Coba 5 Masker Alami untuk Mencerahkan Wajah

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Coba 5 Masker Alami untuk Mencerahkan Wajah

Halodoc, Jakarta – Memiliki wajah yang cerah alami mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Tidak heran, banyak wanita menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah alami dan terhindar dari kulit kusam.

Baca juga: Agar Lebih Optimal, Ini Cara Pakai Masker Wajah yang Benar

Banyak perawatan yang dilakukan untuk merawat wajah, mulai dari penggunaan skincare untuk wajah, melakukan perawatan di salon kecantikan, dan penggunaan masker kecantikan untuk wajah. Namun, kenyataannya tidak semua kulit para wanita cocok dengan bahan-bahan kimia yang digunakan untuk mencerahkan wajah. 

Ada beberapa dampak yang dapat terjadi ketika kamu tidak cocok dengan penggunaan masker kimia pada wajah. Sebaiknya gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai gangguan pada kulit wajah yang dialami.

Tidak ada salahnya untuk memiliki bahan-bahan masker yang alami agar kesehatan kulit terjaga dan terhindar dari dampak bahan kimia pada masker kecantikan. Yuk, ketahui bahan alami yang dapat membantu kamu untuk memiliki wajah cerah alami, yaitu di antaranya:

1. Tomat

Tidak hanya untuk dijadikan sayur dalam salad, buah tomat bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk memiliki wajah yang cerah. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan tomat sebagai masker wajah. Cara sederhananya adalah potong dua tomat lalu oleskan bagian dalam tomat pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Tomat mengandung antioksidan yang cukup tinggi, vitamin C, A, dan B sehingga membantu menjaga kesehatan, seperti meratakan warna kulit dan mencegah penuaan dini.

2. Putih Telur

Putih telur juga dapat digunakan sebagai masker bahan alami yang membantu kulit wajah menjadi cerah. Gunakan putih telur sebagai masker wajah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak hanya mencerahkan kulit, putih telur dapat membuat kulit wajah menjadi lebih kencang dan membantu menghilangkan komedo pada wajah. Cara menggunakannya, kamu hanya perlu mengoleskan putih telur pada wajah, diamkan hingga wajah terasa kencang, dan gunakan air bersih untuk membilas wajah kamu.

3. Alpukat

Tidak hanya melembapkan kulit wajah, rutin menggunakan alpukat sebagai masker untuk wajah membantu untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam alpukat membantu untuk menghilangkan sel kulit mati. Kamu bisa campur alpukat dengan air biasa atau susu untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Baca juga: Manfaat Alpukat sebagai Masker Alami Wajah

4. Pepaya

Selain dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, buah pepaya dapat menjadi bahan masker alami untuk mencerahkan wajah. Enzim papain yang terdapat di dalam pepaya membantu untuk mempercepat proses regenerasi kulit mati. Cara menggunakannya adalah haluskan pepaya, lalu oleskan pepaya pada wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Tidak hanya kandungan enzim papain, vitamin dalam pepaya juga baik untuk membuat kulit semakin halus dan sehat.

5. Kentang

Kentang menjadi bahan alami lainnya yang bisa digunakan sebagai masker wajah. Kandungan mineral pada kentang membantu untuk menghindari masalah penuaan dini dan membantu regenerasi kulit sehingga menjadi lebih segar. Tidak hanya untuk mencerahkan, antioksidan pada kentang dapat membuat kulit wajah terhindar dari noda hitam.

Itulah bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker alami. Meskipun menggunakan bahan alami, tetap perhatikan kondisi kulit setelah memakai masker tersebut. Jika kamu memiliki kulit sensitif, temukan bahan yang tidak akan membuat kulit meradang.

Baca juga: Inilah 5 Jenis Masker Alami untuk Kulit Berminyak

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. 8 Benefits of Avocado Oil for The Skin
So Delicious. Diakses pada 2019. Fruit and Veggies to Put On Your Face
Style Craze. Diakses pada 2019. 5 Fruits for Glowing Skin