• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Langkah Sederhana untuk Mengatasi Sakit Punggung
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Langkah Sederhana untuk Mengatasi Sakit Punggung

Langkah Sederhana untuk Mengatasi Sakit Punggung

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Juni 2022

“Sakit punggung memang menyebabkan rasa yang tidak nyaman. Kamu bisa lakukan olahraga ringan hingga berhenti merokok untuk mengatasi sakit punggung di rumah.”

Langkah Sederhana untuk Mengatasi Sakit Punggung

Halodoc, Jakarta – Sakit punggung adalah salah satu gangguan fisik yang kerap dialami oleh siapa saja. Kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Meskipun biasanya kondisi ini dapat membaik dengan sendirinya, tetapi tidak ada salahnya mencoba perawatan sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengatasi sakit punggung. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Cara Sederhana Mengatasi Sakit Punggung

Sebaiknya jangan sepelekan sakit punggung yang kamu rasakan. Jika tidak diatasi dengan baik, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan aktivitas sehari-hari. Sakit punggung bisa dirasakan berbeda oleh tiap pengidapnya, mulai dari rasa nyeri hingga sensasi panas.

Tidak hanya pada area punggung, kondisi ini bisa menyebar ke beberapa bagian lainnya, seperti kaki hingga tangan. Bahkan, sakit punggung bisa dirasakan semakin memburuk ketika kamu sedang berjalan, membungkuk, berdiri, atau mengangkat sesuatu yang berat.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh otot yang tegang, gerakan berulang, gerakan tiba-tiba, penyakit osteoporosis, hingga arthritis. Namun, ada beberapa faktor pemicunya, seperti usia, kurangnya berolahraga, kelebihan berat badan, hingga kebiasaan merokok.

Untuk mencegah kondisi yang semakin memburuk, tidak ada salahnya kamu lakukan beberapa langkah sederhana untuk mengatasi sakit punggung di rumah. Berikut ini hal yang bisa kamu lakukan:

  1. Mengompres Dingin dan Hangat Bagian Punggung

Jika kamu merasakan kondisi sakit punggung, sebaiknya lakukan pengompresan pada bagian punggung. Kompres punggung menggunakan kompres dingin dan hangat. Kompres dingin punggung selama beberapa menit untuk meredakan rasa nyeri yang dirasakan, setelah itu kompres hangat punggung agar otot menjadi lebih rileks. Dengan begini, sakit punggung yang kamu rasakan dapat membaik. Lakukan tindakan ini beberapa kali dalam satu hari.

  1. Lakukan Olahraga Ringan

Sakit punggung bisa kamu atasi dengan melakukan olahraga ringan setiap hari. Lakukan peregangan setiap pagi untuk meredakan sakit punggung yang kamu rasakan. Jalan kaki, berenang, dan bersepeda menjadi jenis olahraga yang efektif untuk mengurangi sakit punggung.

Kamu juga bisa mencoba untuk melakukan pilates untuk meningkatkan kekuatan serta fleksibilitas tubuh. Namun, pastikan kamu melakukan pilates bersama dengan pelatih yang bisa membantu untuk menurunkan risiko cedera.

  1. Posisikan Postur Tubuh dengan Baik

Sebaiknya lakukan postur tubuh yang baik saat kamu mengalami sakit punggung. Hal ini bisa membantu kamu untuk mengurangi nyeri yang dirasakan. Kamu bisa memastikan postur tubuh di rumah sakit dengan melakukan pemeriksaan tertentu. 

  1. Kelola Berat Badan

Obesitas menjadi salah satu hal yang memicu sakit punggung. Untuk itu, pastikan kamu selalu menjalankan pola makan sehat dan tepat agar kamu bisa menurunkan berat badan menjadi lebih ideal. Berat badan yang sesuai bisa menurunkan risiko sakit punggung.

  1. Berhenti Merokok

Sebaiknya hentikan kebiasaan merokok. Kandungan nikotin dalam rokok bisa menurunkan kekuatan tulang belakang dan menghilangkan nutrisi penting untuk melindungi sendi. 

Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit punggung. Jangan lupa untuk segera lakukan pemeriksaan jika sakit punggung yang kamu rasakan berlangsung lama, menyebabkan salah satu bagian tubuh mengalami kesemutan, menyebabkan nyeri yang semakin memburuk, dan menyebabkan demam.

Yuk, cari tahu rumah sakit terdekat yang bisa membantu kamu untuk pemeriksaan melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Back Pain.
NHS. Diakses pada 2022. Back Pain.
Web MD. Diakses pada 2022. 10 Ways to Manage Low Back Pain at Home.