• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Olahraga Kardio Harus Dihindari Pengidap Osteoporosis

Olahraga Kardio Harus Dihindari Pengidap Osteoporosis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Olahraga dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Semua orang disarankan untuk rutin berolahraga, termasuk orang yang mengidap penyakit osteoporosis. Namun, pengidap osteoporosis harus memperhatikan beberapa hal dan jenis olahraga yang boleh dijalani pun tidak sembarangan. Ada beberapa jenis olahraga yang harus dihindari, salah satunya olahraga kardio. Mengapa begitu? 

Osteoporosis adalah penyakit yang menyerang tulang. Maka dari itu, memilih jenis olahraga yang tepat adalah yang penting bagi pengidap penyakit ini. Melakukan latihan kardio, apalagi secara berlebihan bisa menimbulkan masalah pada pengidap osteoporosis. Latihan kardio disebut bisa menyebabkan kalsium dan mineral pada tulang terkuras terlalu banyak. Hal itu yang diduga menjadi penyebab muncul masalah pada tulang. 

Baca juga: 6 Jenis Olahraga untuk Tulang Belakang Kuat dan Sehat

Olahraga yang Harus Dihindari Pengidap Osteoporosis

Nyatanya, tidak semua jenis olahraga boleh dan aman dilakukan pengidap osteoporosis. Orang dengan gangguan ini disarankan untuk tidak melakukan olahraga yang banyak melibatkan gerakan melompat dan memiliki intensitas tinggi. Pasalnya, gerakan melompat tajam bisa memelintir dan memecahkan tulang. 

Melompat bisa memberi tekanan pada sendi yang mengelilingi tulang belakang. Bagi pengidap osteoporosis, olahraga yang melibatkan lompatan bisa diganti dengan squat. Selain melompat, ada jenis olahraga lain yang harus dihindari pengidap osteoporosis, di antaranya: 

  • Sit ups 

Orang yang mengidap osteoporosis sebaiknya berpikir ulang jika ingin berolahraga sit up. Sebab, jenis olahraga ini bisa meningkatkan risiko terjadinya patah tulang di bagian-bagian sendi tubuh. Hindari juga gerakan senam lantai yang melibatkan roll depan maupun roll belakang. Sebab, melakukan gerakan kelenturan ke depan dan belakang berpotensi memperparah osteoporosis. 

  • Golf

Kabar buruk bagi pecinta golf. Kalau kamu mengidap osteoporosis, jenis olahraga yang satu ini sebaiknya dihindari. Dalam olahraga golf, kamu harus melakukan gerakan memutar pinggang untuk dapat menembak bola. Nah, hal itu ternyata bisa memberi dampak buruk bagi pengidap osteoporosis. Tulang belakang yang tiba-tiba terpelintir saat memutar pinggang bisa memberi tekanan besar pada sendi dan menyebabkan fraktur. 

  • Russian Twist 

Pecinta yoga dan pilates mungkin tidak asing dengan gerakan olahraga ini. Namun, russian twist sebaiknya tidak dilakukan oleh orang yang mengidap osteoporosis. Gerakan latihan ini bisa memicu pembengkokan dan pemelintiran tulang belakang secara berlebihan. 

Baca juga: Waspada, Osteoporosis Sebabkan Patah Tulang Belakang

  • Lumbar Rolls

Gerakan ini juga umumnya dilakukan dalam latihan yoga. Lumbar rolls dilakukan dengan berbaring dan punggung menempel di atas matras. Kemudian, bawa lutut menempel ke dada dan tangan. Setelah posisi sempurna, lakukan roll ke belakang dan ke depan secara perlahan. Gerakan olahraga ini harus dihindari pengidap osteoporosis, sebab bisa menambahkan beban pada tulang belakang. Hal itu kemudian bisa menyebabkan ketegangan dan meningkatkan risiko patah tulang. 

Selain mengetahui jenis olahraga yang harus dihindari, kamu juga perlu tahu jenis olahraga untuk yang bisa dilakukan pengidap osteoporosis. Sebab, olahraga tetap perlu dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan secara menyeluruh. Jenis olahraga yang tergolong aman untuk pengidap osteoporosis adalah latihan kekuatan, fleksibilitas, dan latihan keseimbangan.

Baca juga: Osteoporosis Tetap Bisa Berolahraga, Ini Alasannya

Cari tahu lebih lanjut seputar jenis olahraga yang aman dilakukan pengidap osteoporosis dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Kamu juga bisa menyampaikan keluhan kesehatan yang dialami dan dapatkan saran pengobatan dari ahlinya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2020. 6 Exercises You Shouldn't Do if You Have Osteoporosis.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Exercising with osteoporosis: Stay active the safe way.