• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan Sehat yang Disarankan untuk Pengidap Leukopenia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan Sehat yang Disarankan untuk Pengidap Leukopenia

Makanan Sehat yang Disarankan untuk Pengidap Leukopenia

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 November 2022

“Ada beberapa makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk pengidap leukopenia. Salah satunya adalah makanan yang tinggi vitamin C.”

Makanan Sehat yang Disarankan untuk Pengidap LeukopeniaMakanan Sehat yang Disarankan untuk Pengidap Leukopenia

Halodoc, Jakarta – Meski tidak ada diet khusus, ada beberapa makanan sehat untuk leukopenia. Leukopenia adalah kondisi ketika jumlah leukosit atau sel darah putih lebih rendah dari normal. 

Secara umum, untuk orang dewasa jumlah sel darah putih di bawah 4.000 per mikroliter darah termasuk rendah. Untuk anak-anak, ambang itu bervariasi sesuai usia. 

Makanan Sehat untuk Pengidap Leukopenia

Sebenarnya, tidak ada diet khusus atau makanan tertentu yang bisa menyembuhkan leukopenia. Namun, ada beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan jumlah sel darah putih, yaitu:

1. Makanan Tinggi Vitamin C

Vitamin C menjadi salah satu yang paling penting untuk meningkatkan sel darah putih. Makanan yang kaya vitamin C termasuk cabai, dan paprika hijau dan merah. Brokoli tidak hanya mengandung vitamin C untuk meningkatkan sel darah putih, tetapi juga vitamin A dan E, serta banyak antioksidan.

2. Makanan yang Mengandung Zinc

Makanan sehat untuk pengidap leukopenia adalah yang mengandung zinc. Zinc adalah penguat kekebalan dan bisa membantu produksi sel darah putih. Kekurangan zinc dapat meningkatkan risiko infeksi. Makanan kaya zinc termasuk tiram, daging sapi, bibit gandum dan bayam.

3. Makanan Kaya Asam Folat

Tubuh membutuhkan asam folat untuk memproduksi sel darah putih. Makanan kaya asam folat yang bisa kamu konsumsi adalah bayam, kacang-kacangan, dan buah jeruk.

4. Makanan Tinggi Selenium

Selenium juga dapat membangun sel darah putih dan dapat ditemukan pada ikan kod, daging sapi, tuna, salmon, ayam, kacang brazil, dan kacang pinto. Makanan tinggi selenium juga termasuk makanan sehat untuk pengidap leukopenia.

5. Makanan yang Mengandung Beta Karoten

Ini membantu melindungi sistem kekebalan tubuh, yaitu kelenjar timus. Makanan yang mengandung beta karoten dapat memperkuat produksi sel darah putih dan memiliki kemampuan untuk melawan infeksi bila dikonsumsi setiap hari. Contohnya termasuk wortel, labu, tomat, dan sayuran berdaun hijau tua.

6. Kunyit

Kunyit adalah rempah berwarna kuning yang sering ada dalam berbagai masakan Indonesia. Rempah ini juga termasuk makanan sehat untuk pengidap leukopenia. Sebab, kandungan kurkumin di dalamnya dapat mengurangi peradangan dan demam.

7. Yogurt

Yogurt membantu meningkatkan sel darah putih dengan membantu tubuh memproduksi antibodi sekaligus memperkuat sel darah putih.

Pengobatan untuk Leukopenia

Pengobatan untuk leukopenia tergantung pada jenis sel darah putih mana yang rendah dan apa penyebabnya. Kamu mungkin juga memerlukan perawatan lain untuk mengatasi infeksi yang berkembang karena tidak memiliki cukup sel darah putih. 

Selain mengonsumsi makanan sehat, beberapa pengobatan umum untuk leukopenia meliputi:

1. Menghentikan Pengobatan yang Menyebabkan Leukopenia

Terkadang, kamu mungkin perlu menghentikan pengobatan untuk memberi tubuh waktu untuk membuat lebih banyak leukosit. Jika sedang mengonsumsi obat yang menyebabkan leukopenia, dokter mungkin menyesuaikan dosis. Dokter mungkin juga merekomendasikan untuk beralih ke obat lain.

2. Mengobati Kondisi Mendasar yang Jadi Penyebab

Jika kamu memiliki kondisi kesehatan mendasar yang menyebabkan leukopenia, seperti lupus atau sarkoidosis, dokter akan menyusun rencana perawatan untuk mengelolanya. Ini dapat membantu mengembalikan sel darah putih ke tingkat normal.

3. Antimikroba

Dokter mungkin memberi resep obat untuk mencegah infeksi atau untuk membersihkan infeksi yang ada. Beberapa contohnya termasuk antijamur untuk mengobati infeksi jamur atau antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri.

Itulah pembahasan mengenai makanan sehat untuk pengidap leukopenia dan pilihan pengobatan yang tersedia. Jika kamu mendapat resep obat dari dokter untuk leukopenia, download Halodoc saja untuk cek kebutuhan medis kamu dengan mudah.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Leukopenia?
Nebraska Medicine. Diakses pada 2022. Leukopenia Foods: What To Eat With a Low White Blood Cell Count.
Very Well Health. Diakses pada 2022. How Do You Increase White Blood Cell Count?