• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Nyeri Kaki di Jari Kelingking Tanda Asam Urat, Cek Faktanya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Nyeri Kaki di Jari Kelingking Tanda Asam Urat, Cek Faktanya

Nyeri Kaki di Jari Kelingking Tanda Asam Urat, Cek Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 Oktober 2022

“Penyakit asam urat juga bisa terjadi di bagian-bagian tubuh yang tidak biasa, seperti di jari kelingking kaki. Gejala penyakit tersebut biasanya berupa nyeri yang berkembang dengan cepat, pembengkakan dan kulit memerah.”

Nyeri Kaki di Jari Kelingking Tanda Asam Urat, Cek FaktanyaNyeri Kaki di Jari Kelingking Tanda Asam Urat, Cek Faktanya

Halodoc, Jakarta – Jari kelingking kaki kamu tiba-tiba terasa nyeri padahal tidak terbentur apa pun? Nah, dalam beberapa kasus kondisi tersebut bisa menandai gejala penyakit asam urat. Asam urat adalah jenis radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian. 

Gejala penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya nyeri yang tiba-tiba pada sendi yang terkena diikuti oleh rasa hangat, bengkak, kemerahan dan nyeri tekan. Sendi kecil di pangkal jempol kaki memang menjadi bagian tubuh yang sering terserang asam urat, tapi bukan tidak mungkin gejala juga bisa dimulai dari jari kelingking. 

Nyeri Jari Kelingking Kaki Bisa Menandakan Asam Urat

Asam urat adalah produk hasil pemecahan purin yang merupakan kandungan dari banyak makanan yang sering kita konsumsi. Biasanya, asam urat larut dalam darah dan melewati ginjal ke dalam urine. Namun, terkadang tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau ginjal mengeluarkan terlalu sedikit asam urat.

Nah, ketika itu terjadi, asam urat dapat menumpuk, membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi atau jaringan di sekitarnya, yang menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan.

Pada dasarnya, setiap sendi dalam tubuh bisa terkena serangan asam urat, tapi penyakit ini biasanya memengaruhi sendi di arah ujung anggota badan, seperti jari jempol kaki, pergelangan kaki, lutut dan jari tangan.

Namun faktanya, tidak ada pola tunggal untuk serangan radang sendi akibat asam urat. Penyakit ini juga bisa menyerang sendi-sendi kecil di jari kaki, seperti jari kelingking, kemudian menyebar hingga menyebabkan peradangan pada kaki. 

William C. Shiel Jr., MD, seorang rheumatologis di California, Amerika Serikat, mengaku sudah melihat banyak kasus asam urat yang tidak biasa yang melibatkan jari-jari yang tidak umum. Contohnya seperti ibu jari, pergelangan tangan, dan siku. 

Ia bahkan pernah menemukan kristal asam urat yang tersimpan di jaringan yang menutupi mata (konjungtiva). Jadi, bukan tidak mungkin asam urat juga bisa menyerang jari kelingking kakimu.

Namun, perlu diingat bahwa jenis radang sendi lainnya juga bisa menyebabkan peradangan pada jari kaki dan kaki. Di antaranya adalah rheumatoid arthritis, reaktif arthritis, dan psoriatic arthritis.

Gejala Asam Urat

Agar kamu bisa mewaspadai asam urat saat muncul nyeri di jari kelingking kaki, berikut adalah tanda dan gejala asam urat yang perlu dipahami:

  • Sakit parah pada satu atau lebih sendi.
  • Persendian terasa panas dan sangat lembut.
  • Pembengkakan di dalam dan sekitar sendi yang terkena.
  • Kulit memerah dan tampak mengkilap di atas sendi yang terkena.

Gejala asam urat biasanya berkembang cepat selama beberapa jam dan bisa berlangsung tiga sampai 10 hari. Setelah waktu ini rasa sakit akan hilang dan sendi akan kembali normal.

Namun, bila kamu curiga kamu mengalami asam urat dan belum pernah didiagnosis sebelumnya, terutama jika rasa sakitnya terus memburuk dan disertai demam, ada baiknya menemui dokter. Kamu bisa berobat ke dokter dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc.

Cara Mengatasi Gejala Asam Urat

Untuk meredakan gejala asam urat, kamu bisa melakukan beberapa perawatan di rumah. Contohnya seperti menerapkan kompres es pada sendi yang terdampak, dan minum obat-obatan seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), colchicine, atau kortikosteroid.

Sedangkan untuk mencegah penyakit tersebut kambuh, kamu perlu melakukan perubahan gaya hidup. Misalnya, menurunkan berat badan bila memiliki kelebihan berat badan, menjaga pola makan sehat, serta menghindari makanan dengan kandungan tinggi purin. Kamu juga bisa mengonsumsi obat yang bisa menurunkan kadar asam urat, seperti allopurinol.

Itulah penjelasan mengenai nyeri di jari kelingking kaki yang bisa menjadi pertanda asam urat. Jangan lupa, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play, untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Medicine Net. Diakses pada 2022. Can You Get Gout in Your Small Toe?.
NHS Inform. Diakses pada 2022. Gout.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Gout.