• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Masker Alpukat, Apa Manfaatnya?

Masker Alpukat, Apa Manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, salah satunya dengan rutin menggunakan masker alami, seperti masker dari alpukat. Buah alpukat dikenal sebagai “primadona” dalam pembuatan produk perawatan kecantikan sejak dahulu. Alpukat memiliki kandungan yang bersifat antioksidan, dan diyakini dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain baik untuk kesehatan organ dalam tubuh, buah alpukat juga bisa dijadikan masker untuk merawat kecantikan kulit. Lantas, manfaat apa saja yang dapat diberikan masker alpukat?

Baca juga: Benarkah Konsumsi Alpukat Bikin Gemuk? Ini Faktanya!

Manfaat Masker Alpukat

Melansir dari WebMD, alpukat mengandung kalium, lutein dan folat. Selain itu, buah yang satu ini merupakan sumber vitamin B yang baik, vitamin C serta vitamin E. Kandungan beta karoten, protein, lesitin, asam lemak, dan vitamin A, D, dan E dalam alpukat dapat membantu melembapkan dan melindungi kulit dari kerusakan sinar UV serta meningkatkan metabolisme kolagen.

Melihat berbagai kandungan di atas, rutin menggunakan masker alpukat diyakini dapat memberi sejumlah manfaat bagi kulit mulai dari melembapkan kulit, mencegah kulit kering dan pecah-pecah, hingga meringankan gatal dan mempercepat penyembuhan luka. Bukan hanya manfaat kecantikan saja yang bisa diperoleh, melansir dari Healthline, masker ataupun minyak alpukat dapat merawat kondisi kulit seperti psoriasis.

Psoriasis adalah penyakit autoimun kronis yang menyebabkan bercak merah tebal dan bersisik di kulit. Kalau kamu mengalami masalah kesehatan tersebut dan butuh saran dokter seputar penanganannya, kamu bisa bertanya kepada dokter Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja.

Baca juga: 7 Kandungan Nutrisi Alpukat dan Manfaatnya

Tips Membuat Masker Alpukat

Mendapat manfaat cantik dari masker alpukat, ternyata tidak terlalu sulit. Bahkan, kamu dapat membuat masker alpukat sendiri di rumah. Hal pertama yang harus disiapkan adalah buah alpukat terbaik yang dijadikan masker dan satu sendok makan yogurt murni.

Ambil setengah buah alpukat tersebut, kemudian lumatkan hingga halus. Kamu bisa menggunakan blender atau dengan cara manual menggunakan sendok. Kemudian, tambahkan yogurt dan minyak alpukat jika ada. Aduk adonan hingga menjadi krim yang halus dan siap untuk dioleskan.

Untuk menggunakan masker alpukat ini, awali dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah wajah bersih dan siap untuk diolesi masker, sapukan masker alpukat menggunakan jari atau kuas lalu diamkan selama 20 menit.

Setelah itu, bersihkan masker menggunakan handuk yang sudah dicelupkan ke air panas. Bersihkan wajah secara menyeluruh hingga semua sisa masker terangkat. Lalu pijat bagian wajah dengan lembut.

Baca juga: 5 Cara Makan Alpukat yang Unik dan Sehat

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari masker alpukat, pastikan untuk tidak menggunakannya berlebihan. Agar kulit tetap cantik, dianjurkan untuk menggunakan masker secukupnya saja, misalnya dua kali dalam satu minggu. Terlalu sering menggunakan masker alpukat ke wajah dapat membuat kulit “stres” dan meningkatkan sensitivitas kulit.

Sebelum menggunakan masker alpukat pastikan juga kamu tidak memiliki alergi terhadap buah ini. Untuk memastikannya, oleskan masker ke pergelangan tangan selama dua menit. Apabila tidak timbul reaksi alergi contohnya seperti kemerahan, artinya masker aman digunakan.

Referensi :
WebMD. Diakses pada 2019. All About Avocados.
Healthline. Diakses pada 2019. 5 DIY Beauty Masks Made from Your Favorite Super Bowl Ingredients.
Healthline. Diakses pada 2019. 10 Exercises to Tone Every Inch of Your Body.