• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta Pengidap Diabetes Dilarang Berolahraga?

Mitos atau Fakta Pengidap Diabetes Dilarang Berolahraga?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah, yang merupakan sumber energi utama sel tubuh manusia. Saat glukosa menumpuk dalam darah dan tidak diserap oleh sel tubuh dengan baik, maka hal tersebut akan memicu gangguan pada berbagai organ tubuh. Jika kadarnya dibiarkan meningkat begitu saja, akan timbul sejumlah komplikasi yang bisa membahayakan nyawa pengidapnya.

Glukosa, atau kadar gula dalam tubuh, dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Pada pengidap diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang memadai bagi kebutuhan tubuh, sehingga sel-sel dalam tubuh tidak dapat menyerap glukosa menjadi energi. Ada mitos yang mengatakan bahwa pengidap kondisi ini tidak bisa berolahraga. Apakah benar?

Baca juga: Benarkah Sering Buang Air Kecil Menandakan Diabetes?

Pengidap Diabetes Dilarang untuk Berolahraga, Benarkah?

Sejumlah mitos beredar di kalangan masyarakat mengenai fenomena diabetes. Salah satunya mengatakan bahwa pengidap diabetes dilarang untuk berolahraga, karena akan membuat gula darah dalam tubuh menjadi turun secara drastis. Apakah hal tersebut benar adanya?

Faktanya, para pengidap diabetes justru dianjurkan untuk melakukan olahraga guna membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh agar tetap seimbang. Bukan itu saja, olahraga secara teratur akan membantu tubuh dalam meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang berperan dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Manfaat tambahan lainnya yang bisa diperoleh dari berolahraga adalah menjaga berat badan ideal, menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, serta menurunkan risiko penyakit jantung. Meski dinilai memiliki banyak manfaat baik, para pengidap diabetes perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mulai berolahraga. Berikut tips olahraga pengidap diabetes!

Baca juga: Kenali Gejala Neuropati Diabetik pada Saluran Kemih

Beragam Tips Olahraga Pengidap Diabetes

Sebelum melakukan olahraga, para pengidap memang disarankan terlebih dulu untuk berdiskusi dengan dokternya masing-masing. Kemudian mereka baru bisa memulainya secara perlahan, dengan intensitas ringan hingga sedang. Berikut tips olahraga pengidap diabetes!

1.Olahraga Ringan dan Menyenangkan

Olahraga jenis ini dapat kamu lakukan dengan menari, yoga, berjalan, atau berenang. Berolahraga dengan cara apapun, yang dapat meningkatkan kerja detak jantung kamu, hal tersebut sangat baik dilakukan.

2.Periksa Gula Darah

Jika berencana untuk menjalani olahraga dalam waktu lebih dari satu jam, jangan lupa untuk selalu memeriksa kadar gula darah secara teratur selama latihan. Kamu juga perlu memeriksanya setelah latihan, sehingga kamu dapat melakukan penyesuaian.

3.Siapkan Camilan

Saat berolahraga, jangan lupa untuk menyediakan camilan dengan kandungan rendah karbohidrat, seperti buah atau jus buah. Camilan sangat penting jika gula darah dalam tubuh turun sewaktu-waktu.

4.Lakukan Secara Bertahap

Jika kamu tidak terbiasa dengan berolahraga, mulailah dengan latihan 10 menit setiap sesi olahraga. Kamu dapat meningkatkannya secara bertahap sampai akhirnya kamu terbiasa olahraga hingga 30 menit per hari.

5.Latihan Seminggu Dua Kali

Pengidap diabetes juga perlu melatih kekuatan otot dalam tubuhnya guna meningkatkan kontrol gula darah. Caranya dapat dilakukan dengan mengangkat beban atau melakukan gerakan push-up dan squat jump.

6.Biasakan Diri

Olahraga akan terasa lebih menyenangkan jika dijadikan sebagai kebiasaan dan gaya hidup. Jangan menganggap olahraga sebagai beban dan tuntutan, karena akan merasa berat saat menjalaninya.

7.Perlu Pendamping

Pengidap kondisi ini dianjurkan untuk melakukan olahraga dengan seseorang yang tahu persis dengan kondisi yang kamu alami. Dengan begitu, mereka tahu apa yang harus dilakukan saat gula darah dalam tubuhmu menurun drastis.

Baca juga: Ini 4 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Diabetes

Selain beberapa langkah tersebut, kamu juga perlu mengonsumsi banyak air putih selama melakukan olahraga untuk memastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik. Namun sebelum melakukannya, silahkan diskusikan dulu dengan dokter untuk mengetahui olahraga apa yang pas untuk kamu. Dengan berolahraga secara teratur, kadar gula darah tetap terjaga, dan kamu akan terhindar dari komplikasi diabetes.

Referensi:
Diabetes.co.uk. Diakses pada 2020. Sport Tips for Diabetics.
Health Harvard. Diakses pada 2020. Stay fit safely: 4 tips for people with diabetes.