• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Biseksual, Ketertarikan pada Pria dan Wanita
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Biseksual, Ketertarikan pada Pria dan Wanita

Mengenal Biseksual, Ketertarikan pada Pria dan Wanita

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 September 2022

“Biseksualitas berasal dari kata ‘bi’ yang artinya ‘dua’ di mana hal ini merupakan ketertarikan pada lebih dari satu jenis kelamin. Hingga saat ini, biseksualitas kerap disalahartikan atau memiliki makna yang tertukar dengan panseksualitas.”

Mengenal Biseksual, Ketertarikan pada Pria dan WanitaMengenal Biseksual, Ketertarikan pada Pria dan Wanita

Halodoc, Jakarta – Orientasi seksual merupakan istilah sekaligus klasifikasi pola ketertarikan seksual seseorang terhadap orang lain. Hingga saat ini, orientasi seksual sendiri digolongkan menjadi beberapa jenis. Mulai dari heteroseksual (menyukai lawan jenis), homoseksual (menyukai sesama jenis) hingga biseksual. Perlu diketahui bahwa sebagian masyarakat di negara tertentu menganggap heteroseksual dan biseksual sebagai penyimpangan seksual. 

Namun, khusus orientasi biseksual, mungkin masih belum banyak dipahami oleh banyak orang. Karena itu, tidak ada salahnya untuk mengenal dan memahami orientasi seksual tersebut. Yuk, simak penjelasannya di sini! 

Mengenal Biseksual 

Biseksualitas berasal dari kata ‘bi’ yang artinya ‘dua’ di mana hal ini merupakan ketertarikan pada lebih dari satu jenis kelamin. Artinya, mereka yang mengidentifikasi diri memiliki orientasi seksual sebagai biseksual, akan merasakan ketertarikan seksual dan/atau romantis kepada orang-orang dari jenis kelamin yang berbeda serta mereka sendiri. Meskipun ini menawarkan definisi dasar, orang biseksual adalah kelompok yang beragam. Setiap individu mempersepsikan orientasi seksualnya berbeda-beda. 

Beberapa mungkin sama-sama tertarik pada pria dan wanita. Sementara itu, kaum biseksual lain memiliki ketertarikan yang lebih kuat terhadap satu jenis kelamin di atas yang lain. Seorang biseksual mungkin berada dalam hubungan sesama jenis atau heteroseksual jangka panjang, atau mereka mungkin bergantian di antara keduanya.

Sering Disalahartikan 

Hingga saat ini, biseksualitas kerap disalahartikan atau memiliki makna yang tertukar dengan panseksualitas. Panseksualitas sendiri merupakan orien ketika seseorang tertarik pada semua jenis kelamin, termasuk cisgender, transgender, agender, non-biner, dan individu lain yang tidak sesuai gender. Definisi ini mungkin tampak sangat mirip, tetapi ada perbedaan yang jelas. Biseksual berarti tertarik pada banyak jenis kelamin, sedangkan panseksual berarti tertarik pada semua gender. 

Perlu diketahui bahwa konsep gender tidak merujuk pada jenis kelamin tertentu (laki-laki atau perempuan). Sebab, konsep gender berbeda dengan jenis kelamin, karena gender merupakan konsep yang dipergunakan untuk menggambarkan peran dan relasi sosial. Baik pada mereka yang berjenis kelamin laki-laki atau perempuan. 

Adakah Risiko Kesehatan dari Menjadi Biseksual?

Mereka yang memiliki orientasi seks biseksual cenderung terlibat dalam hubungan seksual lebih dari satu orang dengan jenis kelamin berbeda. Selayaknya homoseksual atau heteroseksual yang kerap berganti pasangan, seorang biseksual yang kerap berganti-ganti pasangan juga berisiko terkena berbagai penyakit menular seksual, seperti:  

1. HIV atau AIDS

Human immunodeficiency virus (HIV) adalah penyakit yang merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Akibatnya, kemampuan tubuh dalam melawan infeksi akan terganggu, sehingga pengidap HIV akan rentan mengalami berbagai penyakit. Ketika HIV tidak ditangani dengan tepat, penyakit ini akan berujung pada acquired immunodeficiency syndrome (AIDS). Di mana penyakit tersebut merupakan kondisi kronis yang berpotensi mengancam keselamatan jiwa. 

2. Sifilis 

Sifilis atau yang dikenal dengan istilah raja singa merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini tidak dapat disepelekan, karena jika tidak segera ditangani, bakteri yang menginfeksi dapat membahayakan sistem saraf dan jantung. 

3. Gonore

Gonore merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri melalui seks anal atau seks oral. Pada pria, gonore dapat menimbulkan gejala kencing nanah dan sakit saat buang air kecil. Sementara itu, pada wanita, gejalanya dapat berupa keputihan parah, hingga keluar darah dari vagina ketika berhubungan seks. 

Itulah penjelasan mengenai biseksual atau ketertarikan pada pria dan wanita. Demi mencegah penyakit menular seksual berbahaya, disarankan untuk menghindari perilaku ini. Selain itu, pastikan untuk senantiasa memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin. Hal ini bertujuan agar penyakit berbahaya (khususnya yang menular melalui kontak seksual) dapat terdeteksi sedari dini. 

Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit untuk memeriksakan kondisimu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. What Does It Mean to Be Bi or Bisexual?
WebMD. Diakses pada 2022. What Is Bisexual?
BPPK Kemenkeu. Diakses pada 2022. KONSEP GENDER. 
Halodoc. Diakses pada 2022. Pahami Risiko Kesehatan Menjadi Seorang Bisexual.