23 July 2018

Masker Alpukat, Apa Manfaatnya?

alpukat,masker alpukat,manfaat masker alpukat

Halodoc, Jakarta – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya adalah dengan rutin menggunakan masker alami, seperti masker dari alpukat. Sejak dulu, buah alpukat sudah dikenal sebagai “primadona” dalam pembuatan produk perawatan kecantikan. Sebab, alpukat diketahui memiliki kandungan yang bersifat antioksidan, dan diyakini dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebab, dalam setiap buah alpukat terdapat kandungan folat, vitamin B, vitamin C, lemak jenuh tak tunggal, serta lutein. Alpukat juga dikenal sebagai buah yang bersifat antioksidan. Ternyata, selain baik untuk tubuh, buah alpukat juga bisa dijadikan masker untuk merawat kecantikan kulit.

Salah satu perawatan kulit yang sering memanfaatkan buah alpukat adalah masker. Rutin menggunakan masker alpukat diyakini dapat memberi sejumlah manfaat bagi kulit. Mulai dari melembapkan kulit, mencegah kulit kering dan pecah-pecah, hingga meringankan gatal dan mempercepat penyembuhan luka. Masker alpukat juga berkhasiat untuk melindungi kulit dari kerusakan yang bisa terjadi karena serangan sinar UV.

Baca juga: 7 Kandungan Nutrisi Alpukat dan Manfaatnya

Membuat Masker Alpukat Sendiri

Untuk mendapat manfaat cantik dari masker alpukat, ternyata tidak terlalu sulit. Bahkan kamu bisa membuat masker alpukat sendiri di rumah, lho! Hal pertama yang harus disiapkan adalah buah alpukat terbaik yang akan dijadikan masker dan satu sendok makan yogurt murni.

Ambil setengah buah alpukat tersebut, kemudian lumatkan hingga halus. Kamu bisa menggunakan blender atau dengan cara manual menggunakan sendok. Kemudian, tambahkan yogurt dan minyak alpukat jika ada. Aduk adonan hingga menjadi krim yang halus dan siap untuk dioleskan.

Untuk menggunakan masker alpukat ini, sebaiknya awali dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah wajah bersih dan siap untuk diolesi masker, sapukan masker alpukat menggunakan jari atau kuas lalu diamkan selama 20 menit.

Setelah itu, bersihkan masker menggunakan handuk yang sudah dicelupkan ke air panas. Bersihkan wajah secara menyeluruh hingga semua sisa masker terangkat. Lalu pijat bagian wajah dengan lembut.

Baca juga: 5 Cara Makan Alpukat yang Unik dan Sehat

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari masker alpukat, pastikan untuk tidak berlebihan. Agar kulit tetap cantik, dianjurkan untuk menggunakan masker secukupnya saja, misalnya dua kali dalam satu minggu. Terlalu sering menggunakan masker alpukat ke wajah malah bisa membuat kulit “stres” dan meningkatkan sensitivitas kulit.

Selain manfaat kecantikan, buah alpukat juga menyimpan banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Banyak orang yang menghindari buah alpukat karena takut mengalami peningkatan berat badan karena kandungan lemak yang ada. Namun jika dikonsumsi secukupnya, buah ini ternyata bisa menjadi makanan sehat yang luar biasa.

Alpukat memiliki kandungan gula yang relatif rendah dan aman dikonsumsi. Selain itu, kandungan lemak yang dimilikinya merupakan “lemak baik” yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol tetap normal. Saran mengonsumsi buah alpukat adalah tidak lebih dari 1 ons dalam satu hari.

Baca juga: Benarkah Konsumsi Alpukat Bikin Gemuk? Ini Faktanya!

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat agar lebih cepat sembuh dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!