Muncul Jerawat di Dagu? Bisa Jadi Tanda Penyakit

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Muncul Jerawat di Dagu? Bisa Jadi Tanda Penyakit

Halodoc, Jakarta – Pola makan dan gaya hidup sehat nyatanya bisa kamu lakukan untuk hindari munculnya jerawat pada wajah. Tidak hanya itu, menjaga kebersihan wajah juga dapat menghindari kamu dari munculnya jerawat pada wajah, terutama pada bagian dagu.

Baca juga: Jerawat Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius?

Namun, jika kamu sudah melakukan perawatan terhadap jerawat tapi jerawat pada dagu tidak dapat hilang dan selalu muncul, sebaiknya waspada dan perhatikan kondisi kesehatan kamu. Nyatanya, jerawat yang muncul pada dagu bisa menjadi tanda gangguan kesehatan pada tubuh.

Ketahui Gangguan Kesehatan yang Ditandai Jerawat pada Dagu

Memiliki jerawat menjadi kondisi yang cukup menjengkelkan bagi seseorang. Jerawat bisa muncul pada siapa pun di usia berapa saja. Umumnya, jerawat muncul akibat penyumbatan pada folikel rambut di kulit. Namun, kondisi ini bisa diatasi dengan perawatan jerawatan menggunakan krim jerawat ataupun penggunaan obat tertentu. 

Namun, sebaiknya waspada jerawat yang tidak hilang meskipun sudah dilakukan berbagai perawatan untuk mengatasi kondisi ini. Bisa jadi jerawat menjadi tanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh.

Jerawat yang muncul pada dagu bisa disebabkan karena adanya perubahan hormon pada tubuh. Ada berbagai macam penyebab seseorang mengalami perubahan hormon, seperti masa pubertas, kehamilan, menstruasi, dan menopause. Tidak hanya itu, peningkatan sebum atau minyak yang berlebih pada wajah menyebabkan seseorang alami jerawat yang tidak kunjung reda pada bagian dagu.

Perhatikan kondisi lain, jerawat pada dagu bisa disebabkan karena adanya ketidakseimbangan fungsi organ ginjal. Menurut John Tsagaris, dokter pengobatan tradisional Cina mengungkapkan, sebaiknya tiap orang menjaga dan merawat organ tubuhnya agar berjalan dengan baik dan terhindar dari berbagai gangguan penyakit. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dengan istirahat cukup, relaksasi atau mengonsumsi cairan cukup agar tubuh selalu terhidrasi.

Dehidrasi membuat fungsi organ ginjal tidak seimbang. Kondisi ini membuat munculnya jerawat pada dagu. Lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab jerawat yang dialami.

Baca juga: Benarkah Jerawat Batu Disebabkan Karena Genetik?

Lakukan Ini untuk Hindari Jerawat pada Dagu

Terlalu sering menyentuh wajah tanpa membersihkan tangan terlebih dulu juga dapat memunculkan jerawat. Kondisi ini bisa dengan mudah memindahkan bakteri atau kotoran dari tangan menuju wajah. Sebaiknya lakukan cara untuk menghindari munculnya jerawat pada dagu, yaitu:

1. Perbanyak Konsumsi Cairan

Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh setiap harinya. Membuat tubuh terhidrasi dengan baik agar membuat kulit menjadi lebih sehat dan kamu bisa terhindar dari munculnya jerawat. 

2. Rutin Berolahraga

Olahraga yang kamu lakukan secara rutin dapat membuat aliran darah pada tubuh dan wajah mengalir dengan baik. Kondisi ini membantu kamu untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan pada kulit khususnya pada wajah.

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Jerawat

3. Hindari Stres

Ketika kamu mengalami tingkat stres yang cukup tinggi, nyatanya hormon glukokortikoid dalam tubuh juga meningkat. Peningkatan hormon glukokortikoid mengganggu kesehatan kulit yang meningkatkan munculnya jerawat pada wajah.

4. Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah secara rutin menghindarkan dari munculnya jerawat. Namun sebelum membersihkan wajah, sebaiknya cuci tangan agar kotoran atau bakteri tidak berpindah.

Itulah kebiasaan yang bisa dilakukan agar terhindar dari jerawat di dagu. Selain itu, perhatikan juga makanan yang dikonsumsi agar tidak merangsang sebum berlebih pada wajah kamu.

Referensi:
Daily Mail. Diakses pada 2019. Face Map Acne
Healthline. Diakses pada 2019. Pimple On Chin