Letak Jerawat di Wajah Menunjukkan Kondisi Kesehatan?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Letak Jerawat di Wajah Menunjukkan Kondisi Kesehatan?

Halodoc, Jakarta - Jerawat menjadi masalah kulit yang umum terjadi pada siapa saja. Tidak hanya membuat penampilan menjadi kurang sedap dipandang, jerawat di wajah juga mengurangi rasa percaya diri. Jerawat juga dapat menimbulkan rasa nyeri yang menjadikan aktivitas terganggu. Namun, tahukah kamu kalau letak jerawat bisa menunjukkan kondisi kesehatan?

Jangan memencet jerawat dengan sembarangan, baiknya kamu mencari tahu di mana letak jerawat yang mengganggu penampilan kamu ini. Mudahnya, kamu tidak perlu menduga dari gejala lain, hanya dari posisi jerawat kamu sudah bisa tahu kalau ada bagian tubuh yang bermasalah. Ini ulasannya:

  • Jerawat di Dahi

Apakah jerawat tumbuh di area dahi? Coba pikirkan, apa kamu suka memakai topi? Nah, munculnya jerawat di area dahi bisa terjadi karena pori-pori di area dahi dan sekitarnya tertutup atau tersumbat. Tidak hanya itu, penggunaan produk perawatan rambut seperti sampo atau kondisioner. 

Baca juga: Begini Cara Atasi Jerawat Pasir di Wajah

Penyebab lain yang mungkin adalah stres. Stres menjadi pemicu utama hampir semua masalah kesehatan. Nah, jerawat di bagian dahi ini berkaitan dengan saluran pencernaan. Jadi, untuk menghindarinya, kurangi makanan berlemak dan perbanyak asupan air putih. 

  • Jerawat di Hidung, Pasti Sering Ya?

Hidung terhubung dengan jantung, jadi, jika kamu punya jerawat yang tumbuh di area hidung, artinya ada masalah kecil yang terjadi dengan organ jantungmu. Bisa juga, ini terjadi karena kamu hobi konsumsi daging dan makanan pedas. Tidak hanya itu, area ini penuh dengan pori-pori yang lebar, yang berarti riasan yang tidak dibersihkan dengan baik juga memicu terjadinya jerawat di sini. 

  • Jerawat di Pipi

Kapan terakhir kali kamu membersihkan ponsel atau membersihkan sisa riasan dengan baik? Ponsel sering bersentuhan dengan pipi, terlebih jika kamu senang sekali berkomunikasi lewat benda ini. Bahkan, ponsel dinilai menjadi benda paling kotor yang selalu disentuh oleh tangan dan tanpa sadar berinteraksi dengan pipi. Area yang berhubungan dengan pipi adalah sistem pernapasan. Jadi, kamu juga disarankan untuk tidak merokok. 

Baca juga: Begini Caranya Menghilangkan Jerawat dengan Metode Alami

  • Jerawat di Dagu dan Rahang

Sering muncul jerawat di dagu dan rahang? Ternyata, letak jerawat di dua area ini terkait dengan masalah ketidakseimbangan hormon. Perubahan hormon menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari. Kamu hanya bisa mencegahnya dengan kebiasaan hidup sehat, seperti istirahat cukup, banyak minum air putih, konsumsi buah dan sayuran, dan menjaga kebersihan kulit. 

  • Antara Alis

Tahukah kamu kalau di antara kedua alis adalah zona alergi makanan muncul pertama kali? Intoleransi laktosa adalah faktor pemicu utama karena diet kaya makanan yang sulit dicerna, seperti makanan cepat saji. Jika kamu mencukur alis sebaiknya berikan perawatan di bagian tengah dengan asam salisilat untuk menghindari rambut yang tumbuh ke dalam yang menyebabkan jerawat. 

Baca juga: Botox Dapat Sebabkan Koma, Mitos atau Fakta?

  • Jerawat di Telinga, Pernah?

Jarang terjadi, tapi jerawat yang muncul di telinga ini memang sangat mengganggu. Area telinga terhubung dengan ginjal, jadi, jika muncul jerawat di area ini, bisa jadi asupan cairan tubuh belum terpenuhi. Mungkin juga, kamu sering minum kopi atau konsumsi minuman bersoda. Kurangi, ya, ini tidak baik untuk ginjal, lho!

Jadi, ternyata letak jerawat bisa menentukan bagaimana kondisi kesehatan tubuh kamu. Nah, sekarang, jangan dipencet, lebih baik kamu tanyakan pada dokter cara terbaik untuk menghilangkannya. Enggak ribet, kok, pakai aplikasi Halodoc aja. Caranya, buka Play Store atau App Store, ketikan nama Halodoc, dan download. Mudah banget, kan?