• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal 6 Manfaat Tanaman Kumis Kucing bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal 6 Manfaat Tanaman Kumis Kucing bagi Kesehatan

Mengenal 6 Manfaat Tanaman Kumis Kucing bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Agustus 2022

“Tanaman kumis kucing telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Dua di antaranya adalah diabetes dan penyakit asam urat.”

Mengenal 6 Manfaat Tanaman Kumis Kucing bagi KesehatanMengenal 6 Manfaat Tanaman Kumis Kucing bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Kumis kucing adalah jenis tanaman hias sekaligus tanaman herbal dengan tinggi sekitar satu sampai dua meter. Tanaman ini dapat tumbuh dengan optimal pada wilayah dengan iklim ringan, tanah kering dengan kadar organik tinggi. 

Selain itu, tanaman kumis kucing juga bisa tumbuh baik meski terpapar sinar matahari langsung. Kamu bisa mendapati tanaman ini dengan mudah di tepi hutan. Namun, tidak menutup kemungkinan kumis kucing juga tumbuh di lahan yang terbengkalai atau tepi jalan. 

Nah, pertanyaannya apa saja sih manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan?

Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Kesehatan

Studi dalam Journal of Pharmacy & Bioallied Sciences menyebutkan, tanaman dengan nama latin Orthosiphon stamineus ini memiliki banyak senyawa dan kandungan alami yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Beberapa di antaranya yaitu:

  1. Obat Alami Asam Urat

Studi dalam Frontiers in Pharmacology menuliskan, tanaman kumis kucing dapat membantu mengobati penyakit asam urat. Ini berkat kandungan fenolik dan flavonoid yang tinggi. Keduanya senyawa ini bersifat antiperadangan yang menghambat terbentuknya asam urat, dan membantu mengeluarkan asam urat bersama urine. 

Tak hanya itu, tanaman herbal ini juga diyakini memiliki manfaat untuk meningkatkan kerja ginjal. Belum lagi dengan khasiatnya dalam membantu memperbaiki ginjal yang mengalami kerusakan karena tingginya kadar asam urat. 

  1. Obat Alami Penurun Gula Darah

Tanaman kumis kucing juga banyak dimanfaat sebagai obat alami untuk penurun kadar gula darah yang efektif bagi pengidap diabetes. Studi dalam jurnal Molecules menyebutkan, kumis kucing menunjang pembentukan hormon insulin sekaligus membantu meningkatkan kerja hormon tersebut untuk mengendalikan kadar gula darah. 

  1. Obat Alami Penurun Tekanan Darah

Manfaat lainnya adalah menjadi obat alami untuk membantu menurunkan tekanan darah bagi pengidap hipertensi. Ini karena tanaman kumis kucing mengandung sinensetin yang bekerja aktif sebagai antioksidan, serta bersifat diuretik yang cukup kuat. 

Sifat tersebut akan membantu penurunan kadar natrium yang berlebih dalam tubuh lewat urine. Dengan demikian, tekanan darah secara alami akan ikut berkurang.

  1. Obat Alami Gangguan Menstruasi

Kerap mengalami perdarahan atau nyeri berlebihan saat menstruasi? Kamu bisa menggunakan tanaman kumis kucing untuk meringankan gejala tersebut. Konsumsi ekstrak kumis kucing secara rutin diketahui mampu membantu menurunkan kadar hormon prostaglandin dalam tubuh. Hormon inilah yang menjadi penyebab nyeri saat menstruasi.

  1. Membantu Menjaga Jantung Tetap Sehat

Tak hanya membantu menurunkan kadar gula dalam darah, daun kumis kucing juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar trigliserida sekaligus meningkatkan kolesterol baik. 

Apabila dikaitkan manfaatnya dengan efek antidiabetes, penurunan lemak dan kolesterol jahat, kumis kucing sangat baik untuk melindungi organ jantung dari berbagai masalah kesehatan kronis. 

  1. Obat Alami Rematik

Kumis kucing juga dimanfaatkan untuk obat alami rematik, terlebih pada rheumatoid arthritis. Lagi-lagi, ini berkat kandungan flavonoid dan fenolik yang membantu menurunkan respons imunitas yang berlebih pada pengidap rheumatoid arthritis. 

Tak hanya itu, kedua senyawa ini diyakini juga dapat memberikan perlindungan, terhadap jaringan lunak dan tulang rawan dari risiko peradangan. Sebab tanaman ini memiliki sifat antiperadangan alami yang kuat. 

Itulah beberapa manfaat tanaman kumis kucing untuk menunjang kesehatan tubuh. Namun, kamu juga tidak boleh melewatkan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Buat janji periksa kesehatan ke rumah sakit sekarang lebih mudah pakai Halodoc. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di ponselmu, gratis dari App Store maupun Play Store. 

Referensi:
Journal of Pharmacy & Bioallied Sciences. Diakses pada 2022. Orthosiphon Stamineus Benth. Is an Outstanding Food Medicine: Review of Phytochemical and Pharmacological Activities.
Frontiers in Pharmacology. Diakses pada 2022. Anti-gout Potential of Malaysian Medicinal Plants.
Molecules. Diakses pada 2022. A Systematic Review of Orthosiphon stamineus Benth. in the Treatment of Diabetes and Its Complications.