28 December 2017

Komedo Bandel Susah Hilang, Ini Tipsnya

Komedo Bandel Susah Hilang, Ini Tipsnya

Halodoc, Jakarta – Bintik-bintik hitam yang terdapat di daerah hidung atau yang lebih dikenal dengan nama komedo, kelihatannya sepele tapi bisa membuat orang yang mengalaminya jadi geregetan. Komedo muncul dalam jumlah yang banyak bisa mengurangi kecantikan dan mengurangi kepercayaan diri, karena tidak enak dipandang. Untuk menghilangkan komedo membandel, kamu bisa melakukan beberapa cara ampuh ini.

Komedo terjadi karena folikel rambut pada kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak yang berkumpul menjadi satu. Ada jenis komedo yang berbentuk bintik-bintik putih karena tertutup kulit, tapi ada juga jenis komedo yang berwarna hitam akibat kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara. Para remaja yang sedang dalam masa-masa pubertas lah yang biasanya paling sering mengalami komedo. Hal ini karena pada masa pubertas terjadi perubahan hormon dan produksi kelenjar minyak meningkat. Selain itu, perubahan hormon yang terjadi pada masa menstruasi dan kehamilan juga dapat menyebabkan komedo. Sedangkan factor-faktor yang membuat komedo bertambah parah adalah keringat berlebih, produk-produk kosmetik, dan obat anti jerawat.

Tips Hilangkan Komedo

Komedo merupakan masalah kecantikan yang bisa diatasi dengan melakukan beberapa perawatan di rumah. Namun, kamu juga bisa menghilangkan komedo dengan bantuan dokter dermatologis. Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu coba lakukan untuk menghilangkan komedo:

  • Sabun Pembersih Komedo

Membersihkan wajah dengan sabun pembersih komedo adalah cara menghilangkan komedo yang sangat nyaman dan tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali. Beberapa sabun pembersih komedo memiliki formula yang bermanfaat melunakkan komedo yang muncul di permukaan kulit sehingga mudah dibersihkan.

  • Menggunakan Pore Pack

Pore pack atau strip pori yang sudah dijual di banyak toko kecantikan sering digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya menggunakannya juga sangat praktis, yaitu hanya tinggal menempelkan pore pack di hidung, diamkan sebentar, lalu cabut pore pack dengan cepat. Maka komedo yang tertempel pada pore pack akan terangkat ketika kamu mencabutnya. Namun, hati-hati jika ingin menghilangkan komedo dengan menggunakan pore pack, karena lapisan epidermis kulit hidungmu juga bisa ikut terangkat.

  • Menggunakan Ekstraktor Komedo

Cara selanjutnya untuk mengusir komedo membandel adalah dengan menggunakan ekstraktor komedo. Ekstraktor adalah sebuah alat kecil untuk mencabut komedo yang timbul di permukaan kulit hidung. Cara mencabut komedo dengan ektraktor adalah:

  1. Pertama-tama cuci dulu wajah sampai bersih.
  2. Dekatkan wajah pada baskom yang berisi air panas. Uap air panas dapat membuka pori-pori, sehingga komedo lebih mudah diangkat.
  3. Di depan cermin, pencet permukaan kulit hidung dimana terdapat komedo sampai setengah bagian komedo keluar dari pemukaan.
  4. Kemudian gunakan ekstraktor untuk mengangkat komedo yang sudah timbul secara perlahan-lahan.
  5. Oleskan penyegar wajah atau tempelkan es batu pada hidung setelah selesai mencabut komedo dengan ekstraktor.

Ingat untuk selalu menjaga kebersihan ekstraktor dengan mensterilkannya dan hindari meminjamkan ekstraktor kepada orang lain.

  • Menggunakan Bahan-bahan Alami

Beberapa bahan alami berikut bisa kamu gunakan untuk membantu menghilangkan komedo dari wajah:

  • Masker putih telur dapat digunakan untuk mengatasi jenis komedo terbuka atau blackheads, dan juga bermanfaat membersihkan kotoran pada kulit wajah. Cara menggunakannya adalah oleskan putih telur ke seluruh wajah (hindari bagian mata dan mulut), lalu diamkan hingga mengering. Lalu setelah terasa sudah cukup kering, tambahkan lagi putih telur pada seluruh wajah, dan diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas wajah dengan menggunakan air hangat.
  • Pore Strips Madu dan Susu. Kedua bahan alami ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Madu berperan sebagai antibiotik alami yang dapat mengeluarkan kotoran dari pori-pori, sedangkan asam laktat pada susu dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit. Cara menggunakannya adalah campurkan 1 sdm madu organik dengan 1 sdt susu, kemudian panaskan campuran tersebut dalam microwave selama 5-10 detik dengan tingkat kepanasan sedang. Kemudian aduk-aduk adonan dan tunggu hingga tidak terlalu panas. Setelah itu, oleskan tipis-tipis campuran madu dan susu pada daerah yang berkomedo, lalu tutup dengan kapas tipis. Tunggu sampai mengering kurang lebih selama 20 menit. Lalu lepaskan kapas secara perlahan dan bilas dengan air bersih.
  • Dengan Bantuan Dermatologis

Menghilangkan komedo dengan bantuan dermatologis tentu dapat lebih bersih dan tuntas. Metode yang ditawarkan biasanya adalah terapi laser dan dermabrasi.  Namun, kedua teknik tersebut juga berisiko menyebabkan bekas jaringan parut. Karena itu, pilihlah klinik kecantikan yang terpercaya dan berlisensi jika ingin melakukan perawatan.

Nah, itu adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan komedo. Jika kamu memiliki masalah kecantikan lainnya, jangan ragu untuk membicarakan kondisimu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter untuk bertanya-tanya seputar kecantikan melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkanmu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.