12 March 2018

Makan Malam sebelum Tidur Ternyata Ada Manfaatnya

Makan Malam sebelum Tidur Ternyata Ada Manfaatnya

Halodoc, Jakarta – Demi menjaga berat badan ideal, banyak orang yang memilih untuk tidak makan malam. Hal ini karena makan malam memang sudah lama dikenal sebagai pemicu naiknya bobot badan seseorang. Hal itu terjadi karena saat malam hari, tubuh cenderung tidak lagi melakukan aktivitas yang berarti hampir tidak ada pembakaran lemak. Sehingga makanan yang masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi timbunan lemak.

Namun, makan di malam hari, terutama sebelum waktu tidur tidak melulu mendatangkan dampak yang tak diinginkan. Malahan, pergi tidur dengan perut yang kosong bisa membuat kamu terjaga sepanjang malam dan berujung dengan insomnia. Sebaliknya, jika kamu makan dan mengisi perut sebelum tidur, tubuh akan menjadi lebih mudah terlelap dan tidur akan menjadi lebih berkualitas.

Tapi ingat, bukan berarti menu makan malam yang dipilih untuk dikonsumsi sebelum tidur boleh sembarangan. Kalau tak mau gemuk, sebaiknya pilih jenis makanan yang banyak mengandung trytophan dan melatonin. Sebab kedua zat itu bisa membuat tubuh lebih cepat mengantuk dan tak banyak memengaruhi berat badan.

Agar tidur malam lebih berkualitas, sejumlah ahli menyarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang  sehat. Berikut pilihan makanan sehat yang bisa kamu santap sebelum tidur yang perlu kamu tahu.

  1. Pisang

Sebenarnya makan dianjurkan untuk dilakukan sebelum lewat jam 7 malam. Namun, kalau kamu terpaksa melewatkan waktu tersebut, bukan berarti kamu sama sekali tidak bisa makan. Memaksa tidur dengan perut kosong pun bisa memicu berbagai masalah terutama pada pencernaan.

Nah, kalau ini yang terjadi, kamu bisa memilih untuk mengonsumsi buah pisang sebelum tidur. Karena pisang termasuk jenis makanan yang dapat meningkatkan energi. Selain itu, pisang kaya akan kandungan magnesium yang dapat melemaskan otot dan memberi efek menenangkan.

Artinya tubuh akan menjadi lebih rilek dan membantu proses pengembalian energi. Pisang juga memiliki kandungan serotin dan melatonin yang dapat membantu tubuh lebih cepat terlelap.

  1. Madu

Jika terlalu malas mengunyah, kamu bisa mencoba untuk “mengganjal” perut dengan satu sendok madu. Hal ini dapat merangsang tubuh melepaskan melatonin di otak dan mematikan orexin yang membuat tubuh selalu terjaga di malam hari.

Kamu juga bisa mencoba untuk mengombinasikan madu dengan makanan lain, seperti pisang. Selain sehat, tentu makanan ini bisa mengatasi lapar dan membuat tubuh menjadi lebih mudah tidur.

  1. Kacang Almond

Mengonsumsi kacang almond di malam hari dapat membantu mengurangi lelah pada otot dan saraf. Selain itu, makanan yang mengandung lemak yang baik bagi tubuh ini pun dapat menjaga ritme jantung.

Selain tak membuat gendut, kacang almond telah lama dikenal sebagai sumber lemak yang baik untuk dikonsumsi tubuh. Ada pula kandungan triptofan dan magnesium yang dapat membantu proses istirahat tubuh berjalan maksimal.  

  1. Gandum

Lapar di malam hari? Makan gandum saja! Gandum kaya akan vitamin, mineral dan asam amino. Kandungan tersebut mendorong melatonin dalam tubuh dan merangsang rasa kantuk. Sehingga kamu akan lebih kenyang dan mudah terlelap. Gandum juga berperan dalam mendorong produksi insulin dan secara alami meningkatkan gula darah.

Selain bisa membuat berat badan naik, salah memilih makan malam yang dikonsumsi pun dapat menyebabkan gangguan pencernaan serius. Maka pastikan kamu mengetahui dengan betul apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama di malam hari sebelum tidur.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Bicara dengan dokter kapan saja lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat supaya kamu lebih cepat sembuh. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!