07 June 2018

Menjaga Pola Makan Sehat selama Puasa

Menjaga Pola Makan Sehat selama Puasa

Halodoc, Jakarta – Selama puasa, akan terjadi perubahan jadwal makan. Yang semula dilakukan pada pagi, siang, dan malam hari, kini berubah menjadi di waktu dini hari dan malam hari. Oleh sebab itu, kamu perlu menjaga pola makan sehat saat sahur dan berbuka. Dengan begitu, kamu bisa tetap beraktivitas lancar meskipun sedang berpuasa.

(Baca juga: 5 Tips Sahur Bagi Pengidap Mag)

Pola Makan saat Sahur

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk menjaga pola makan sehat saat di waktu sahur. Ini dilakukan agar kamu tidak mudah lapar dan tetap fit beraktivitas saat puasa. Lantas, apa saja pola makan yang disarankan saat sahur?

  • Pilih makanan yang dapat bertahan lama di tubuh, terutama yang bergizi seimbang (mengandung karbohidrat, protein, dan lemak). Asupan ini dapat mempertahankan kadar gula darah tetap stabil selama puasa, sehingga kamu tidak mudah merasa lapar.
  • Batasi konsumsi gorengan. Lebih baik kamu mengolah makanan secara dikukus atau direbus. Sebab, terlalu banyak konsumsi gorengan bisa membuat kamu mudah merasa haus. (Baca juga: Gorengan saat Puasa, Kenapa Harus Dibatasi?)
  • Sediakan kudapan manis, terutama yang berasal dari buah-buahan. Asupan gula alami ini bisa menjaga kestabilan kadar gula darah saat puasa.
  • Perbanyak minum air putih, setidaknya dua gelas saat sahur agar kamu tetap terhidrasi selama puasa.
  • Hindari tidur setelah sahur. Jika dibiasakan, kebiasaan ini bisa memicu peningkatan asam lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas, kembung, dan mag. (Baca juga: Tidur Setelah Sahur, Bolehkah?)

Pola Makan saat Berbuka

Meskipun lapar, kamu tidak boleh makan sembarangan saat berbuka. Berikut ini adalah pola makan yang disarankan saat berbuka:

  • Berbuka dengan perlahan. Awali dengan kudapan manis, terutama yang berasal dari buah-buahan seperti buah kurma, melon, semangka, dan jeruk. Ini dilakukan untuk menaikkan kembali kadar gula darah yang turun selama puasa.
  • Jangan makan berlebihan. Sebab, makan secara berlebihan bisa membuat kamu mengantuk dan malas untuk beraktivitas setelah berbuka. (Baca juga: Dampak Makan Berlebihan Ketika Berbuka Puasa)
  • Setelah berbuka dengan takjil, sebaiknya jangan langsung mengonsumsi makanan utama. Ini karena mengonsumsi makanan utama secara langsung bisa menyebabkan saluran pencernaan bekerja ekstra, sehingga bisa membuat perut begah dan melilit. Beri jeda beberapa menit, misalnya kamu selingi dengan ibadah salat magrib, baru setelahnya kamu bisa mengonsumsi makanan utama.
  • Penuhi kebutuhan cairan dengan minum empat gelas air putih saat berbuka dan dua gelas air putih saat makan malam. (Baca juga: Aturan Minum Air Putih saat Puasa)

Nah, itulah tips menjaga pola makan sehat selama puasa. Kalau kamu punya keluhan kesehatan saat puasa, sebaiknya kamu segera bicarakan dengan dokter Halodoc. Kamu tinggal  download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Lalu, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, ayo gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!