Begini Langkah-Langkah Pencegahan Cacar Air

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
begini-langkah-langkah-pencegahan-cacar-air-halodoc

Halodoc, Jakarta – Cacar air adalah penyakit yang mudah menular dan bisa menyebar dengan cepat. Walaupun cacar air lebih sering dialami oleh anak-anak berusia di bawah 10 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun juga bisa terkena penyakit ini. Lantas, bagaimana cara menghindarkan diri dari penyakit ini ketika ada orang di sekitar kamu yang sedang mengalami cacar? Nah, agar kamu tidak tertular, simak langkah-langkah pencegahan cacar air di sini.

Kenalan Dulu dengan Cacar Air

Cacar air atau yang dalam istilah medisnya disebut juga dengan varicella adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Penyakit ini bisa dikenali dari gejala-gejalanya yang khas, yaitu munculnya bentol-bentol berisi cairan (lenting) yang gatal dan umumnya menyebar di seluruh tubuh.

Cacar air sebenarnya merupakan penyakit umum yang bisa dialami oleh semua kalangan usia. Namun, orang-orang dengan sistem imun yang lemah, seperti bayi, anak-anak, ibu hamil, dan lansia biasanya berisiko lebih tinggi terkena cacar air. Penyakit ini juga bisa menyerang orang dewasa dan menyebabkan gejala yang lebih berat dibandingkan anak-anak.

Baca juga: Ini Perbedaan Cacar pada Orang Dewasa dan Anak-Anak

Cara Penularan Cacar Air

Virus varicella zoster yang menjadi penyebab cacar air bisa menular sangat mudah dan cepat. Cara penyebaran virus ini adalah melalui udara ketika seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin. Selain itu, kamu juga bisa tertular cacar air bila melakukan kontak langsung dengan lendir, air ludah atau cairan dari luka lepuh yang dimiliki pengidap. Orang yang terkena cacar air juga berpotensi menularkan virus sejak dua hari sebelum gejala ruam muncul sampai seluruh kerak kering pada luka menghilang. Itulah sebabnya orang yang sakit cacar air sebaiknya tidak keluar rumah dulu untuk beraktivitas agar tidak menularkan virus pada orang lain.

Cara Pencegahan Cacar Air

Sampai saat ini, tindakan pencegahan cacar air yang paling efektif adalah dengan melakukan imunisasi. Para ahli menyatakan bahwa imunisasi cacar air sangat aman dan juga ampuh dalam memberikan perlindungan utuh dari virus penyebab cacar air. Hampir 90 persen orang yang sudah mendapatkan vaksinasi, tidak terkena cacar air. Kalaupun seseorang tetap terkena cacar air padahal sudah pernah mendapatkan vaksin, biasanya tingkat keparahan gejala cacar air yang akan dialami tidak terlalu parah dibandingkan orang yang tidak mendapatkan vaksin.

Baca juga: Harus Tahu, Bahaya Komplikasi Cacar Air pada Orang Dewasa

Imunisasi cacar dianjurkan untuk semua anak-anak yang berusia di bawah 13 tahun dan belum pernah terkena cacar air, serta orang dewasa yang belum pernah mendapatkan imunisasi dan belum pernah terkena cacar sebelumnya.

Orang yang pernah mengalami cacar air tidak perlu melakukan vaksinasi lagi, karena tubuhnya sudah membangun sistem imun yang dapat melindunginya dari virus ini seumur hidup. Begitu juga dengan anak yang dilahirkan dari ibu yang pernah mengalami cacar air. Imunitas tubuh ibu bisa dturunkan pada anak melalui plasenta dan air susu ibu (ASI) selama beberapa bulan setelah ia dilahirkan.

Pada anak-anak, penyuntikan vaksin varicella atau cacar air yang pertama bisa diberikan ketika anak berusia 12 sampai 15 bulan, dan penyuntikan selanjutnya bisa dilakukan ketika anak berusia 2 sampai 4 tahun. Sedangkan pada anak yang lebih besar dan orang dewasa, vaksinasi perlu dilakukan dua kali dengan jeda waktu minimal 28 hari.

Vaksin cacar air biasanya digabungkan dengan vaksin penyakit lain, seperti pada imunisasi MMRV. Vaksin MMRV dilakukan untuk mencegah penyakit campak, gondok, alergi pernapasan, dan cacar air.

Baca juga: Bagaimana Cara Pengobatan di Rumah Guna Mengatasi Cacar Air?

Itulah langkah-langkah pencegahan cacar air. Kalau kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai imunisasi cacar air, tanyakan saja pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui melalui fitur Talk to A Doctor untuk bertanya-tanya seputar kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.