• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Neem, Herba Alami untuk Skincare dan Khasiatnya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Neem, Herba Alami untuk Skincare dan Khasiatnya

Mengenal Neem, Herba Alami untuk Skincare dan Khasiatnya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 22 November 2022

“Banyak skincare memiliki kandungan neem, karena memiliki beragam khasiat untuk kulit. Tanaman herbal ini bisa jadi obat ampuh untuk jerawat.”

Mengenal Neem, Herba Alami untuk Skincare dan KhasiatnyaMengenal Neem, Herba Alami untuk Skincare dan Khasiatnya

Halodoc, Jakarta – Neem sangat populer sebagai tanaman obat. Daun dan ekstraknya memiliki sifat antiseptik, antiinflamasi, antioksidan, dan penyembuhan. Tanaman yang sangat baik ini merupakan sumber asam lemak, vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit dan rambut. 

Selain itu, neem juga mengandung konstituen aktif seperti nimbidin, nimbolide dan azadirachtin. Zat tersebut memiliki khasiat obat luar biasa yang dapat membantu menyingkirkan setiap masalah kulit dan rambut. Tak heran jika neem sering ada pada berbagai produk skincare

Manfaat Neem untuk Perawatan Kulit

Neem adalah bahan yang luar biasa yang membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Dalam skincare, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan:

1. Mengobati jerawat

Daun neem adalah obat rumahan untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Karena tanaman herbal ini menunjukkan sifat antibakteri, mereka membantu menjaga kulit bebas dari bakteri penyebab jerawat dan dengan demikian mengurangi jerawat. 

Minyak ekstraksi daun neem adalah minyak yang menyejukkan, mengeringkan, dan non-komedogenik. Ini bisa kamu gunakan untuk menghilangkan minyak berlebih dari wajah dan menjaganya tetap bersih dan bebas minyak. 

Kamu dapat menggunakan minyak neem murni sebagai pengobatan spot untuk melawan jerawat. Untuk menggunakannya sebagai minyak wajah, encerkan beberapa tetes dalam air atau minyak pembawa apa pun seperti jojoba atau minyak zaitun. Lalu oleskan pada wajah setiap malam sebelum tidur untuk mendapatkan kulit yang bersih dan halus.

2. Menenangkan kulit yang teriritasi

Neem memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat menenangkan kulit yang teriritasi. Dengan efek pendinginan pada kulit, bahan ini bermanfaat untuk merawat sensitivitas kulit. Selain itu, bahan ini juga dapat memberikan efek menenangkan pada kulit yang dehidrasi atau kering.

3. Melawan tanda-tanda penuaan

Daun neem mengandung antioksidan, pelembap, dan vitamin E, yang menjadikannya perawatan antipenuaan yang ideal. Ini bisa mengurangi munculnya kerutan, garis halus, dan bintik hitam pada kulit wajah. Membuat kulit terlihat lebih kencang.

4. Mengatasi Komedo

Penggunaan neem dalam skincare dapat membantu untuk menghilangkan whiteheads dan blackheads, jika kamu menggunakannya secara teratur. Ini dapat menarik kembali pori-pori besar, dan bekerja sebagai agen eksfoliasi untuk mengeluarkan kotoran dan mengencangkan pori-pori.

5. Melembabkan Kulit

Jangan kira daun neem hanya cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sebab, daun ini dapat melembapkan kulit kering. Karena ini mengandung asam lemak esensial dan vitamin E, yang terkenal dapat membuat kulit yang sangat kering menjadi lembap dan tampak kenyal.

Daun ini juga dapat mengembalikan kelembapan yang hilang dan mengurangi pengelupasan dan kekeringan ekstrem. Selain itu, ini juga membantu memperbaiki tekstur kulit, menjadikannya bercahaya dan sehat. Gunakan minyak neem setiap malam sebelum tidur untuk kulit halus dan terhidrasi. 

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan

Karena alami, neem cukup aman bagi kulit. Namun, kamu perlu waspada jika memiliki kulit sensitif atau kelainan kulit seperti eksim. Jika ini pertama kalinya kamu menggunakan skincare dengan bahan neem, mulailah dengan mencoba sedikit pada area kecil kulit, jauh dari wajah.

Jika timbul kemerahan atau gatal, coba encerkan minyak ini atau hentikan penggunaannya. Gatal-gatal, ruam parah, atau kesulitan bernapas bisa menjadi tanda reaksi alergi. Hentikan penggunaan minyak ini segera dan konsultasikan dengan dokter jika kondisi berlanjut.

Itulah pembahasan mengenai manfaat neem bagi kulit, dan hal yang perlu kamu perhatikan. Jika kamu mengalami masalah kulit setelah mencoba skincare apa pun, segera download Halodoc untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter spesialis kulit.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Bebeautiful. Diakses pada 2022. 9 Amazing Benefits Of Neem Leaves For Your Skin And Hair.
Healthline. Diakses pada 2022. Can You Use Neem Oil for Skin Care?
NDTV. Diakses pada 2022. Neem Benefits: From Acne-Free Skin To Better Hair Growth, Know All The Beauty Benefits Of These Leaves.