Malas Bangun Sahur, Atasi dengan 5 Tips Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Malas Bangun Sahur, Atasi dengan 5 Tips Ini

Halodoc, Jakarta - Puasa adalah salah satu hal yang harus dilakukan setiap muslim ketika memasuki bulan Ramadan. Seseorang yang melakukan puasa akan menahan haus dan lapar sejak matahari belum terbit hingga matahari terbenam. Di sisi lain, puasa dapat berdampak baik untuk kesehatan tubuh seseorang yang melakukannya.

Sebelum masuk pada jam untuk berpuasa, seseorang diharuskan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang umumnya disebut dengan sahur. Pada saat sahur, seseorang akan makan dan minum layaknya sarapan hingga waktunya berpuasa dimulai.

Kebanyakan masalah yang terjadi adalah seseorang malas untuk bangun sahur, karena mereka merasa kurangnya waktu tidur saat bulan puasa. Padahal, sahur adalah saat yang penting ketika seseorang akan menahan haus dan lapar seharian. Hal tersebut dapat membuat kamu untuk mengatur energi di dalam tubuh, agar dapat beraktivitas secara normal setiap hari selama bulan Ramadan.

Baca Juga: Makan Mie Instan saat Sahur Bolehkah?

Cara Mengatasi Malas Bangun Sahur

Rasa malas untuk bangun sahur pasti selalu ada. Namun, mengingat manfaatnya terhadap tubuh, maka hal tersebut penting untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi malas bangun sahur, yaitu:

1. Tidur Lebih Awal

Memang kebanyakan orang sudah merencanakan untuk melakukan tidur lebih awal, tetapi kenyataannya hal tersebut sulit untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan seseorang baru akan selesai salat tarawih sekitar jam 9. Setelah itu, mereka akan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tertunda karena hal tersebut.

Walau begitu, agar ibadah puasa kamu tidak terganggu, cobalah untuk berusaha tidur paling telat pada jam 10 malam, supaya dapat bangun untuk sahur. Hal tersebut dapat berhasil, karena tubuh akan merasa cukup tidur hingga waktunya sahur.

2. Mengatur Waktu

Salah satu cara untuk tetap dapat bangun untuk sahur adalah dengan mengatur waktu. Caranya yaitu dengan menyalakan alarm, agar kamu tetap dapat bangun. Tempatkan benda tersebut agak jauh dari jangkauan kamu, sehingga tidak mudah untuk dimatikan. Jika kamu sulit mencapainya, otomatis tubuh kamu akan bangun dari kasur dan mematikan benda tersebut. Setelah itu, kemungkinan besar kamu akan langsung bersiap-siap untuk sahur.

Baca Juga: Menu Sahur agar Puasa Si Kecil Lancar

3. Hindari Minuman Berkafein sebelum Tidur

Cara lainnya agar dapat bangun ketika sahur adalah dengan menghindari minum minuman berkafein di malam sebelumnya. Banyak orang minum teh pada malam hari di bulan Ramadan dan itu dapat membuat kamu terjaga. Cobalah untuk memastikan apabila kamu meminum kopi ketika sahur, sehingga tubuh kamu siap untuk beraktivitas. Selain itu, jika kamu mempunyai alat pembuat kopi, coba atur pada jam sahur yang mungkin dapat membantu kamu untuk bangun jika ada aroma kopi yang melayang di udara.

4. Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga sangat penting, karena hal tersebut adalah salah satu cara terbaik bagi tubuh untuk bernapas dengan cara yang benar. Bahkan, berjalan cepat jika dilakukan secara konsisten, dapat memberi kamu dorongan energi dan membuat tidur menjadi lebih tenang. Berolahraga yang baik dilakukan sebelum berbuka puasa, atau sekitar jam 10 malam.

5. Membuat Rencana Sahur Harian atau Mingguan

Dengan membuat rencana sahur secara harian atau mingguan mungkin dapat membuat kamu lebih semangat untuk bangun pagi untuk sahur. Cobalah untuk rencanakan makanan yang akan kamu konsumsi dan perhatikan gizi yang akan kamu terima agar dapat beraktivitas secara maksimal. Selain itu, sediakan juga makanan-makanan yang menyehatkan, seperti buah-buahan, sereal, yoghurt, dan lain-lain.

Baca Juga: Sedang Diet, Coba 3 Menu Sahur Ini

Itulah beberapa cara untuk mengatasi malas bangun untuk sahur. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal puasa, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!