• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mata Sering Gatal saat Pakai Lensa Kontak, Apa Sebabnya?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mata Sering Gatal saat Pakai Lensa Kontak, Apa Sebabnya?

Mata Sering Gatal saat Pakai Lensa Kontak, Apa Sebabnya?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 November 2022

“Mata sering gatal saat pakai lensa kontak bisa terjadi akibat konjungtivitis. Kondisi ini bisa sebabkan gejala seperti gatal, kemerahan, penglihatan kabur dan sensasi benda asing di mata.”

Mata Sering Gatal saat Pakai Lensa Kontak, Apa Sebabnya?Mata Sering Gatal saat Pakai Lensa Kontak, Apa Sebabnya?

Halodoc, Jakarta – Buat pengguna lensa kontak, mata yang sering gatal bisa sangat mengganggu kenyamanan aktivitas sehari-hari. Sayangnya lensa kontak tidak bisa asal dilepas, karena untuk kebanyakan orang lensa ini adalah alat bantu penglihatan mereka. 

Mata sering gatal saat pakai lensa kontak bisa disebabkan karena konjungtivitis. Kondisi ini dapat memicu terbentuknya benjolan kecil di permukaan bagian dalam kelopak mata yang memicu mata gatal. Informasi lengkap agar terhindar dari mata gatal selama penggunaan lensa kontak  bisa kamu baca di sini!

Penyebab Mata Sering Gatal saat Pakai Lensa Kontak

Benjolan berkembang ketika lensa kontak atau alergen mengiritasi lapisan kelopak mata. Biasanya, lensa kontak yang kotor menjadi penyebabnya atau juga timbunan protein yang menumpuk pada lensa. 

Konjungtivitis akibat lensa kontak menyebabkan gatal, kemerahan, penglihatan kabur dan sensasi benda asing di mata. Kamu mungkin juga menemukan akumulasi untaian lendir seperti benang yang keluar dari mata.

Selain itu, ada beberapa penyebab lain lagi mata sering gatal saat pakai lensa kontak, diantaranya adalah:

1. Alergi

Alergi adalah penyebab umum mata gatal, termasuk ketika menggunakan lensa kontak. Jika mata gatal disertai dengan bersin dan hidung tersumbat, alergi mungkin menjadi penyebabnya.

Saat terpapar alergen, seperti serbuk sari, rumput, atau bulu hewan peliharaan, tubuh segera beralih ke mode defensif dalam upaya untuk menyingkirkan zat asing tersebut. Meskipun alergen ini tidak berbahaya, tubuh tidak melihatnya demikian.

Pada akhirnya tubuh menghasilkan histamin, bahan kimia yang memicu respons alergi yang dirancang untuk menghilangkan alergen sesegera mungkin. Saat histamin membanjiri tubuh, mata akan berair dan gatal. Gejala bisa lebih buruk ketika kamu menggunakan lensa kontak, karena lensa dapat menjebak alergen.

Alergi terhadap larutan pembersih lensa kontak dan lensa itu sendiri juga dapat menyebabkan gatal. Ingatlah bahwa alergi dapat berkembang kapan saja dalam hidup. Hanya karena kamu tidak pernah memiliki alergi di masa lalu, bukan berarti itu bukan penyebab mata gatal.

2. Dermatitis Kontak

Terkadang gatal terjadi setelah kamu bersentuhan langsung dengan alergen atau iritan. Misalnya, riasan dan produk lain yang dikenakan di wajah dapat menyebabkan dermatitis kontak. Jika kamu mengalami kondisi ini, ruam gatal akan muncul ketika kulit menyentuh alergen atau iritan.

3. Mata Kering

Mata kering adalah penyebab umum mata sering gatal saat mengenakan lensa kontak. Gejala mata kering lainnya termasuk mata terasa robek, terbakar atau perasaan bahwa sesuatu yang tersangkut di mata..

4. Blefaritis

Blefaritis atau peradangan kelopak mata, sering menyertai mata kering, tetapi juga bisa terjadi dengan sendirinya. Jika kamu mengidap blefaritis mungkin kamu akan melihat endapan berkerak atau serpihan seperti ketombe di kelopak mata, selain kelopak mata yang gatal, mata berair, rasa terbakar, perih, dan sensasi benda asing.

Penanganan Mata Gatal saat Mengenakan Lensa Kontak

Jika kamu sering mengalami gatal pada mata saat menggunakan lensa kontak, berikut ini adalah beberapa tips untuk penanganannya:

1. Membersihkan Lensa Kontak Secara Rutin

Membersihkan lensa kontak secara rutin dapat membantu menghilangkan alergen.

2. Minum Obat Alergi

Obat alergi dapat mencegah histamin yang memicu gatal. Minum obat setiap hari selama musim alergi dapat membantu menghindari mata gatal.

3. Mengompres Mata

Kompres hangat akan menenangkan mata gatal dan membantu menghilangkan kerak yang disebabkan oleh blefaritis.

4. Kenakan Kacamata 

Jika kamu terus memakai lensa kontak ketika mata gatal dan tidak nyaman, ini akan membuat gejala semakin memburuk. Mengenakan kacamata bisa menjadi solusi dan jeda untuk mata beristirahat.

5. Jangan Menggosok Mata

Meskipun menggosok mata mungkin membuat mata merasa lebih baik, tapi ini hanya sementara saja. Menggosok dan menggaruk mata hanya akan meningkatkan iritasi. Jika mata semakin sering mengalami gatal, konsultasikan ke dokter menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
American Eye Care. Diakses pada 2022. Itchy Eyes And Contact Lenses: What To Do When The Itch Won’t Stop.
Health Direct. Diakses pada 2022. Itchy Eyes.