18 April 2018

Olahraga untuk Anak yang Obesitas

Olahraga untuk Anak yang Obesitas

Halodoc, Jakarta – Berat badan berlebih alias obesitas kini tak hanya mengintai orang dewasa. Pasalnya, semakin banyak anak kecil yang juga mengalami masalah yang sama. Dulu mungkin melihat anak dengan pipi yang gembul adalah hal yang menggemaskan. Namun hati-hati, obesitas pada anak ternyata juga bisa memicu terjadinya penyakit.

Pada dasarnya, obesitas yang terjadi pada anak bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk genetik, kurangnya aktivitas fisik, dan pola makan yang tidak sehat. Meskipun tidak semua anak yang memiliki riwayat keluarga obesitas akan mengalami hal yang sama, tetapi tak dapat dimungkiri bahwa pola hidup dan gaya asuh orang tua dan keluarga sekitar bisa meningkatkan risiko ini. Misalnya terlalu sering membiarkan anak menyantap makanan cepat saji dan melewatkan bahkan tidak pernah berolahraga.

(Baca juga: Obesitas Pada Anak-Anak Ketahui 4 Hal Ini)

Nah, untuk menghindari Si Kecil dari masalah penyakit yang bisa mengintai, orang tua harus mulai mengontrol pola makan anak yang sudah terlanjur mengalami obesitas. Selain itu, ajak pula Si Kecil untuk berolahraga, sehingga penurunan jumlah berat badan bisa tercapai dan anak pun akan menjadi lebih sehat. Lantas, jenis olahraga apa saja sih yang disarankan untuk membantu anak obesitas menurunkan berat badan?

 

  • Bersepeda

 

Untuk mengatasi masalah berat badan pada anak tak bisa dilakukan dengan cara yang sembarangan, terutama dalam hal memilih jenis olahraga. Nyatanya, jenis olahraga yang disarankan untuk menurunkan bobot anak bukanlah berlari atau pergi ke pusat kebugaran. Sebab, latihan yang terlalu berat malah bisa meningkatkan risiko Si Kecil mengalami cedera kaki.

Nah, salah satu pilihan olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan anak adalah bersepeda santai. Selain dapat menurunkan berat badan dengan membakar kalori, bersepeda pun telah terbukti bisa mencegah depresi, meningkatkan mood, dan membuat jantung lebih sehat.

(Baca juga: Cara Menurunkan Depresi dengan Bersepeda)

 

  • Berenang

 

Selain bersepeda, ibu juga bisa mengajak si kecil untuk berenang sebagai upaya untuk menurunkan berat badan. Berenang menjadi salah satu jenis olahraga yang paling baik untuk dilakukan oleh anak yang mengidap obesitas.

Berenang termasuk dalam jenis olahraga yang tidak bertumpu pada berat badan. Dalam hal ini, air berperan membuat badan mengapung, sehingga lutut tidak terbebani. Artinya, risiko cedera pun akan semakin kecil.

 

  • Main Bola

 

Salah satu trik untuk memotivasi anak berolahraga adalah dengan membuatnya menjadi sesuatu yang menyenangkan. Sebab, dukungan dari orang tua dan keluarga sekitar sangat dibutuhkan untuk membuat Si Kecil tetap semangat dalam menurunkan berat badan.

Ibu bisa mencoba dengan mendaftarkan atau membuat “kelompok olahraga” untuk Si Kecil, tentunya dengan kegiatan yang menyenangkan seperti sepak bola. Anak dengan masalah berat badan terkadang merasa terlalu malu untuk berolahraga dan lebih mudah merasa putus asa. Artinya, dengan membuat ia berkumpul dengan teman-teman yang menyenangkan dan bisa mendukungnya adalah hal yang dibutuhkan.

Selain jenis olahraga, orang tua juga sebaiknya memperhatikan kemampuan dan batasan anak. Artinya, jangan terlalu memaksakan si kecil untuk berolahraga, apalagi secara berlebihan. Lakukan saja secukupnya tetapi teratur.

Lengkapi juga program penurunan berat badan anak dengan mengatur pola makan dengan memperbanyak serat dan buah. Hal ini bisa menjadi salah satu cara mengatur agar jumlah kalori yang masuk lebih kecil daripada yang keluar.

Orang tua harus selalu memberi dukungan terhadap usaha anak. Selain dengan motivasi, bekali ia dengan berbagai jenis vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Lebih mudah beli vitamin di aplikasi Halodoc. Pesanan akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!