27 August 2018

Makanan Terbaik untuk Kehamilan Trimester Pertama

trimester pertama, makanan untuk ibu hamil

Halodoc, Jakarta – Menjaga asupan makanan menjadi satu hal yang penting dan harus dilakukan ibu hamil. Pasalnya, tiga bulan awal masa kehamilan atau sering disebut trimester pertama merupakan waktu yang cukup krusial. Pada trimester pertama, ibu hamil disebut lebih rentan mengalami keguguran. Tak hanya itu, jenis asupan yang dikonsumsi ternyata juga akan memengaruhi pembentukan dan perkembangan janin. Maka dari itu, sangat penting untuk memastikan ibu mendapat asupan terbaik, terutama di masa awal kehamilan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga ibu dan calon bayi tetap sehat adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Jenis makanan yang disarankan untuk dipilih haruslah kaya akan berbagai nutrisi. Lantas, apa saja jenis makanan terbaik untuk kehamilan trimester pertama yang harus dikonsumsi calon ibu?

Baca juga: Top 5 Gizi yang Dibutuhkan Ibu Saat Hamil

 

  • Mengandung Asam Folat

 

Selama masa kehamilan, terutama pada trimester pertama, ibu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Misalnya kacang merah, bayam, sawi, selada, brokoli, kacang kedelai, alpukat, stroberi, dan wortel.

Asam folat berperan dalam mencegah risiko cacat pada bayi dan menurunkan risiko keguguran, hingga kelahiran sebelum waktunya alias kelahiran prematur. Nah, ada baiknya wanita yang tengah hamil muda memperhatikan jenis makanan yang ada di piring, jangan sampai melewatkan kesempatan mendapat manfaat terbaik dari asam folat.

 

  • Kaya Protein

 

Beberapa jenis makanan yang dikenal sebagai sumber protein adalah daging tanpa lemak, Ikan, telur, dan unggas. Ibu hamil dianjurkan untuk rutin mengonsumsi jenis makanan tersebut setiap hari. Mendapat banyak asupan protein selama masa kehamilan dapat membantu proses pembentukan jaringan tubuh pada ibu dan bayi. Tak hanya itu, makanan yang banyak mengandung protein juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga ibu hamil tidak mudah mengalami sakit.

 

  • Jangan Lupakan Zat Besi

 

Zat besi menjadi salah satu asupan nutrisi yang paling penting untuk ibu hamil. Pasalnnya, kekurangan asupan zat yang satu ini bisa memicu terjadinya anemia alias kekurangan zat darah merah. Kurang asupan zat besi merupakan salah satu penyebab utama terjadinya penyakit anemia. Jika anemia terjadi pada ibu hamil, kemungkinan dapat berdampak buruk. Seperti bayi lahir prematur, berat badan bayi rendah, kecacatan, hingga keguguran.

Untuk menghindarinya, ibu hamil harus memastikan untuk mencukup kebutuhan asupan zat besi. Ada beberapa jenis makanan yang banyak mengandung zat besi yang baik untuk ibu hamil, seperti beras merah, kacang-kacangan, biji-bijian, makanan laut, bayam, hingga daging sapi.

Baca juga: Anemia Pada Ibu Hamil, Harus Dirawat di Rumah Sakit?

 

  • Makanan yang Mengandung Serat

 

Makanan yang banyak mengandung serta menjadi salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pada trimester pertama. Pada masa kehamilan, wanita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berserat setidaknya tiga porsi dalam satu hari.

Ada beberapa jenis makanan tinggi serat yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil, yaitu buah segar, sayuran sehat yang dimasak, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain baik untuk merangsang perkembangan janin, mengonsumsi banyak serat juga bisa membantu mencegah ibu hamil mengalami konstipasi alias masalah buang air besar.

Baca juga: Bumil Wajib Hindari 4 Makanan Ini di Trimester Pertama

Punya keluhan seputar masa awal kehamilan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat biar cepat sembuh dan tips menjaga kesehatan selama hamil. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!