• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta Pasta Gigi Dapat Membersihkan Komedo

Mitos atau Fakta Pasta Gigi Dapat Membersihkan Komedo

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Banyak rumor yang beredar kalau mengoleskan pasta gigi pada hidung ampuh membersihkan komedo yang membandel. Tidak sedikit orang yang percaya bahkan sampai mempraktekkan tips ini. Ada benarnya kalau beberapa bahan yang ditemukan dalam pasta gigi bisa mengering pada kulit dan mungkin membantu mengecilkan komedo. Tapi, apakah sebenarnya cara ini aman dan benar-benar ampuh untuk membersihkan komedo? Adakah risiko yang bisa timbul? 

Baca juga: 3 Jenis Makanan yang Dapat Memicu Timbulnya Komedo

Benarkah Pasta Gigi Ampuh Bersihkan Komedo?

Melansir dari Healthline, ada beberapa alasan yang membuat seseorang mencoba menggunakan pasta gigi untuk membersihkan komedo. Pertama, banyak formula pasta gigi mengandung bahan kimia disebut triclosan yang bekerja untuk membunuh bakteri. Kedua, beberapa bahan yang biasa ditemukan dalam pasta gigi, seperti baking soda, alkohol, dan hidrogen peroksida, diketahui dapat mengering yang kemudian membantu mengecilkan jerawat.

Namun, Dr. Tsippora Shainhouse, dokter kulit bersertifikat, triclosan justru dapat memperburuk komedo. Baking soda yang ada dalam pasta gigi juga bisa merusak kulit, menyebabkan kekeringan dan iritasi. Intinya, penggunaan pasta gigi untuk jerawat sebenarnya tidak benar-benar berfungsi. Pasta gigi justru bisa menimbulkan rasa membakar dan mengiritasi kulit wajah.

Jadi, penggunaan pasta gigi untuk bersihkan komedo hanyalah mitos belaka. Sebaiknya hindari menggunakan pasta gigi untuk mencegah timbulnya iritasi ya. Kalau kamu punya permasalahan kulit lainnya, kamu bisa bertanya ke dokter kulit Halodoc. Melalui aplikasi, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Cara Tepat Menghilangkan Komedo

Daripada menggunakan pasta gigi yang belum jelas keamanannya, berikut cara yang tepat untuk menghilangkan komedo yang dihimpun dari Cleveland Clinic:

  1. Pilih Makeup yang Tepat

Selalu berhati-hati dengan produk yang kamu pakai di wajah. Pilihlah produk makeup dan kulit yang berlabel non-komedogenik. Produk non-komedogenik dirancang khusus untuk tidak menyumbat pori-pori. Menggunakan jenis produk ini membantu mengurangi jumlah komedo yang kamu miliki. Selain itu, cobalah untuk memakai produk yang bebas dari minyak dan terlalu berat/kental. Semakin tipis produk yang kamu pakai, semakin baik. 

Baca juga: Perlu Tahu, Perbedaan Komedo Putih dan Komedo Hitam

  1. Gunakan Pembersih yang Mengandung AHA BHA

Alpha hydroxy acid (AHA) atau beta hydroxy acid (BHA) adalah sekelompok senyawa yang dikenal karena manfaat perawatan kulitnya. Beberapa unsur yang paling populer dalam kelompok ini termasuk asam glikolat, asam salisilat, asam laktat, dan asam sitrat.

Jika kamu ingin mencoba asam salisilat, mulailah dengan menggunakan produk yang mengandung antara 2 sampai 4 persen. Kemudian mengubah jumlah yang digunakan kalau kulit wajah tidak menimbulkan reaksi. Jika ternyata malah membuat kulit mengering, turun sedikit dosisnya.

Pilihan bagus lainnya untuk komedo dalam keluarga AHA adalah menggunakan produk yang mengandung asam glikolat. Asam glikolat dapat mengeksfoliasi kulit, sehingga membantu menghilangkan lapisan luar sel-sel kulit mati termasuk komedo yang mengganggu.

  1. Rutin Eksfoliasi

Pengelupasan kulit adalah bagian penting dari setiap rutinitas perawatan kulit. Walaupun penting, kamu tidak boleh melakukannya secara berlebihan. Melansir dari Healthline, eksfoliasi sebaiknya hanya dilakukan beberapa kali seminggu. 

Pengelupasan kulit yang berlebihan, terutama wajah dapat membuat wajah sangat kering. Ketika kulit mengering, tubuh otomatis akan menghasilkan lebih banyak minyak, yang berkontribusi terhadap komedo yang lebih banyak. Cobalah untuk melakukan eksfoliasi dua kali seminggu saja.

Baca juga: Mau Wajah Mulus Tanpa Komedo? Ini Rahasianya

  1. Gunakan Masker atau Porepack

Strip perekat (pore pack) dan masker wajah mungkin bisa menjadi solusi lain. Kalau kamu ingin menghilangkan komedo dengan cepat, kamu bisa menggunakan pore pack atau masker peel off.  Namun, cara ini hanya akan membersihkan kulit untuk sementara dan memiliki beberapa efek samping, seperti iritasi berlebih dan kekeringan. 

Nah, daripada memakai pasta gigi untuk membersihkan komedo, kamu bisa mengikuti cara-cara di atas agar kulit selalu sehat dan terbebas dari komedo. 

Referensi :
Self. Diakses pada 2020. Blackhead Removal Hacks: Dermatologists Say Yay or Nay to 5 DIY Options
Healthline. Diakses pada 2020. Can I Use Toothpaste on Pimples?
Verywell Health. Diakses pada 2020. Does Using Toothpaste on Pimples Work?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Blackheads.