakukan upaya 'balas dendam', makan sepuasnya ketika berat idealnya sudah tercapai. Namun, enggak perlu waktu lama untuk membuat bobotnya meroket kembali setelah itu. Lalu, apa yang harus dilakukan?

(Baca Juga: Tips Pilih Makanan Sehat Saat Liburan)

Milikilah pola makan sehat, sebab sejatinya lebih baik ketimbang sekadar melakukan diet kalori (terprogram sekalipun) dalam waktu yang panjang. Kamu bisa mencoba mengadopsi pola makan sehat seperti food combining, raw food, dan sejenisnya. Pelajari dan pahamilah dengan benar dari berbagai macam literatur atau bertanya langsung pada ahlinya. Lalu, terapkanlah semumur hidup.

  1. Batasi Kenaikan Berat

Selain ketiga hal di atas, kamu juga perlu mengetahui berapa bobot ekstra yang bisa ditoleransi tubuh agar tetap sehat. Mungkin dalam ambang 3-5 kilogram dari berat ideal. Nah, bila sudah mencapai titik kritis itu, tambahlah pola latihan dan aturlah pola makan sehat lebih ekstra hingga berat tubuh perlahan-lahan berkurang dan kembali normal.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Cara menjaga berat badan agar tetap ideal selamanya, sebenarnya bisa kok dilakukan setiap orang. Yang pasti membutuhkan kedisiplinan dan komitmen yang kuat.

Punya pertanyaan mengenai cara menurunkan berat badan? Kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai diet tersebut. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.