04 July 2018

Olahraga yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

olahraga ibu hamil,olahraga trimester pertama,trimester pertama,hamil trimester

Halodoc, Jakarta – Berbagai gejala yang dirasakan oleh ibu hamil, khususnya pada trimester pertama, terkadang membuat seorang wanita tidak merasa nyaman. Mulai dari morning sickness, hingga perubahan fisik yang dirasakan oleh seorang ibu di trimester pertama kehamilannya. Namun, untuk mengurangi rasa tidak nyaman, ibu bisa melakukan olahraga ringan atau latihan fisik.

Baca juga: Jangan Salah, Hamil Juga Butuh Olahraga Ibu

Masa kehamilan bukan berarti kamu tidak bisa melakukan olahraga. Kamu tetap bisa melakukan olahraga, tapi olahraga ringan yang tentunya tidak akan membahayakan kesehatan ibu maupun janin yang ada dalam kandungan. Selain menghilangkan rasa tidak nyaman di awal kehamilan, nyatanya melakukan olahraga ringan saat masa kehamilan trimester pertama memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah untuk mempersiapkan perkembangan janin, mengatur peningkatan berat badan, mengatur suasana hati, dan memudahkan ibu hamil untuk memiliki waktu tidur yang cukup.

Berikut adalah olahraga yang bisa kamu lakukan selama kehamilan trimester pertama:

  • Senam Kegel

Senam ini memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Selain dapat mempertahankan berat badan ideal, senam kegel juga bisa meredakan rasa nyeri akibat perubahan yang terjadi pada tubuh ibu.

  • Berjalan

Berjalan adalah olahraga yang paling ringan, serta bisa dilakukan semua orang dengan mudah dan gratis. Dengan berjalan santai, kalori ibu akibat pertambahan berat badan akan dibakar tanpa harus melakukan kegiatan fisik yang berat. Jika ibu merasa lelah ketika melakukan jalan santai, sebaiknya beristirahat terlebih dahulu dan jangan terlalu dipaksakan. Pilihlah rute yang tidak terlalu jauh dan jangan lupa gunakan sepatu yang nyaman saat akan melakukan olahraga ini.

  • Yoga

Yoga sepertinya menjadi olahraga yang sangat cocok untuk dilakukan ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama. Olahraga ini akan meningkatkan kekuatan dan keseimbangan tubuh, mengurangi tekanan darah, menjaga otot-otot tubuh agar tidak tegang, dan mengajarkan ibu bagaimana melatih teknik pernapasan yang sangat bermanfaat untuk ibu seiring dengan pertumbuhan janin dalam perut. Tidak perlu terlalu memaksakan diri saat melakukan yoga. Ibu hamil cukup melakukan yoga selama 30 menit setiap minggunya.

  • Berenang

Berenang bisa menjadi olahraga pilihanmu saat ibu memasuki kehamilan trimester pertama. Namun, ibu harus memperhatikan gerakan saat melakukan olahraga ini, agar ibu tidak kelelahan. Melakukan olahraga ini nyatanya bisa menenangkan pikiran ibu hamil yang stres selama masa kehamilan. Tidak hanya itu, berenang juga dapat membantu meningkatkan energi, stamina, serta kekuatan tubuh yang ibu butuhkan selama menjalani proses kehamilan.

  • Aerobik Ringan

Aerobik memang cukup bermanfaat untuk ibu hamil karena dapat menyehatkan jantung, mencegah ambeien, dan meningkatkan kadar oksigen. Namun sebaiknya untuk melakukan aerobik ringan, ibu hamil perlu berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu agar kandungan dan ibu tetap sehat.

Baca juga: Tips Aman Pilih Olahraga Ibu Hamil

Tidak ada salahnya sebelum melakukan olahraga ibu tetap berkonsultasi dengan dokter mengenai olahraga yang cocok dan aman untuk ibu hamil trimester pertama. Tidak hanya olahraga saja yang cocok, sebaiknya ibu juga harus mengetahui kondisi janin dalam kandungan agar selalu sehat. Ibu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor ibu bisa langsung mendapatkan jawaban atas keluhan atau tips yang ingin ibu ketahui. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!