Diet Golongan Darah A dan Manfaatnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Diet Golongan Darah A dan Manfaatnya

Halodoc, Jakarta –   Menurut Peter D'Adamo, seorang dokter naturopati, seseorang bisa lebih sehat, hidup lebih lama, dan mencapai berat badan ideal dengan makan sesuai dengan golongan darah mereka. Ternyata pilihan bumbu, rempah-rempah, dan bahkan olahraga bergantung pada golongan darah seseorang.

Kesimpulan diet berdasarkan golongan darah menunjukkan ada beberapa aturan pola makan yang harus diterapkan sesuai dengan tipe darahnya. Mereka yang memiliki golongan darah O harus memilih makanan berprotein tinggi dan makan banyak daging, sayuran, ikan, serta buah-buahan, tetapi membatasi biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

Untuk menurunkan berat badan, makanan laut, rumput laut, daging merah, brokoli, bayam, dan minyak zaitun adalah yang terbaik, sedangkan gandum, jagung, dan susu harus dihindari.

Baca juga: Rahasia Diet Sehat ala Selebriti Hollywood

Mereka yang memiliki darah tipe A harus memilih buah, sayuran, tahu, makanan laut, kalkun, dan biji-bijian utuh, tetapi menghindari daging. Untuk menurunkan berat badan, makanan laut, sayuran, nanas, minyak zaitun, dan kedelai adalah yang terbaik, sedangkan susu, gandum, jagung, dan kacang merah harus dihindari.

Mereka yang memiliki darah tipe B harus memilih makanan yang beragam, termasuk daging, buah, susu, makanan laut, dan biji-bijian. Untuk menurunkan berat badan, individu tipe B harus memilih sayuran hijau, telur, hati, dan teh, tetapi harus menghindari ayam, jagung, kacang tanah, dan gandum.

Berbeda lagi buat mereka yang memiliki golongan darah AB, harus makan susu, tahu, domba, ikan, biji-bijian, buah, dan sayuran. Untuk menurunkan berat badan, tahu, makanan laut, sayuran hijau, dan rumput laut adalah yang terbaik, tetapi ayam, jagung, gandum, dan kacang merah harus dihindari.

Baca juga: Program Diet yang Tepat Buat Kamu yang Sibuk

Lebih spesifik lagi untuk golongan darah A berikut adalah aturan yang harus ditetapkan untuk mendapatkan diet sehat dan ideal.

  • Orang dengan darah tipe A mungkin lebih cocok untuk diet vegetarian alami.

  • Orang dengan darah tipe A telah terbukti memiliki kadar asam lambung yang lebih rendah daripada jenis darah lainnya, sehingga diet berbasis daging mungkin tidak dapat dicerna semudah diet berbasis vegetarian.

  • Golongan darah tertentu berisiko terserang penyakit atau kondisi tertentu. Orang dengan darah tipe A juga memiliki kecenderungan alami yang lebih tinggi untuk mengembangkan penyakit lain, seperti kanker dan diabetes.

Diet Golongan Darah Tidak Disarankan untuk Kondisi Tertentu

Diet golongan darah membuat rekomendasi hanya berdasarkan golongan darah. Jadi, jika kamu memiliki kondisi kronis (misalnya, diabetes), maka mungkin diminta untuk makan yang memiliki protein tinggi, sedangkan penderita diabetes lainnya harus menghindari susu atau ayam.

The American Diabetes Association, merekomendasikan pendekatan yang lebih praktis dalam diet untuk pemilihan makanan sehari-hari. Ini juga memperingatkan agar tidak fokus pada makanan tertentu.

Baca juga: Rahasia Turunkan Berat Badan dengan Beras Merah

Diet golongan darah juga gagal mengatasi kondisi lain, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, ataupun kolesterol. Penurunan berat badan yang dibutuhkan pasti memiliki dampak positif pada kondisi ini. Tapi apa pun golongan darahmu, sejatinya menerapkan pola makan seimbang secara umum bisa dilakukan untuk diet.  Ini termasuk diet rendah lemak dan rendah garam. Tidak hanya diet, olahraga aerobik 150 menit dan setidaknya 120 menit per hari latihan kardio per minggu.

Sebenarnya, ada banyak jenis diet yang bisa diterapkan untuk mendapatkan berat badan ideal dan tubuh sehat. Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai pola hidup sehat dan diet sehat, termasuk diet golongan darah, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.