Kurang Minum Bikin Kerongkongan Kering, Atasi dengan 6 Cara Ini

Kurang Minum Bikin Kerongkongan Kering, Atasi dengan 6 Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Kerongkongan yang kering dan gatal adalah gejala umum terutama selama bulan-bulan puasa ketika udara kering dan infeksi saluran pernapasan bagian atas menyebar. Biasanya, tenggorokan kering adalah tanda sesuatu yang minor, seperti kekeringan di udara atau udara dingin. Berikut cara-cara untuk mengatasi kerongkongan kering karena kurang minum.

1. Perbanyak Air Putih

Minumlah cairan ekstra saat sahur dan buka puasa. Lalu, hindari minuman dengan perasa yang menyebabkan kerongkongan menjadi semakin kering. Rekomendasi tentang seberapa banyak minum bervariasi, tapi rata-rata yang baik adalah 15,5 gelas cairan untuk pria dan 11,5 gelas cairan untuk wanita.

Kamu juga bisa mendapatkan sekitar 20 persen cairan ini dari buah-buahan, sayuran, dan makanan lain. Kamu juga harus menghindari soda dan kopi berkafein yang dapat menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak air.

Baca juga: 5 Rahasia Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit

2. Menjaga Lingkungan Kondusif

Terkadang kerongkongan menjadi kering bisa karena dipicu gejala alergi. Karenanya, kamu bisa mengatur supaya lingkungan tempat kamu tinggal kondusif dengan cara tetap di dalam ruangan dengan jendela tertutup dan pendingin udara menyala selama puncak musim alergi. Selain itu, letakkan penutup anti-tungau debu di tempat tidur, cuci seprei dan selimut lainnya setiap minggu dalam air panas, bersihkan karpet dan debu lantai secara perkala, bersihkan segala jamur di rumah, jauhkan hewan peliharaan dari kamar tidur, dan mengonsumsi obat alergi bila diperlukan.

3. Memilih Metode Pengobatan Tertentu

Ambil pereda nyeri yang dijual bebas seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil) untuk meredakan sakit tenggorokan dan sakit tubuh. Mengisap permen tenggorokan, dan minumlah cairan hangat, seperti kaldu dan teh panas, berkumurlah dengan campuran air hangat dan setengah sendok teh garam, gunakan semprotan hidung dekongestan untuk meredakan hidung tersumbat, beristirahatlah yang banyak, dan nyalakan pelembap udara untuk membasahi udara di kamar.

Baca juga: Ketahui Efek Suntik Putih dengan Vitamin C

4. Pengobatan Rumahan

Kamu juga bisa meringankan gejala kerongkongan kering dengan cara membuat pengobatan rumahan dari bahan alami, seperti jahe, sebagai antiinflamasi yang dapat mengurangi gejala kerongkongan kering bila dijadikan minuman hangat. Bawang putih sebagai sumber quercetin yang baik, antioksidan dengan efek antihistamin hangat bila dicampurkan ke dalam bahan makanan. Demikian juga dengan bawang merah, caranya adalah dengan mengupas bawang merah, lalu menempatkannya di sudut-sudut rumah untuk menyerap bakteri.

Baca juga: Diet Golongan Darah A dan Manfaatnya

5. Minyak Angin

Kalau kamu tergolong orang yang terbiasa dengan aroma minyak angin yang hangat, kamu bisa mengaplikasikannya di leher dan belakang leher baru, kemudian di dada. Sensasi hangat dari minyak angin juga bisa meringankan kerongkongan kering. Supaya hangat dari minyak angin bisa bertahan lama, kamu bisa melilitkan syal ataupun penutup di leher supaya lehermu tetap hangat dan nyaman.

6. Hindari Minuman Dingin dan Konsumsi Vitamin C

Supaya kerongkonganmu tidak semakin kering dan menjadi radang, ada baiknya kamu menghindari konsumsi minuman dingin dan perbanyak vitamin C. Untuk mendapatkan vitamin C kamu bisa mengonsumsi jeruk, apel, semangka, dan sayuran-sayuran, seperti sawi hijau, wortel untuk meningkatkan asupan vitamin C.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai kerongkongan kering dan cara mengatasinya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat