Liburan Seru, Ini 5 Manfaat Ajak Anak ke Kebun Binatang

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Liburan Seru, Ini 5 Manfaat Ajak Anak ke Kebun Binatang

Halodoc, Jakarta – Saat liburan tiba, berkumpul bersama keluarga adalah hal paling utama. Waktu ini juga tepat mengajak Si Kecil berlibur ke tempat yang seru dan mengedukasi. Nah, kebun binatang bisa menjadi pilihan membuat liburan Si Kecil semakin menyenangkan.

Bukan cuma menyenangkan, ternyata mengajak Si Kecil ke kebun binatang juga dapat menambah wawasan pengetahuannya, lho! Lantas, apa manfaat yang diperoleh dengan berkunjung ke kebun binatang? Berikut ini manfaat mengajak anak ke kebun binatang yang wajib orangtua ketahui:

Baca Juga: Alasan Hewan Peliharaan Baik untuk Anak

  1. Mempererat Hubungan dengan Si Kecil

Ternyata mengajak Si Kecil mengunjungi kebun binatang membuatnya lebih dekat dengan orangtua. Kebun binatang bukan tempat yang bisa dikunjunginya setiap hari. Mengunjungi kebun binatang dan melihat hewan-hewan yang belum pernah dilihat sebelumnya dapat menjadi pengalaman yang tidak terlupakan untuknya. Ibu dan ayah juga bisa mendokumentasikan momen-momen ini bersama Si Kecil agar menjadi kenangan indah yang tidak terlupakan. 

  1. Mendorong Kesadaran Lingkungan

Melansir dari situs halaman Mommy University, mengunjungi kebun binatang membantu anak-anak memahami pentingnya menjaga lingkungan. Mengajarkan kesadaran lingkungan sejak dini memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan dan kesejahteraan hewan. Anak-anak dapat secara khusus mempelajari dampak yang ditimbulkan manusia terhadap hewan di kebun binatang. Kebun binatang juga mengajarkan keluarga tentang pentingnya konservasi dan perawatan hewan. 

  1. Meningkatkan Pengetahuan Akademik

Pendidikan di luar sekolah tidak kalah penting dengan pendidikan di sekolah. Bahkan, pendidikan di luar sekolah justru dinilai lebih efektif. Berkunjung ke kebun binatang adalah pendidikan luar sekolah yang meningkatkan pengetahuan akademiknya. Pasalnya, Si Kecil dapat menyerap langsung pengetahuan ketika mengunjungi kebun binatang. 

Mereka menggunakan semua inderanya untuk memahami lingkungan di sekitar mereka dan memperluas pemahaman tentang hewan dan lingkungan. Si Kecil dapat mempelajari bagaimana bau binatang, suara yang dibuat, dan bentuk binatang tersebut secara langsung. 

Baca Juga: Usia yang Tepat untuk Anak Bermain dengan Hewan Peliharaan

  1. Memungkinkan Si Kecil untuk Eksplorasi 

Mengunjungi kebun binatang juga memungkinkan anak-anak untuk menjelajahi lingkungan mereka dan membuat penemuan baru. Kegiatan ini mampu mengasah pertumbuhan kognitif, bahasa, motorik, dan akademiknya. Saat menjelajahi kebun binatang, anak sedang berpetualang dengan berlarian, mengajukan pertanyaan kepada orangtua dan terlibat dalam bercerita. 

Kalau biasanya Si Kecil hanya melihat binatang melalui gambar, disini Ia dapat melihat hewan-hewan tersebut secara langsung. Oleh karena itu, ia bisa menemukan binatang yang mereka suka dan tidak suka. Mereka juga belajar untuk mengatasi ketakutan dan kegelisahan tentang binatang, reptil dan serangga tertentu.

  1. Menghilangkan Stres dan Kebosanan

Melansir dari Cincinnati Zoo, kontak dengan alam mampu melepaskan stres dan kebosanan. Si Kecil maupun orangtua mungkin merasa bosan dan stres dengan aktivitas sehari-hari yang kian lama semakin monoton. Nah, mengunjungi kebun binatang menjadi pilihan tepat untuk menghilangkannya. Mengambil napas dalam-dalam dan melihat burung atau kupu-kupu otomatis akan membuat tubuh merasa lebih santai. 

Baca Juga: Mengajarkan Tanggung Jawab pada Anak Melalui Hewan Peliharaan

Apakah ibu tertarik mengajak Si Kecil ke kebun binatang liburan kali ini? Sebelum mengunjungi kebun binatang, pastikan Si Kecil sedang fit dan daya tahan tubuhnya kuat. Untuk memastikannya, ibu bisa memberikan anak vitamin yang dapat dibeli melalui aplikasi Halodoc. Gunakan fitur Buy Medicine dan pilih vitamin yang dibutuhkan. Kemudian, vitamin akan diantar kurang lebih dalam waktu satu jam ke rumah. 

Referensi :
Mommy University. Diakses pada 2019. Educational Benefits of Zoos.
Cincinnati Zoo Blog. Diakses pada 2019. Not Just for Kids: Eight Benefits of Visiting the Zoo as a Grown-Up.
Fintobox. Diakses pada 2019. 10 Ways Zoo Visits Can Benefit Your Child.