• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Olahraga, Pilih Air Putih atau Minuman Isotonik?

Olahraga, Pilih Air Putih atau Minuman Isotonik?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Olahraga, Pilih Air Putih atau Minuman Isotonik?

Halodoc, Jakarta – Setelah berolahraga, salah satu hal yang cukup penting untuk dilakukan adalah mengonsumsi cairan. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat kamu berolahraga. Kamu bisa memilih air putih atau air mineral untuk mendapatkan kembali cairan tubuh. Selain itu, kamu juga bisa memilih minuman isotonik untuk mendapatkan elektrolit setelah selesai berolahraga.

Baca juga: Fakta di Balik Minuman Isotonik

Namun dari kedua jenis minuman ini, manakah yang sebaiknya dikonsumsi setelah berolahraga? Air putih atau minuman isotonik? Tidak ada salahnya kenali lebih banyak mengenai minuman isotonik dan manfaatnya. Agar kamu dapat memilih minuman yang paling tepat kamu konsumsi setelah melakukan olahraga. Berikut ulasannya.

Jadi, Air Putih atau Minuman Isotonik?

Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang perlu kamu lakukan secara rutin. Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan mental, menghindari berbagai penyakit kronis, dan juga menjaga berat badan tetap stabil.

Saat melakukan olahraga, tubuh akan banyak kehilangan cairan tubuh, sehingga disarankan untuk mengonsumsi cukup cairan agar kamu terhindar dari kondisi dehidrasi. Tidak hanya kehilangan cairan, saat mengalami dehidrasi tubuh juga kehilangan elektrolit. Elektrolit merupakan mineral yang mengandung kalsium, klorida, magnesium, fosfat, kalium, dan juga natrium, sehingga elektrolit menjadi kandungan yang cukup penting bagi tubuh.

Dalam tubuh elektrolit berfungsi untuk mengatur fungsi saraf dan otot, menghidrasi tubuh dengan baik, menyeimbangkan keasaman dan tekanan darah, serta membangun jaringan yang mengalami kerusakan dalam tubuh.

Baca juga: Benarkah Minuman Isotonik Dapat Sembuhkan Demam Berdarah?

Dengan mengonsumsi air putih atau air mineral setelah berolahraga kamu dapat memenuhi kebutuhan cairan, tetapi dengan mengonsumsi minuman isotonik kamu juga dapat mencukupi kebutuhan elektrolit dalam tubuh. Lalu, mana yang lebih penting, air putih atau minuman isotonik?

Air putih menjadi cairan yang cukup baik untuk memenuhi cairan yang hilang setelah berolahraga, tetapi dengan mengonsumsi minuman isotonik kamu dapat mengganti cairan elektrolit dan energi yang hilang setelah berolahraga. Hal ini disebabkan minuman isotonik memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak, seperti mineral dan juga karbohidrat. Selain itu, minuman isotonik dinilai mampu lebih cepat mengganti cairan tubuh yang hilang dibandingkan dengan air putih atau air mineral.

Inilah Kandungan Minuman Isotonik

Tidak ada salahnya ketahui kandungan yang terdapat dalam minuman isotonik.

  1. Air menjadi bahan utama dari minuman isotonik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.
  2. Karbohidrat digunakan untuk memastikan asupan energi.
  3. Kandungan sodium dalam minuman ini juga mampu memulihkan kandungan natrium yang hilang melalui keringat.
  4. Magnesium juga terdapat untuk mengurangi kelelahan yang dialami setelah berolahraga.
  5. Antioksidan dalam minuman isotonik membuat tubuh terlindungi dari racun atau zat yang tidak diperlukan dalam tubuh.

Itulah beberapa kandungan yang biasanya terdapat dalam minuman isotonik. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi minuman isotonik? Kamu bisa mengonsumsi minuman isotonik sebelum dan juga setelah melakukan olahraga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. 

Baca juga: Jangan Dilewatkan, Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Meskipun minuman isotonik baik untuk kesehatan, tetapi sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi minuman isotonik. Hal ini disebabkan beberapa minuman isotonik mengandung pengawet yang dapat mengakibatkan risiko gangguan kesehatan pada tubuh. Sebaiknya konsumsi minuman isotonik saat kamu melakukan olahraga sedang hingga berat. Selain itu, hindari pemberian minuman isotonik pada anak-anak karena dikhawatirkan dapat menyebabkan efek samping bagi kesehatan anak.

Tidak ada salahnya gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter saat kamu akan mengonsumsi minuman isotonik untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Aptonia. Diakses pada 2020. What Is The Use of Isotonic Drinks?
Live Science. Diakses pada 2020. Are Sports Drinks Better or Worse Than Water?
Medical News Today. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Electrolytes.
Kids Health. Diakses pada 2020. Sport Drinks and Energy Drinks.