Mata Terasa Sakit saat Berkedip, Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mata Terasa Sakit saat Berkedip, Ini Penyebabnya

Halodoc, Jakarta - Pernah merasa mata terasa sakit saat berkedip? Meski terbilang kondisi yang ringan, tapi sebaiknya jangan menyepelekan masalah ini. Sebab, bisa saja mata sakit saat berkedip menandai adanya penyakit mata yang mungkin saja diidap.

Sebenarnya banyak hal yang bisa menyebab mata sakit saat berkedip. Mulai dari infeksi, terpapar debu, hingga hal lainnya. Tak cuma itu saja, kondisi ini juga bergantung dengan aktivitas sehari-hari. Misalnya, durasi bekerja di depan komputer atau penggunaan lensa kontak.

Mata yang terasa sakit saat berkedip ini pastinya akan menyebabkan rasa kurang nyaman pada mata. Lalu, apa sih hal-hal yang bisa menyebabkan mata sakit saat berkedip?

Baca juga: 7 Penyakit Tak Biasa Pada Mata

1. Konjungtivitis

Dalam dunia medis mata merah juga dikenal dengan konjungtivitis, kondisi peradangan pada konjungtiva. Konjungtiva ini sendiri merupakan bagian dari selaput bening yang melapisi bagian depan mata. Nah, ketika seseorang mengidap penyakit mata ini, bagian mata yang seharusnya berwarna putih akan terlihat merah. Alasannya karena peradangan pada pembuluh darah kecil di konjungtiva.

Umumnya, penyakit mata ini disebabkan oleh infeksi. Bisa karena bakteri ataupun virus. Di samping itu, reaksi alergi juga bisa memicu terjadinya kondisi ini. Biasanya keluhan ini hanya menyerang satu mata, tapi setelah beberapa jam bisa menjangkiti kedua mata.

2. Bintitan

Bintitan merupakan kondisi saat bintil menyakitkan yang berbentuk, seperti jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata. Sebagian besar bintitan hanya muncul pada salah satu mata. Kondisi ini juga umumnya tidak berdampak buruk pada kemampuan penglihatan pengidap. Dalam kebanyakan kasus, bintitan disebabkan oleh infeksi bakteri.

3. Blepharitis

Kondisi yang satu ini merupakan peradangan mata yang bisa mengakibatkan pengerasan kulit sepanjang garis mata. Blepharitis ini juga bisa menandai adanya alergi yang diidap seseorang.

Menurut direktur Cornea Service and Refractive Surgery Center pada Icahn School of Medicine di Mount Sinai, New York City, ketika alergi, mata mungkin lebih berair dan membuat kerak menempel semakin banyak dan menyebabkan peradangan. Nah, kerak dan peradangan inilah yang bisa menyebabkan mata sakit saat berkedip.

Baca juga: Blefaritis Menahun Dapat Sebabkan Mata Kering

4. Sindrom Mata Kering

Sindrom mata kering juga bisa menjadi penyebab mata sakit saat berkedip. Kondisi ini terjadi ketika produksi air mata terganggu. Nah, kondisi ini bisa menyebabkan mata terasa sakit, kering, dan perih. Ketika seseorang mengidap kondisi ini, maka matanya tak bisa menghilangkan debu atau benda asing yang mengganggu mata.

Selain keempat hal di atas, ada pula beberapa hal lainnya yang bisa menyebabkan mata sakit saat berkedip. Contohnya:

  • Mata lelah (kelelahan pada mata) karena menatap layar gadget, membaca, dan membawa kendaraan terlalu lama .

  • Keratitis, infeksi pada kornea.

  • Gangguan refraksi.

  • Glaukoma

  • Skleritis, peradangan pada sklera.

  • Infeksi pada bagian mata yang lain.

Nah, karena ada banyak hal yang bisa menyebabkan mata sakit saat berkedip, maka perlu ditelisik dengan pemeriksaan fisik pada mata. Maka dari itu, bila kondisi ini tak kunjung membaik, cobalah kunjungi dokter spesialis mata untuk melakukan pemeriksaan langsung. Kamu bisa langsung membuat appointment dengan dokter spesialis yang kamu inginkan melalui aplikasi Halodoc. Mudah bukan? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!