• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Tubuh Perlu Air Putih Setiap Hari

Ini Alasan Tubuh Perlu Air Putih Setiap Hari

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Bukan lagi menjadi rahasia bahwa tubuh manusia sangat membutuhkan asupan air putih. Selain karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, konsumsi air putih nyatanya dibutuhkan agar organ tubuh bisa bekerja dengan maksimal. Kurang minum air putih bisa mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh. 

Pada tingkat yang parah, dehidrasi bisa menimbulkan gejala berupa tubuh lemas, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, hingga penurunan kesadaran. Maka dari itu, penting untuk selalu minum air putih. Kebutuhan cairan seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain, tergantung pada kondisi tubuh, aktivitas yang dilakukan, hingga kondisi cuaca. Namun umumnya, orang dewasa membutuhkan 2 liter atau sekitar 8 gelas air putih setiap hari.

Baca juga: Ikuti 8 Tips Ini Supaya Rajin Minum Air Putih

Pentingnya Minum Air Putih 

Kamu bisa membagi waktu mengonsumsi air putih, sehingga jumlah yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi. Salah satu waktu terbaik untuk mengonsumsi segelas air putih adalah pada pagi hari atau saat bangun tidur. Selebihnya, bisa dibagi setelah sarapan, makan siang, saat bekerja, berolahraga, atau ketika rasa haus datang. 

Selain bisa membantu memaksimalkan kinerja organ tubuh serta menghindari dehidrasi, ada manfaat yang bisa didapat dari rutin mengonsumsi air putih. Di antaranya: 

 

  • Tubuh Sehat 

 

Saat beraktivitas, tubuh mungkin akan kehilangan cairan dan hal itu bisa berbahaya jika terjadi pada tingkat yang parah. Mencukupi asupan air putih bisa membantu mengganti cairan tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi yang bisa memicu berbagai gejala penyakit muncul. Rutin minum air putih bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terlindung dari serangan penyakit. 

Baca juga: Cara Menerapkan Kebiasaan Minum Air Putih pada Anak

  • Menghindari Obesitas

Cukup minum air putih juga bisa membantu menjaga berat badan ideal. Hal ini bisa membantu menghindari makan berlebihan juga bisa melancarkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang lancar adalah salah satu hal yang sangat penting pada seseorang yang tengah menjalankan program penurunan berat badan. 

Sistem metabolisme yang lancar tentu akan membantu tubuh lebih mudah dalam mengeluarkan racun. Selain itu, air putih juga tidak mengandung kalori sehingga tidak akan membuat berat badan tubuh bertambah. 

  • Kesehatan Kulit Terjaga 

Kesehatan dan kecantikan kulit juga lebih terjaga saat tubuh mendapat asupan cairan yang cukup. Pasalnya, dehidrasi yang terjadi bisa memicu terjadinya keriput dan masalah pada kulit. Bahkan, jarang mengonsumsi air menyebabkan keriput pada usia muda. Rutin mengonsumsi air putih bisa membantu meningkatkan aliran darah di kulit. Saat hal ini terjadi, kulit akan menjadi lebih bersinar dan terlihat lebih muda. 

Baca juga: Hindari 7 Makanan dan Minuman Ini Saat Dehidrasi

  • Mengatasi Gangguan Kesehatan 

Mencukupi asupan air putih juga bisa membantu mengatasi gangguan kesehatan tertentu, salah satunya kencing darah akibat infeksi saluran kemih ringan. Rutin minum air putih juga bisa mengatasi batu saluran kemih yang berukuran kecil. Ini karena, mengonsumsi cukup air putih bisa membantu melancarkan proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman. Sisa makanan bisa keluar melalui keringat, urine, atau feses. 

Cari tahu lebih lanjut seputar manfaat minum air putih bagi tubuh dan bagaimana tips memenuhi kebutuhan air dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. 6 Reasons to Drink Water.
NHS UK. Diakses pada 2020. Dehydration.
Healthline. Diakses pada 2020. How Much Water Should You Drink Per Day?