• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Menu MPASI 11 Bulan yang Mudah Dibuat dan Sehat

Menu MPASI 11 Bulan yang Mudah Dibuat dan Sehat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Menginjak usia 11 bulan, Si Kecil sudah mampu mengonsumsi hampir semua jenis makanan padat. Oleh sebab itu, ibu bisa memberi Si Kecil berbagai makanan sehat agar seleranya semakin berkembang. Namun, sebelum memberinya makanan secara utuh, jangan lupa untuk memeriksa adanya gejala alergi dengan memberikan porsi kecil terlebih dahulu. 

Melansir dari laman Mom Junction, bayi 11 bulan sudah bisa mengonsumsi hampir semua sayuran, kecuali  tomat, wortel mentah, dan seledri yang baru bisa diberikan setelah usia 12 bulan. Sedangkan, biji-bijian dan sereal semuanya dapat diberikan pada Si Kecil. Semua jenis daging dan unggas juga dapat diberikan, tetapi telur hanya boleh diberikan setelah ia berumur satu tahun. Nah, agar MPASInya lebih menarik, ibu bisa coba menu-menu sederhana berikut ini. 

Baca juga: Pentingnya Tekstur Makanan dalam Pemberian MPASI

  1. Ayam Wortel

Menu yang satu ini cukup simpel. Ibu hanya membutuhkan setengah cangkir wortel dan setengah ayam tanpa tulang yang keduanya telah dipotong dadu. Cara untuk membuatnya, rebus wortel dan ayam dengan api sedang ke dalam empat gelas air selama sekitar 25 menit atau ibu bisa memasaknya lebih lama jika Si Kecil lebih suka empuk.

Setelah selesai memasak, saring wortel dan ayam. Jangan buang kaldunya karena ibu bisa menggunakannya untuk memasak bahan-bahan lainnya. Dinginkan sayuran dan sajikan sebagai makanan jari untuk bayi berusia 11 bulan.

  1. Butternut Squash dan Ubi Jalar

Cara untuk membuat butternut squash, ibu memerlukan satu cangkir labu yang telah di iris-iris. Kemudian campurkan dengan satu cangkir irisan ubi dan satu gelas air. Masukkan ubi dan labu ke dalam panci dan rebus selama 20 menit dengan api penuh. Setelah matang, saring keduanya dan dinginkan sebelum diberikan pada Si Kecil.

  1. Brokoli Keju

Siapkan satu cangkir brokoli yang sudah dipotong-potong dan satu cangkir potongan keju cottage besar. Kemudian rebus brokoli ke dalam dua setengah gelas air selama delapan menit. Setelah delapan menit, tiriskan brokoli.

Setelah itu, panaskan minyak di wajan dan masukan potongan keju, goreng sampai warnanya cokelat muda. Selanjutnya masukkan brokoli dan tumis bersama dengan keju cottage selama beberapa menit. Dinginkan dan sajikan untuk bayi.

Baca juga: Amankah Bayi Konsumsi MPASI Instan?

  1. Bubur Pisang Gandum

Bubur pisang gandum kaya akan serat yang baik untuk pencernaan Si Kecil. Untuk membuatnya, siapkan satu cangkir oatmeal, satu buah pisang dan dua gelas air. Masukkan gandum dan air ke dalam panci lalu didihkan. Masak oat, sambil diaduk, selama lima menit. Potong pisang menjadi potongan-potongan kecil dan tumbuk dalam mangkuk. Dinginkan oat selama beberapa menit. Setelah dingin, tambahkan pisang yang sudah dihaluskan. Mudah, bukan?

  1. Blueberry Yogurt

Menu yang sangat sederhana selanjutnya adalah blueberry yogurt. Ibu hanya perlu menyiapkan satu cangkir bluberi dan satu cangkir yogurt tawar. Masukkan blueberry dan yogurt ke dalam blender dan blender sampai blueberry tercampur rata dengan yogurt.

Itulah menu MPASI simpel yang bisa ibu coba. Hindari menambahkan garam pada MPASI Si Kecil. Seorang bayi hanya membutuhkan 0,4 g natrium per hari hingga usianya mencapai 12 bulan. Bayi yang berumur sebelas bulan akan mendapatkan semua natrium yang mereka butuhkan dari susu formula dan ASI, serta sayuran yang ibu berikan. 

Baca juga: Ini Cara Siapkan Makanan Bayi untuk Bepergian

Hindari menambahkan garam berlebih ke dalam makanan dan selalu periksa kandungan garam dari berbagai makanan sebelum diberikan kepada bayi. Kalau ibu punya pertanyaan lain seputar gizi Si Kecil, ibu bisa berdiskusi bersama ahli gizi Halodoc. Lewat aplikasi, ibu dapat menghubungi ahli gizi kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Mom Junction. Diakses pada 2020. 11-Month-Old Baby Food Chart And Simple Recipes To Try.
Baby Center. Diakses pada 2020. Homemade baby food recipes for 10 to 12 months.