Usia yang Tepat untuk Anak Bermain dengan Hewan Peliharaan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Usia yang Tepat untuk Anak Bermain dengan Hewan Peliharaan

Halodoc, Jakarta – Memiliki hewan peliharan di rumah disebut bisa memberi manfaat pada perkembangan bayi. Sejauh ini, kucing dan anjing disebut sebagai hewan peliharaan pilihan yang bisa memberikan efek baik bagi bayi dan anak-anak. Ada penelitian yang menyebut bahwa bayi yang terbiasa bermain dan tinggal bersama hewan peliharaan lebih jarang terserang penyakit tertentu. 

Hal itu ternyata berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh bayi yang sering “bergaul” dengan hewan peliharaan. Sistem kekebalan tubuh anak-anak disebut lebih baik jika terkena paparan kuman dalam kadar dan jenis yang tepat. Memiliki hewan peliharaan nyatanya bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imunitas anak sejak dini. Lantas, pada usia berapa anak boleh bermain dengan hewan peliharaan? 

Baca juga: Alasan Hewan Peliharaan Baik untuk Anak

Memilih Waktu dan Hewan Peliharaan yang Tepat untuk Anak 

Meski bisa memberi manfaat yang baik untuk perkembangan anak, orangtua tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk memelihara hewan. Hal paling penting yang harus diketahui yaitu apakah Si Kecil memiliki alergi atau tidak pada bulu hewan. Jika bayi mengalami sakit atau alergi, sebaiknya hindari hewan peliharaan masuk ke dalam rumah. 

Selain itu, pastikan ayah dan ibu memilih jenis hewan peliharaan yang sesuai dengan kondisi dan lingkungan hidup. Mungkin saja memiliki anjing yang besar dan bisa menjaga rumah merupakan impian ayah sejak lama, tetapi sebaiknya tidak memaksakan hal itu jika lingkungan sekitar atau ruangan tidak memungkinkan. Pastikan juga keberadaan hewan peliharaan tidak mengganggu waktu bermain bahkan waktu istirahat sang buah hati. 

Anak yang tumbuh dengan memiliki hewan peliharaan disebut lebih jarang terserang infeksi telinga, pilek, dan penyakit lain yang berhubungan dengan kekebalan tubuh. Hewan peliharaan yang bersahabat bisa membantu anak tumbuh dengan lebih sehat dan lebih aktif. Sedangkan secara psikis, anak-anak yang memiliki hewan peliharaan biasanya akan lebih patuh, memiliki kemampuan belajar yang baik, jarang moody dan memiliki masalah perilaku, serta cenderung memiliki rasa simpati dan kemampuan sosial yang baik. 

Baca juga: 5 Penyakit yang Ditularkan dari Hewan

Anak-anak sudah bisa dikenalkan dan menikmati interaksi dengan hewan peliharaan sejak usia 6 bulan. Umumnya, hewan peliharaan yang sudah terbiasa ada di sekitar manusia tidak akan menyakiti bayi dengan sengaja. Meski begitu, ayah dan ibu tetap harus mengawasi dan selalu berada di sekitar bayi yang tengah bermain dengan hewan peliharaan. Selain itu, pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharan. 

Meski hewan peliharaan sudah sangat jinak dan lama tinggal di rumah, sebaiknya hindari meninggalkan bayi dalam satu ruangan bersama hewan tanpa pengawasan. Jangan pernah membiarkan bayi berbaring di samping hewan peliharaan tanpa ada yang menjaga. Sebab, bisa saja terjadi interaksi tak terduga yang membuat hewan terkejut dan malah menyerang bayi. 

Meski bisa memberi manfaat baik, tetapi sebaiknya orangtua memberi batasan sejauh mana interaksi bayi dan hewan peliharaan yang diperbolehkan. Jangan biarkan hewan peliharaan menjilat wajah bayi, sebab hal tersebut bisa meningkatkan risiko penularan infeksi pada mata atau mulut bayi. Sebaiknya, orangtua juga melarang anak memeluk hewan peliharaan yang baru keluar atau belum dibersihkan, sebab bisa saja ia baru mengendus sampah ataupun menjilat hewan lain. Hal tersebut bisa membuatnya tertular kutu dari hewan lain dan bisa kembali menularkannya kepada Si Kecil. 

Baca juga: 3 Hewan Rumahan yang Bisa Membawa Penyakit

Bayi sakit dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Ibu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:

Baby Center. Diakses pada 2019. Baby Center. You & Your Family. House & Home. Pets. When can my baby play with a dog?
Huffington Post. Diakses pada 2019. The Benefits Of Having A Family Pet.
Romper. Diakses pada 2019. What Age Should A Child Get A Cat? Experts Share The Best Guidelines On Choosing A Pet.