• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Latihan untuk Menjaga Kebugaran Jasmani

Mengenal Latihan untuk Menjaga Kebugaran Jasmani

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Latihan fisik atau olahraga adalah aktivitas fisik yang bermanfaat untuk kebugaran jasmani. Setiap orang bisa menjaga kebugaran jasmani dengan melakukan latihan ringan, seperti jalan-jalan, bersepeda, hingga berenang. Rutin melakukan latihan fisik juga penting untuk mencegah berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya. 

Meskipun kamu bukan seorang atlet atau olahragawan serius, sebaiknya tetap memerlukan latihan fisik. Setiap orang bisa menyesuaikan diri dengan latihan fisik yang dijalani agar tidak merasa terbebani. Beberapa latihan fisik yang sederhana tetap bisa memberikan manfaat untuk kebugaran jasmani. 

Baca juga: Cara Mudah Mengecilkan Perut dengan Berjalan Kaki

Latihan Fisik untuk Kebugaran Jasmani

Berapa pun usia atau tingkat kebugaran jasmani seseorang, latihan fisik berikut ini adalah yang terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan:

1. Berenang

Berenang melibatkan daya apung air yang menopang tubuh dan menghilangkan ketegangan sendi yang sakit, dengan begitu tubuh bisa bergerak lebih lancar. Berenang baik untuk pengidap arthritis karena tidak menahan beban. Berenang juga baik untuk meningkatkan kondisi mental dan membuat suasana hati jadi lebih baik. Selain itu berenang juga membakar kalori dan mengencangkan tubuh. 

2. Latihan Kekuatan 

Mengangkat beban ringan tidak akan membuat otot menjadi besar, tapi akan membuat otot tetap kuat. Jika kamu tidak rutin menggunakan otot dengan angkat beban, maka otot akan kehilangan kekuatannya seiring berjalannya waktu. Otot juga berperan dalam membakar kalori. Semakin banyak otot yang dimiliki, semakin banyak kalori yang terbakar, sehingga lebih muda untuk menjaga berat badan dan kebugaran jasmani. 

Untuk latihan otot, kamu bisa memulai dengan beban yang ringan, misalnya 1 - 2 kilogram. Setelah itu usahakan untuk meningkatkan beban setiap hari atau minggu. Lama-kelamaan kamu mampu mengangkat beban 10 kali lebih berat dengan mudah. 

Baca juga: Ini yang Terjadi saat Tubuh Kurang Olahraga

3. Berjalan Kaki

Jalan kaki adalah latihan fisik yang sederhana, namun bertenaga. Latihan fisik ini bisa membantu tubuh langsing, memperkuat tulang, menjaga tekanan darah tetap terkendali, meningkatkan suasana hati, sehingga kebugaran jasmani tetap terjaga.

Untuk berjalan kaki, yang dibutuhkan adalah sepasang sepatu yang pas dan mendukung. Mulailah berjalan kaki sekitar 10 hingga 15 menit setiap kali. Seiring waktu, kamu bisa berjalan kaki lebih jauh dan lebih cepat. 

4. Latihan Kegel

Latihan fisik baik dilakukan untuk memperkuat otot dasar panggul yang menopang kandung kemih. Otot dasar panggul yang kuat bisa mencegah inkontinensia urine. Meskipun wanita lebih akrab dengan latihan kegel, namun sebenarnya juga bermanfaat bagi pria. 

Untuk melakukan senam kegel dengan benar, tekan otot-otot yang akan kamu gunakan untuk mencegah diri buang air kecil atau kembung. Tahan kontraksi selama dua atau tiga detik, lalu lepaskan. Pastikan untuk benar-benar mengendurkan otot dasar panggul setelah kontraksi. Ulangi sebanyak 10 kali, dan cobalah untuk melakukan 4 hingga 5 set sehari. 

Baca juga: 5 Alasan Olahraga Bisa Meningkatkan Kecantikan

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, kanker, osteoporosis, dan sebagainya. Dampak terburuk yaitu peningkatan risiko kematian dini dari semua penyebab, termasuk komplikasi kelebihan berat badan dan obesitas. 

Itulah yang perlu diketahui tentang latihan untuk menjaga kebugaran jasmani. Jika kebugaran jasmani terasa bermasalah, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2021. 5 of the best exercises you can ever do
Medical News Today. Diakses pada 2021. What to know about exercise and how to start