• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Centella Asiatica Bisa Atasi Jerawat

Mitos atau Fakta, Centella Asiatica Bisa Atasi Jerawat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Mitos atau Fakta, Centella Asiatica Bisa Atasi Jerawat

“Faktanya, centella asiatica bisa membantu kamu mengatasi jerawat. Hal ini disebabkan karena kandungan dalam centella asiatica, seperti saponin, flavonoid, phenolic acid, terpenoid, fitosterol, dan asam amino menjadi beberapa kandungan yang dinilai efektif untuk mengatasi jerawat.”

Halodoc, Jakarta – Jerawat yang muncul pada wajah dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya. Selain membuat rasa nyeri, jerawat yang membandel juga dapat menurunkan rasa percaya diri. Biasanya, menjaga kebersihan wajah menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan mengatasi jerawat yang membandel pada wajah.

Namun, kamu juga bisa menggunakan berbagai produk perawatan wajah yang bisa membantu kamu mengatasi permasalahan jerawat. Ada berbagai kandungan dalam produk perawatan wajah yang bisa membantu mengatasi jerawat, salah satunya centella asiatica. Yuk, simak ulasannya, di sini!

Baca juga: Awas, Hal ini Bisa Picu Munculnya Jerawat di Wajah

Fakta Centella Asiatica Bisa Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah gangguan kulit yang terjadi akibat folikel rambut terhambat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini bisa menyebabkan peradangan dan iritasi yang membuat pengidapnya tidak nyaman. Jerawat yang meradang menyebabkan rasa nyeri yang cukup mengganggu.

Jerawat dapat muncul di bagian tubuh mana saja, seperti punggung, leher, hingga wajah. Ada berbagai pemicu penyebab jerawat, seperti kebersihan kulit, perubahan hormon, stres, hingga penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit.

Berbagai cara bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat, salah satunya dengan menggunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi kulit. Ada berbagai kandungan produk perawatan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi jerawat, salah satunya centella asiatica.

Centella asiatica mengandung beberapa kandungan yang bisa membantu kamu mengatasi berbagai permasalah pada kulit wajah, termasuk jerawat. Saponin, flavonoid, phenolic acid, terpenoid, fitosterol, dan asam amino menjadi beberapa kandungan yang dinilai efektif untuk mengatasi jerawat.

Baca juga: Kandungan Nutrisi Skincare yang Ampuh Atasi Jerawat

Dalam sebuah penelitian yang ditulis dalam Journal of Applied Cosmetology, mengatakan bahwa centella asiatica mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit, mencegah peradangan jerawat, hingga mengatasi bekas jerawat. Hal ini disebabkan beberapa kandungan pada centella asiatica dinilai efektif untuk meningkatkan produksi kolagen.

Kulit yang kering juga memicu munculnya jerawat pada kulit. Kandungan saponin pada centella asiatica mampu menahan air lebih lama sehingga kelembapan kulit lebih terjaga dan mengurangi munculnya jerawat pada wajah.

Itulah fakta mengenai centella asiatica dalam mengatasi jerawat. Centella asiatica dapat ditemukan dalam bentuk ekstrak pada produk perawatan wajah. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter kulit melalui aplikasi Halodoc untuk memastikan perawatan wajah yang cocok untuk jenis kulitmu. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Waspada Kondisi Jerawat Ini

Dengan perawatan wajah dan pola hidup sehat yang tepat, jerawat dapat diatasi dengan baik dalam beberapa minggu. Namun, jika penggunaan produk perawatan wajah malah membuat jerawat meradang dan semakin memburuk, sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi kesehatan kulit.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Jerawat Saat Masa Kehamilan

Meskipun bukan gangguan kesehatan yang serius, jerawat yang tidak dirawat dan diatasi dengan baik dapat memicu berbagai komplikasi, seperti bekas jerawat yang sulit memudar, infeksi, hingga depresi ketika jerawat semakin memburuk dan sulit diatasi.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Science Becomes Her. Diakses pada 2021. Centella Asiatica for Acne.
Journal of Applied Cosmetology. Diakses pada 2021. Anti Inflammatory, Antimicrobial, Comedolytic Effects of A Topical Plant Complex Treatment in Acne Vulgaris: A Clinical Trial.
Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences. Diakses pada 2021. The Effect of Centella Asiatica, Vitamins, Glycolic Acid and Their Mixtures Preparations in Stimulating Collagen and Fibronectin Synthesis in Cultured Human Skin Fibroblast.
Banish. Diakses pada 2021. Centella Asiatica for Acne.
Web MD. Diakses pada 2021. When To See Your Doctor About Acne.
Advances in Dermatology and Allergology. Diakses pada 2021. Centella Asiatica in Cosmetology.