11 May 2018

Penyebab Mata Katarak yang Perlu Diketahui

Penyebab Mata Katarak yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Mata merupakan salah satu alat indra yang harus dijaga kesehatannya. Penyakit mata yang cukup parah salah satunya adalah katarak. Nah, ternyata penyakit katarak ini tidak hanya menyerang manula saja, tetapi penyakit katarak nyatanya bisa menjangkit ke semua usia. Katarak sendiri merupakan penyakit pada lensa mata yang menyebabkan lensa mata menjadi buram dan mengakibatkan sinar cahaya tidak dapat masuk ke kornea.

Penyakit katarak memang merupakan penyakit yang menyerang mata. Namun jika sudah parah, penyakit katarak juga bisa menyerang bagian indra lainnya. Oleh karena itu, kamu perlu waspada terhadap penyakit katarak ini. Sebenarnya, penyebab katarak belum diketahui dengan pasti. Namun, tidak ada salahnya mengetahui penyebab katarak sejak dini.

  • Usia

Penyebab katarak yang paling dikenal adalah karena faktor usia. Faktor usia yang bertambah, membuat fungsi kerja dari indra menurun, salah satunya mata. Namun, tidak hanya faktor usia atau saat kamu masuk usia manula saja, faktor lingkungan dan kurangnya menjaga kesehatan mata juga bisa menjadi salah satu penyebab penyakit katarak.

  • Penyakit Serius

Ada beberapa penyakit serius yang akhirnya bisa menyebabkan timbulnya penyakit katarak pada mata kamu. Misalnya saja penyakit diabetes. Penderita diabetes nyatanya bisa mengalami penyakit katarak, karena pada tubuh penderita diabetes terdapat enzim aldose reductase yang bisa memicu penyakit katarak. Selain itu, pengidap penyakit kulit memungkinkan untuk memiliki penyakit  katarak kedepannya. Beberapa penyakit kulit tertentu nyatanya mampu memengaruhi kesehatan lensa mata, seperti penyakit dermatitis atopik, pemfigus, dan penyakit eksim.

  • Genetika

Selain faktor dari luar, faktor genetika atau faktor keturunan ternyata juga mampu menyebabkan penyakit katarak ini. Jadi, jika ada kerabat dekat yang mengalami penyakit katarak, sebaiknya kamu perlu menjaga kesehatan mata kamu dengan baik agar memperkecil kemungkinan kamu terkena penyakit katarak.

  • Terpapar Sinar Matahari Langsung

Jika kamu ingin keluar rumah pada siang hari, ada baiknya melengkapi perlengkapan kamu dengan kacamata hitam. Fungsi kacamata hitam bisa mengurangi mata kamu terpapar sinar matahari secara langsung. Apabila mata kamu terpapar sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama dan cukup sering, ditakutkan bisa menjadi salah satu pemicu penyakit katarak.

  • Pola Makanan

Pola makan yang sehat nyatanya bisa menjauhkan kamu dari segala macam penyakit, termasuk katarak. Khususnya, dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A kamu bisa mengurangi kemungkinan mata kamu terhindar penyakit mata. Selain itu, mengonsumsi vitamin A, kamu juga bisa membuat mata kamu semakin sehat dan terlihat berseri.

  • Trauma Mata

Mata juga bisa mengalami trauma, lho.  Apabila kamu mengalami kegiatan yang membuat mata kamu trauma, seperti terbentur, sebaiknya kamu langsung menghubungi dokter agar segera bisa disembuhkan dari trauma mata. Sebab, trauma mata bisa menjadi salah satu penyebab katarak.

(Baca juga: Suka Bermain Gadget? Intip Cara Jaga Kesehatan Mata Ini)

Pemeriksaan rutin untuk kesehatan mata nyatanya juga perlu kamu lakukan untuk mengetahui sejak dini mengenai riwayat kesehatan mata kamu. Jika kamu ingin bertanya dengan dokter mengenai penyebab katarak, kamu bisa bertanya melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor, kamu bisa melakukan Video Call, Voice Call atau Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store atau Google play.