Minum Teh Panas Bisa Turunkan Risiko Glaukoma, Benarkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
minum teh panas bisa turunkan risiko glaukoma benarkah

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu punya kebiasaan minum segelas teh hangat setiap hari? Teh dikenal sebagai minuman yang punya banyak manfaat. Bahkan, sebuah studi dari Amerika Serikat juga mengungkapkan manfaat terbaru dari minum teh setiap hari, yaitu dapat menurunkan risiko seseorang mengalami glaukoma. Glaukoma adalah salah satu gangguan penglihatan yang berpotensi menyebabkan kebutaan permanen. Nah, salah satu cara yang dipercaya bisa mencegah kamu dari gangguan mata ini adalah dengan minum teh hangat. Benarkah demikian? Cari tahu penjelasannya di sini.

Kenalan dengan Glaukoma

Glaukoma adalah kondisi di mana sistem drainase cairan mata mengalami gangguan. Kondisi ini akhirnya mengakibatkan tekanan pada bola mata seseorang menjadi meningkat yang kemudian merusak saraf optik. Mata memiliki saraf optik yang terdiri dari sekumpulan serat saraf yang berfungsi menghubungkan retina ke otak.

Bila saraf ini terganggu, maka penglihatan kamu juga akan ikut terganggu. Itulah sebabnya seseorang yang mengidap glaukoma biasanya akan merasakan gejala berupa gangguan penglihatan, nyeri di mata, sampai sakit kepala. Bila tidak segera ditangani, pengidap glaukoma berisiko mengalami kebutaan. Glaukoma merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan risiko kebutaan paling tinggi setelah katarak.

Manfaat Minum Teh Untuk Glaukoma

Glaukoma sebenarnya tidak bisa dicegah. Namun, gejalanya bisa diredakan bila kondisi tersebut ditemukan dan ditangani lebih awal. Itulah sebabnya penting untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Selain itu, perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat juga bisa mengurangi risiko glaukoma. Salah satu contohnya adalah dengan minum teh panas setiap hari.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di British Journal of Ophthalmology menganalisis 1700 partisipan yang berusia di atas 40 tahun. Dari seluruh partisipan, hanya 82 orang atau 5 persen yang mengalami glaukoma. Sebagian partisipan diketahui rutin minum kopi setiap hari, tapi partisipan yang rajin minum teh kurang dari 10 persen. Peneliti kemudian menemukan bahwa kelompok yang rutin minum kopi, es teh, teh tanpa kafein, dan juga soft drink tidak mengalami baik peningkatan maupun penurunan risiko glaukoma. Namun, mereka yang minum teh panas secara rutin memiliki risiko glaukoma 74 persen lebih rendah daripada kelompok lainnya. Karena itu, dapat disimpulkan minum teh panas secara rutin bisa menurunkan risiko glaukoma.

Manfaat teh panas terhadap menurunnya risiko glaukoma ini disebabkan oleh adanya senyawa kimia, seperti flavonoid dan antioksidan yang terdapat dalam teh yang bisa memberikan efek perlindungan. Teh panas yang mengandung kafein malah lebih bermanfaat lagi dalam menurunkan risiko glaukoma karena kandungan antioksidannya yang lebih tinggi dari teh tanpa kafein.

Karena itu, agar bisa terhindar dari penyakit mata ini, kamu disarankan untuk mengonsumsi enam cangkir teh panas berkafein dalam seminggu. Minum teh panas juga sebaiknya tanpa gula agar kamu terhindar dari diabetes yang merupakan pemicu terjadinya glaukoma. Kabar baiknya lagi, khasiat teh yang satu ini bisa dirasakan semua orang tanpa tergantung faktor usia, indeks massa tubuh (IMT), maupun kebiasaan merokok.

Nah, itulah manfaat minum teh untuk glaukoma. Bila kesehatan matamu terganggu, hubungi saja dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa membicarakan masalah kesehatanmu dengan dokter dan minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: