• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INTJ

Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INTJ

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INTJ

“Kepribadian INTJ dibedakan menjadi 2, yaitu INTJ-A (arsitek asertif) dan INTJ-T (arsitek turbulen). Perbedaan identitas ini mungkin mempengaruhi setiap bagian dari kehidupan mereka dalam beberapa cara. Namun secara umum pemilik kepribadian INTJ memiliki karakter introvert, ambisius, logis, rasional, dan suka membuat perencanaan.”

Halodoc, Jakarta – INTJ (introvert, intuitive, thinking, and judging) adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian yang diidentifikasikan oleh penilaian kepribadian yang disebut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Terkadang, kepribadian INTJ ini disebut sebagai “arsitek” atau “strategis”. Dengan kata lain, orang-orang dengan kepribadian INTJ sangat analitis, kreatif, dan logis 

Menurut psikolog David Keirsey, pengembang Keirsey Temperament Sorter, sekitar 1 hingga 4 persen populasi di Amerika Serikat memiliki tipe kepribadian INTJ. Sementara itu, MBTI merupakan salah satu penilaian psikologis yang paling populer. Namun, para kritikus berpendapat bahwa penilaian tersebut tidak memiliki validitas dan reliabilitas. Jika kamu melakukan tes kepribadian MBTI, pastikan untuk berhati-hati ketika mempertimbangkan arti dari hasilnya. 

Baca juga: 4 Tes Psikologi untuk Mengetahui Kemampuan Diri

Karakter dan Tipe Kepribadian INTJ

Kepribadian INTJ dibedakan menjadi 2, yaitu INTJ-A (arsitek asertif) dan INTJ-T (arsitek turbulen). Baik INTJ-A dan INTJ-T memiliki kesamaan dan menghargai hal yang sama, tapi dengan sentuhan yang menambah nuansa fungsional yang penting pada ekspresi kualitas “arsitek” mereka.

Perbedaan identitas ini mungkin mempengaruhi setiap bagian dari kehidupan mereka dalam beberapa cara. Namun, secara umum berikut karakter tipe INTJ secara keseluruhan:

  1. Introvert
introvert

Pemilik kepribadian INTJ adalah seorang introvert atau penyendiri. Mereka lebih suka menghabiskan waktu sendiri daripada bersama orang lain. Meskipun begitu, bukan berarti pemilik kepribadian INTJ tidak suka bersosialisasi. Mereka lebih suka berinteraksi dengan keluarga atau teman-teman terdekatnya. 

  1. Pembuat Rencana
pembuat rencana

Pemilik kepribadian INTJ umumnya suka memikirkan masa depan dan mengeksplorasi berbagai kemungkinan. Itulah sebabnya pemilik kepribadian INTJ ahli dalam merencanakan jangka panjang dan membuat sistem. 

  1. Mengutamakan Logika
mengutamakan logika

Pemilik kepribadian INTJ selalu berpikir sebab dan akibat. Ketika berhadapan pada situasi yang mengharuskan untuk mengambil keputusan, ia akan berpikir logis dan objektif. Mereka juga mampu mengambil hikmah atau makna dari segala hal yang terjadi pada kehidupannya. 

Baca juga: Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INFJ

  1. Rasional
rasional

Dibandingkan emosional, pemilik kepribadian INTJ lebih mengutamakan rasional. Bagi INTJ, hampir semua situasi dapat dijadikan peluang untuk memperbanyak pengetahuan dan kemampuan berpikir. Itulah sebanyak pemilik kepribadian INTJ bisa menemukan berbagai solusi inovatif untuk setiap masalah yang dihadapi. 

  1. Ambisius
ambisus

Pemilik kepribadian INTJ sangat berorientasi pada tujuan dan ambisius. Mereka memiliki visi dan misi yang jelas untuk masa depannya. Selain itu, ia mempunyai rencana yang jelas tentang bagaimana agar tujuannya tercapai. 

Nah, itulah yang perlu diketahui mengenai tipe kepribadian INTJ. Mungkin kamu pernah melakukan tes MBTI dan untuk mengetahui hasil tipe kepribadian diri kamu. Meskipun begitu, sebaiknya tetap perlu hati-hati dalam mempertimbangkan hasilnya. Tipe-tipe kepribadian ini bukanlah sebuah diagnosa atas karakteristik pasti mengenai dirimu. 

Baca juga: Akuratkah Tes Kepribadian dengan MBTI?

Jika kamu kesulitan menemukan potensi diri kamu, sebaiknya diskusikan pada psikolog melalui aplikasi Halodoc kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2021. INTJ: The Architect (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging)
16 Personalities. Diakses pada 2021. Architect Personality INTJ-A / INTJ-T