06 July 2018

Makanan Peningkat Stamina biar Kuat Seperti Pemain Bola

makanan peningkat stamina, stamina pemain bola, piala dunia

Halodoc, Jakarta – Stamina adalah satu hal yang sangat penting bagi para pemain sepak bola. Pasalnya, para atlet ini harus bermain setidaknya 2x45 menit dalam satu kali pertandingan. Apalagi kalau pertandingan demi pertandingan harus dilewati dalam waktu yang relatif singkat, seperti pada piala dunia 2018 ini.

Salah satu cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan dan menjaga stamina adalah dengan cukup istirahat. Namun tentu saja kesempatan ini tidak dimiliki oleh para atlet peserta piala dunia. Nah, kalau kamu juga termasuk orang yang super sibuk tapi harus punya stamina kuat, ternyata ada rahasianya, lho!

Selain istirahat, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh ternyata juga berperan dalam menjaga stamina. Bahkan, beberapa jenis makanan bisa menjadi sumber peningkat stamina. Kamu mau punya stamina yang kuat dan tahan lama seperti pemain sepak bola? Yuk simak deretan jenis makanan peningkat stamina biar kuat seperti pemain bola!

Baca juga: Intip 3 Menu Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Profesional

 

  • Beras Merah

 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang Indonesia kerap merasa belum makan jika tidak mengonsumsi nasi. Kamu salah satunya? Jika iya, kamu bisa lho mencoba untuk mengganti nasi yang dimakan menjadi nasi merah.

Beras merah – yang kemudian dimasak menjadi nasi merah – merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh. Sebab, mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks bisa membantu menjaga stamina bertahan lebih lama. Karbohidrat kompleks diketahui dapat melepaskan energi perlahan ke dalam darah, memastikan tingkat energi tetap optimal sepanjang hari.

 

  • Telur

 

Selain karbohidrat, tubuh juga membutuhkan asupan protein untuk proses pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot dan tubuh. Selain membantu membakar kalori, protein ternyata juga berguna untuk meningkatkan stamina tubuh. Sejauh ini, telur merupakan sumber protein terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Selain itu, dalam setiap butir telur juga terdapat sembilan kandungan asam amino esensial.

Baca juga: Suka Lari? Perlu 5 Makanan Sehat Ini

 

  • Sayuran Hijau

 

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan tubuh kurang stamina. Bahkan, sering merasa lemas dan tubuh tidak berstamina dikaitkan dengan masalah kekurangan zat besi. Sebab kurangnya zat besi yang dibutuhkan tubuh menyebabkan hemoglobin dalam tubuh berjuang untuk menjalankan fungsinya sehari-hari.

Untuk menghindarinya, perbanyaklah konsumsi sayuran hijau yang mengandung banyak zat besi dan serat. Jenis makanan tersebut dapat membantu menambahkan sel darah merah, serta membantu sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh.

 

  • Pisang

 

Selain makanan berat, ternyata meningkatkan stamina juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan. Salah satu yang terbaik adalah pisang. Mengonsumsi pisang sebelum beraktivitas fisik, seperti berolahraga, menjadi satu hal yang dianjurkan.

Pisang kaya akan potasium, serat, hingga karbohidrat kompleks. Selain itu, pisang juga dapat merangsang meningkatnya pelepasan hormon dopamin. Hormon ini disebut sebagai “hormon bahagia” yang bisa membuat tubuh lebih ringan dan mudah menjalankan aktivitas harian.

 

  • Alpukat

 

Kandungan vitamin yang berlimpah pada buah ini menjadikan alpukat pantas disebut sebagai makanan peningkat stamina. Ssst..bahkan, buah hijau yang satu ini sering dianjurkan untuk dikonsumsi setelah bercinta karena dipercaya dapat meningkatkan stamina pria di ranjang.

Baca juga: Lakukan Langkah Ini untuk Tingkatkan Stamina Bercinta

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, segera download di App Store dan Google Play!