• Home
  • /
  • 4 Olahraga untuk Mengatasi Kekurangan Hormon Testosteron

4 Olahraga untuk Mengatasi Kekurangan Hormon Testosteron

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
4 Olahraga untuk Mengatasi Kekurangan Hormon Testosteron

Halodoc, Jakarta - Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat berperan dalam mengembalikan kadar testosteron pada pria dan mengurangi gejala testosteron rendah. Diketahui bahwa olahraga yang  dilakukan secara teratur dapat secara signifikan meningkatkan kadar testosteron. Terlebih lagi, kadar testosteron pada pria meningkat, bahkan jika mereka tidak menjalani terapi penggantian testosteron. 

Olahraga memiliki banyak efek positif pada tubuh. Penurunan berat badan sudah pasti, tetapi olahraga juga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan bahkan suasana hati.  Keduanya dapat dipengaruhi secara negatif oleh testosteron rendah. Secara spesifik, olahraga berikut ini dapat dilakukan agar pria kekurangan hormon testosteron:

1. Angkat Beban

Dari banyaknya jenis olahraga, angkat beban dianggap baik untuk meningkatkan kadar testosteron. Nah, kadar testosteron akan tetap tinggi selama 48 jam ke depan sesudah berlatih angkat beban. Olahraga ini merupakan olahraga berat yang dilakukan dengan kombinasi kekuatan, disiplin teknik, konsentrasi, fleksibilitas, mental, dan kekuatan fisik.

Menariknya, angkat beban juga bermanfaat untuk kepadatan tulang, meningkatkan metabolisme, dan membakar banyak lemak. Bukan hanya itu saja, angkat besi juga dapat memengaruhi gairah seks, karena latihan ini bisa memicu tubuh untuk memproduksi testosteron lebih banyak.

Baca juga: Olahraga Juga Menyehatkan Otak, Kok Bisa?

2. Squat

Squat merupakan gerakan olahraga yang melibatkan multi-persendian. Menurut ahli, squat akan memperkuat otot lutut, pinggang, dan bokong. Selain itu, squat merupakan gerakan olahraga yang baik untuk kaki, terutama bagian paha depan, paha belakang, dan betis. Menurut sebuah studi, olahraga ini merupakan olahraga yang cepat melepaskan hormon testosteron dalam tubuh. 

3. Olahraga yang Dapat Menurunkan Berat Tubuh

Bagi kamu yang bermasalah dengan kelebihan berat badan alias obesitas, maka perlu waspada. Pasalnya, lemak tubuh yang berlebihan dapat menurunkan kadar testosteron dalam tubuh. Bagi kamu yang mengidap obesitas solusinya tak lain adalah dengan menurunkan berat badan dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Kamu bisa memilih olahraga seperti aerobik hingga high intensity interval training (HIIT).

Baca juga: 5 Alasan Olahraga Bisa Meningkatkan Kecantikan

4. Olahraga yang Bersifat Kompetisi

Olahraga yang bersifat kompetisi yang dilakukan dua orang atau lebih dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh lebih dari 30 persen. Hal ini dapat terjadi karena testosteron merupakan reaksi alami tubuh ketika seseorang ingin menang. Menariknya, kadar testosteron ini akan semakin meningkat untuk memastikan tubuh siap menghadapi kompetisi selanjutnya. 

Namun, perlu dipahami, testosteron dalam tubuh akan naik hanya jika kamu melawan orang asing, bukan teman sendiri. Misalnya seperti saat bermain sepak bola, basket, atau olahraga lainnya yang melawan “musuh”.

Baca juga: 5 Tips Latihan Angkat Beban untuk Pemula

Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh mengenai cara menaikkan kadar testosteron dalam tubuh, kamu dapat berbicara pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa lho bertanya langsung lewat fitur Chat dan Voice/Video Call di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang!

 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Do You Want to Know About Low Testosterone?
Everyday Health. Diakses pada 2020. How Exercise Can Help Low Testosterone.