• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Berlatih Muay Thai untuk Wanita
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Berlatih Muay Thai untuk Wanita

Manfaat Berlatih Muay Thai untuk Wanita

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 31 Agustus 2021
Manfaat Berlatih Muay Thai untuk Wanita

“Selain untuk melindungi diri dari maraknya tindakan kejahatan, seni bela diri, termasuk pula muay thai, ternyata punya banyak manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan para wanita yang melakukan olahraga bela diri satu ini.”

Halodoc, Jakarta - Banyak orang melakukan seni bela diri apapun, misalnya karate, kungfu, wushu, taekwondo, dan muay thai hanya untuk tujuan melindungi diri dari maraknya tindakan kejahatan di luar sana. Padahal, rutin melakukan olahraga bela diri juga sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh, lho!

Muay thai, salah satunya, merupakan olahraga yang bisa dibilang cukup menantang untuk dilakukan. Tak hanya pria, olahraga satu ini juga sekarang punya beberapa kelas yang bisa diikuti oleh para wanita. Nah, tak berbeda dengan ilmu bela diri lainnya, muay thai juga punya banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. gerakan yang kamu lakukan dalam bela diri ini bisa membantu meningkatkan kekuatan, daya tahan, kecepatan, dan kelincahan tubuh. 

Baca juga: Bagaimana Cara Melakukan Peregangan sebelum Berolahraga?

Tak hanya itu, muay thai juga mempunyai dampak yang positif dalam meningkatkan dan membangun stamina, kebugaran, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memilih rutin melakukan olahraga bela diri tersebut: 

  • Meningkatkan Kekuatan Otot Kaki

Menendang dan gerakan kaki yang lain menjadi gerakan paling utama dalam seni bela diri muay thai. Roundhouse kick adalah salah satu gerakan yang jadi andalan, dilakukan dengan menendang berputar membentuk setengah lingkaran menggunakan kaki bagian depan. Selain mengajarkan kamu bagaimana cara menendang yang baik, gerakan ini juga bisa membantu menguatkan otot tubuh pada bagian bawah. Jika kamu melakukannya dengan rutin, kekuatan, daya tahan, dan kelincahan otot kaki serta betis pun akan menjadi lebih baik lagi.

  • Meningkatkan Kelenturan Pinggul

Gerakan menendang dan menyerang menggunakan lutut akan membantu melatih kelenturan bagian pinggul. Tentunya, mempunyai pinggul yang ramping dan sehat akan memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh lainnya. Inilah mengapa tak sedikit wanita yang memilih melakukan olahraga muay thai ketimbang olahraga bela diri lainnya. Namun, pastikan kamu melakukan peregangan otot pinggul dan pemanasan sebelum berlatih sehingga terhindar dari risiko cedera. Sesekali, kamu bisa melakukan gerakan memijat pada area tersebut untuk membantu melancarkan peredaran darah. 

Baca juga: Berbagai Manfaat Latihan Kekuatan Otot yang Perlu Diketahui

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Setiap olahraga yang kamu lakukan, termasuk muay thai, bisa membantu menurunkan berat badan, lho! Kamu mungkin tidak menyadari bahwa gerakan dalam bela diri ini membuat hampir semua anggota tubuhmu bergerak dan membantu meningkatkan daya tahan pada sistem kardiovaskular secara keseluruhan. Sikap seperti gerakan kaki, pukulan, menendang, serangan menggunakan lutut maupun siku yang kamu lakukan jika dipadukan dengan peregangan dan pemanasan yang tepat akan membakar lemak dan kalori dalam tubuh. 

  • Membantu Mengurangi Stres

Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres adalah berolahraga. Padatnya aktivitas bekerja tentu akan membuat kamu merasa sangat lelah dan stres. Nah, kamu bisa meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga muay thai pada malam hari. Tak hanya membuat stres berkurang, suasana hati akan menjadi lebih baik, kamu pun bisa tidur malam lebih nyenyak. 

  • Melatih Kemampuan Berpikir

Ketika kamu bertanding dan menghadapi lawan, kamu harus memikirkan banyak strategi untuk menyerang sekaligus apa rencana yang digunakan lawan. Jadi, rutin berlatih muay thai tanpa disadari akan membantu melatih kecepatan kamu dalam berpikir untuk memecahkan permasalahan. 

Baca juga: 5 Gerakan Senam Aerobik untuk Pemula yang Bisa Dilakukan di Rumah

Itu tadi beberapa manfaat muay thai yang bisa kamu dapatkan. Namun, ingat untuk tidak melakukan olahraga secara berlebihan, ya! Meski menyehatkan, olahraga berlebihan tetap tidak baik untuk tubuh. Jangan lupa, download aplikasi Halodoc untuk memudahkan kamu membeli vitamin dan obat guna membantu menjaga daya tahan. Jadi, kamu tidak perlu lagi keluar rumah. 



Referensi:
Livestrong. Diakses pada 2021. Is Muay Thai a Good Workout? Here’s What You Need to Know.
Healthline. Diakses pada 2021. Kickboxing Benefits: Improved Heart Health, Weight Loss, and More.