• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Langkah Sederhana untuk Mencegah Terjadinya Infeksi Kulit

Langkah Sederhana untuk Mencegah Terjadinya Infeksi Kulit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Langkah Sederhana untuk Mencegah Terjadinya Infeksi Kulit

Halodoc, Jakarta – Kulit menjadi salah satu bagian tubuh yang perlu dijaga kesehatannya. Berbagai gangguan kesehatan pada kulit dapat terjadi, salah satunya adalah kondisi infeksi kulit. Kondisi infeksi ini umumnya disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti paparan kuman, bakteri, parasit, hingga virus. Tidak hanya itu, gejala yang dialami akibat infeksi kulit pun beragam dan disesuaikan dengan tingkat keparahan infeksi kulit yang dialami.

Baca juga: 4 Penyebab Terjadinya Infeksi pada Kulit Kepala

Untuk itu, sangat penting menjaga kebersihan kulit sebagai langkah awal pencegahan infeksi kulit. Tidak hanya itu, ketahui beberapa cara lainnya yang menjadi pencegahan sederhana untuk menghindari infeksi kulit. Kondisi ini yang tidak diatasi dengan baik tentunya dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya. Bahkan, beberapa infeksi kulit yang disebabkan oleh virus dapat menular pada orang lain.

Kenali Penyebab Infeksi Kulit

Infeksi kulit disebabkan oleh berbagai faktor pemicu yang beragam. Berikut ini empat pemicunya yang perlu kamu ketahui:

1.Bakteri

Bakteri dapat menyebabkan infeksi kulit ketika ia masuk ke dalam kulit melalui luka terbuka atau goresan pada kulit. Infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri bermula dengan benjolan kecil yang berwarna kemerahan, tetapi perlahan membesar. Infeksi kulit yang disebabkan bakteri, seperti bisul, impetigo, hingga selulitis.

2.Virus

Virus menjadi salah satu penyebab infeksi kulit yang cukup umum terjadi. Ada beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan infeksi kulit, seperti poxvirus, papillomavirus, hingga virus herpes. Infeksi kulit yang disebabkan oleh virus umumnya akan menyebabkan gejala, seperti nyeri, ruam kemerahan pada tubuh, hingga munculnya demam. 

Beberapa penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh virus, seperti cacar air, campak, herpes zoster, dan hand, foot, and mouth disease.

Baca juga: 5 Penyebab Infeksi Kulit yang Terjadi pada Bayi

3.Jamur

Infeksi kulit juga dapat dipicu oleh munculnya jamur pada kulit. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh produksi keringat berlebihan dan kurangnya menjaga kebersihan kulit. Infeksi kulit yang disebabkan jamur umumnya tidak menular dan tidak berbahaya. 

Namun, kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman karena gejala yang muncul. Kondisi ini mengakibatkan kulit bersisik dan rasa gatal pada area kulit yang mengalami infeksi.

4.Parasit

Parasit dapat bersembunyi di bawah lapisan kulit dan berkembang biak sehingga menyebabkan infeksi pada kulit. Jenis infeksi kulit ini dapat menyebar melalui aliran darah dan organ tubuh lainnya. Infeksi kulit yang disebabkan parasit, seperti kusta, kutu rambut, skabies, dan infeksi cacing pada kulit.

Inilah Cara Sederhana Cegah Infeksi Kulit

Jangan khawatir, kamu dapat mencegah infeksi kulit dengan melakukan beberapa cara sederhana, seperti:

  1. Rutin mencuci tangan dengan benar dan gunakan sabun antibakteri.
  2. Menjaga kebersihan tubuh setelah beraktivitas.
  3. Rutin membersihkan dan memotong kuku jari tangan maupun jari kaki.
  4. Selalu menggunakan alas kaki yang bersih untuk beraktivitas di luar ruangan.
  5. Jangan menggunakan barang-barang pribadi bersama dengan orang lain.
  6. Jaga kebersihan lingkungan agar tidak ada kutu maupun serangga yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan sehari-hari untuk mencegah infeksi kulit. Jangan ragu untuk segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter seputar keluhan kesehatan yang kamu alami terkait dengan infeksi kulit. Penanganan yang tepat tentunya akan membantu mengatasi infeksi kulit yang kamu alami. 

Baca juga: Cara Mengatasi Infeksi Kulit yang Terjadi pada Bayi

Pengobatan juga akan dilakukan sesuai dengan penyebab infeksi kulit yang kamu alami. Jika infeksi kulit terasa gatal, sebaiknya hindari menggaruk area tersebut karena dapat meningkatkan risiko iritasi pada kulit. Gunakan kompres dingin untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang kamu rasakan. Jangan lupa untuk penuhi asupan nutrisi dan gizi agar imun tubuh tetap terjaga dengan baik dan kondisi infeksi kulit dapat segera membaik.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Skin Infection: Types, Causes, and Treatment.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Skin Infections.
Kids Health. Diakses pada 2020. How to Stop Skin Infections.