• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengapa Vaksin Penting untuk Diberikan pada Kucing?

Mengapa Vaksin Penting untuk Diberikan pada Kucing?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Jika kamu pernah mendengar “kucing punya sembilan nyawa”, maka ini adalah mitos. Jangan sampai hanya karena mitos ini kamu tidak merawat kesehatan kucing dengan baik. Khususnya dalam memberikan vaksin. Pemberian vaksin penting untuk kesehatan dan umur panjang kucing secara keseluruhan. 

Vaksin kucing terbukti secara medis untuk memerangi inkubasi dan penularan penyakit kucing yang dapat melumpuhkan dan fatal. Baik kamu memiliki anak kucing atau kucing dewasa, maka kamu perlu memberikannya vaksin. Biasanya vaksin juga tergantung pada usia, kesehatan secara keseluruhan dan gaya hidup kucing. 

Baca juga: Bahaya Cakaran Kucing yang Perlu Diwaspadai

Alasan Vaksin Penting untuk Kucing

Perlu disadari bahwa memberi vaksin untuk kucing adalah salah satu tindakan kasih sayang dan bertanggung jawab sebagai pemilik kucing yang menyayanginya peliharaannya. Namun, masih ada pemilik kucing yang ragu dan bertanya-tanya apakah vaksin kucing benar-benar diperlukan. Terutama untuk kucing yang tidak pernah keluar rumah. Jadi, apa alasan vaksin kucing penting diberikan?

Vaksin penting diberikan untuk mencegah kucing dari berbagai penyakit. Vaksinasi adalah bagian penting dari perawatan kesehatan dan pencegahan penyakit untuk kucing. Kucing yang sehari-harinya hanya di dalam rumah dapat terpapar penyakit serius, karena banyak penyakit yang bisa menyebar melalui udara. 

Hanya dengan membuka jendela rumah, sudah bisa mengekspos kucing peliharaan kamu dari penyakit yang ditularkan melalui udara. Kucing mungkin bisa terpapar penyakit saat perjalanan rutin ke dokter hewan atau fasilitas hewan peliharaan lainnya. Dengan menjalani serangkaian vaksinasi kucing, kamu dapat memastikan bahwa kucing kamu terlindungi dan aman. 

Baca juga: 3 Hewan Rumahan yang Bisa Membawa Penyakit

Vaksin Kucing yang Direkomendasikan

Untuk pemberian vaksin kucing, kamu perlu berdiskusi terlebih dulu pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc tentang jadwal yang disarankan. Jadwal vaksin juga mempertimbangkan gaya hidup dan kebutuhan khusus kucing.

Kucing dalam ruangan mungkin tidak memerlukan vaksin yang sama dengan kucing luar ruangan, misalnya karena risiko terpapar penyakit tertentu lebih kecil di dalam ruangan. 

Biasanya anak kucing harus mulai mendapatkan vaksin saat usianya 6 hingga 8 minggu sampai mereka berusia sekitar 16 minggu. Kucing dewasa lebih jarang membutuhkan vaksin, biasanya hanya setiap tahun atau setiap tiga tahun, tergantung pada berapa lama vaksin dirancang untuk bertahan. 

Inilah vaksin dasar yang biasanya direkomendasikan untuk semua kucing:

  • Panleukopenia. Vaksin ini dikenal sebagai feline parvovirus atau feline distemper. Virus panleukopenia adalah penyakit virus yang mengancam jiwa yang menyebar dengan cepat melalui populasi kucing yang tidak divaksinasi. Penyakit ini mempengaruhi sel-sel yang membelah dengan cepat di dalam tubuh serta dapat menyebabkan muntah dan diare.
  • Vaksin Herpes Kucing. Ini adalah infeksi saluran pernapasan atas yang diakibatkan virus. Penyakit herpes kucing sangat menular dan bisa menyebabkan pneumonia, khususnya pada anak kucing. 
  • Calicivirus. Ini adalah penyakit pernapasan virus lainnya, yang juga mempengaruhi usus dan sistem muskuloskeletal. 

Baca juga: Cara Merawat Kucing Peliharaan agar Tak Terjangkit Toksoplasmosis

Ada juga vaksin tambahan yang mungkin diperlukan, yaitu:

  • Klamidia: Vaksin untuk bakteri, sering menjadi bagian dari suntikan FVRCP.
  • Leukemia Kucing: Infeksi virus yang serius dapat menyebar melalui banyak cairan tubuh seperti air liur, feses, urine, dan susu. Vaksin ini direkomendasikan untuk kucing yang menghabiskan waktu di luar rumah. 
  • Bordetella: Kucing yang sering ke salon atau tinggal di kandang penitipan harus divaksinasi untuk mencegah infeksi menyebar dengan cepat, terutama di tempat yang banyak hewan lainnya. 

Meskipun beberapa dari penyakit kucing tidak fatal, namun dapat dicegah dengan vaksinasi. Sebagai pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab, kamu bisa membantu kucing menghindari ketidaknyamanan ini dengan mengikuti jadwal vaksinasi yang disarankan. 

Referensi:
Knose. Diakses pada 2020. Is Cat Vaccination Really Necessary
WebMD. Diakses pada 2020. What to Know About Cat Vaccinations
Rau Animal Hospital. Diakses pada 2020. Cat Vaccinations - Everything You Should Know