17 December 2017

Mau Wajah Mulus Tanpa Komedo? Ini Rahasianya!

Mau Wajah Mulus Tanpa Komedo? Ini Rahasianya!

Halodoc, Jakarta - Selain jerawat, masalah kulit lain pada wajah yang juga sering mengganggu adalah komedo. Biasanya, komedo memiliki warna hitam dan muncul di bagian hidung. Penyebab komedo umumnya adalah kotoran yang terjebak di pori-pori kulit. Hal ini mungkin terjadi bila kamu termasuk orang yang jarang membersihkan muka, terutama setelah menggunakan make up. Beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan timbulnya komedo adalah:

  • Teralu sering mengeluarkan keringat.
  • Bercukur, yang dapat membuat folikel rambut terbuka.
  • Stres atau kondisi lain yang berhubungan dengan perubahan hormon, seperti sindrom pra menstruasi.
  • Penggunaan obat steroid, seperti kortikosteroid.

 
Jangan anggap enteng komedo pada wajahmu. Sebab, komedo yang dibiarkan bisa berkembang menjadi jerawat. Penyumbatan di pori-pori karena komedo membuat minyak terus menumpuk di bawah kulit. Lama-kelamaan, pori-pori kulit tersebut akan pecah, sel darah putih masuk, dan pori-pori menjadi merah dan bengkak. Akhirnya, terbentuklah jerawat.

Untuk mengatasi komedo, sebenarnya kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam dengan pergi ke klinik kecantikan. Kamu bisa melakukan cara sederhana di bawah ini yang juga tak kalah ampuh!

 

  1. Gunakan Pasta Gigi

Siapa sangka ternyata pasta gigi ampuh mengatasi komedo? Ya, sensasi dingin pasta gigi dan teksturnya yang cenderung lengket ini terbukti mampu mengangkat komedo yang membandal pada hidung. Kamu bisa mengatasi komedo yang membandel dengan menggunakan pasta gigi seperti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan pasta gigi secukupnya, usahakan herbal dan mint.
  • Bilas wajah dengan air hangat agar membuka pori-pori, kemudian oleskan pasta gigi ke permukaan hidung yang dipenuhi komedo.
  • Diamkan sampai pasta gigi tersebut mengeras.
  • Bilas menggunakan air hingga bersih.

 

  1. Uap Panas dan Pinset

Gemas dengan bintik-bintik komedo yang menjalar pada hidung? Jangan menggaruknya pakai kuku! Bakteri yang mungkin terdapat di kukumu nantinya malah membuat hidung menjadi teriritasi, terlebih jika kulit masih dalam keadaan kering. Untuk itu, pilihlah pinset (khusus komedo, berbentuk panjang dan berlubang di ujungnya) sebagai alat mengatasi komedo pada hidungmu. Ditambah uap panas untuk memudahkan pengangkatan komedo tersebut. Begini cara mengatasi komedo dengan uap panas dan pinset:

 

  • Bersihkan pinset, disarankan dengan air panas agar steril dari kuman.
  • Siapkan wadah berisi air hangat, dekatkan wajahmu ke arah wadah tersebut selama satu menit. Tahap ini berguna untuk melembabkan dan membuka pori-pori, sehingga komedo lebih sudah dibersihkan.
  • Tekan kuat bagian hidung yang dipenuhi komedo dengan pinset dan tarik perlahan. Lihatlah, komedo yang membandel pun terangkat banyak.


5 Catatan Penting Agar Komedo Tak Muncul Lagi

Setelah berhasil mengatasi komedo, kamu harus tetap merawat kulit agar komedo tak datang lagi! Berikut trik mencegah timbulnya komedo pada kulit wajah:

  • Cuci wajah secara rutin dua kali dalam sehari dengan menggunakan pembersih muka yang cocok dengan jenis kulitmu.
  • Hindari asap rokok dan polusi udara lainnya, serta pakailah masker saat di luar ruangan.
  • Gunakan make up, lotion, dan pembersih wajah yang diperuntukkan untuk wajah berminyak.
  • Bersihkan make up menggunakan air hangat sebelum tidur.
  • Kurangi mengonsumsi makanan yang berminyak, cokelat, gorengan, dan junk food.

 
Untuk tips kesehatan kulit lain, kamu bisa tanyakan langsung pada dokter yang sudah terdaftar dan terpercaya melalui aplikasi Halodoc. Kapan lagi bisa berinteraksi dengan ribuan dokter dari berbagai dokter spesialis & umum yang standby 24/7 untuk menjawab pertanyaan kamu. Kamu juga bisa membeli obat atau vitamin secara aman, cepat & terpercaya dengan menggunakan layanan Pharmacy Delivery yang diantar hanya dalam waktu 1 jam. Yuk, download aplikasi Halodoc di Google Play dan App Store sekarang juga!