• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kue Nastar, Makanan Khas Lebaran yang Banyak Manfaat

Kue Nastar, Makanan Khas Lebaran yang Banyak Manfaat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta - Kue nastar merupakan salah satu hidangan favorit saat lebaran. Selain karena bentuknya yang mungil, rasa nanas yang segar juga menciptakan cita rasa yang unik dibanding kue kering lainnya. Tapi, tahu enggak sih kalau makanan khas lebaran ini punya banyak manfaat untuk kesehatan? Manfaat ini didapat dari bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue nastar.

Bahan Dasar Kue Nastar dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kue nastar bukan sekadar kue khas lebaran, sebab kue ini punya banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat kue nastar untuk kesehatan?

(Baca juga: Berbuka Puasa dengan Kolak Pisang, Ada Manfaatnya?)

1. Nanas

Salah satu bahan baku penting dalam resep kue nastar adalah nanas. Dalam keadaan matang, buah ini akan diolah menjadi selai nanas yang berserat dan rasanya asam manis. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, buah ini mengandung banyak vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Diantaranya adalah:

  • Serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan tubuh.
  • Vitamin C yang bisa membantu menyintesis kolagen yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.
  • Enzim bromelin yang bisa mempercepat proses pencernaan protein dalam tubuh. Enzim ini juga mampu meringankan masalah perut, seperti sakit perut dan diare.

 

(Baca juga: Ibu Hamil Enggak Boleh Makan Nanas, Masa Sih?)

2. Susu

Susu biasanya digunakan untuk melembutkan tekstur dan memperkaya rasa dari kue nastar. Selain itu, susu juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah kandungan kalsium yang bisa membantu tumbuh kembang anak, menjaga kesehatan tulang, serta mencegah osteoporosis pada orang dewasa.

(Baca juga: 7 Jenis Susu yang Perlu Diketahui Serta Manfaatnya)

3. Telur

Pada kue nastar, telur dibagi menjadi dua bagian, yaitu putih telur dan kuning telur. Putih telur digunakan sebagai bahan adonan kue nastar, sedangkan kuning telur digunakan untuk memoles bagian atas adonan sebelum dimasukkan ke dalam pemanggang (oven). Meskipun penggunaannya berbeda, kedua bagian tersebut punya banyak manfaat untuk tubuh. Diantaranya adalah kandungan choline dan lutein pada kuning telur yang baik untuk menjaga fungsi penglihatan. Sedangkan putih telur mengandung protein yang baik untuk mendukung pembentukan otot dan sel-sel tubuh lainnya.

4. Keju

Keju biasanya digunakan sebagai bahan pelapis atas kue nastar (topping). Selain untuk menambah rasa, keju juga punya banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah kandungan kalsium, protein, magnesium, fosfor, dan B12 yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi, serta baik untuk menjaga kesehatan gigi.

Kandungan Gizi Kue Nasar

Berdasarkan Fatsecret, sebuah situs yang menghitung kandungan makanan, dalam satu buah potongan kue nastar mengandung kurang lebih:

  • Kalori: 75 kalori.
  • Lemak: 2,14 gram.
  • Karbohidrat: 12,66 gram.
  • Protein: 1,4 gram protein.

Jika dihitung secara keseluruhan, sebagian besar kue nastar mengandung 68 persen karbohidrat, 26 persen lemak, dan 6 persen protein. Dengan kandungan ini, maka hanya dengan mengonsumsi 14 buah kue nastar kamu sudah mendapatkan 1.000 kalori. Jumlah tersebut sudah sepertiga dari jumlah kalori yang dibutuhkan oleh orang dewasa untuk beraktivitas normal dalam sehari, yaitu sekitar 3.000 kalori.

Itulah beberapa bahan dasar kue nastar dan manfaatnya untuk kesehatan. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar makanan sehat saat lebaran, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat dan Voice/Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!