06 September 2018

Olahraga yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Tiga

trimester tiga, olahraga untuk ibu hamil, yoga ibu hamil, jalan santai, kegiatan berenang dalam kehamilan

Halodoc, Jakarta – Memasuki usia kehamilan trimester ketiga, terkadang membuat ibu hamil takut untuk melakukan berbagai macam aktivitas, termasuk olahraga. Padahal, pada usia kehamilan trimester tiga banyak sekali perubahan yang dirasakan oleh ibu. Mulai dari perut yang semakin membesar, berat badan yang mulai bertambah banyak, hingga pergerakan bayi yang lebih kuat jika dibandingkan dengan usia kehamilan sebelumnya yang terkadang bisa membuat seluruh badan menjadi pegal.

Melakukan olahraga yang tepat pada usia kehamilan memasuki trimester tiga memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat yang bisa ibu rasakan adalah lancarnya proses persalinan. Ibu akan memiliki daya tahan tubuh yang baik setelah melahirkan, memperbaiki kulit tubuh, mengurangi selulit, dan meringankan pegal yang dirasakan ibu hamil.

Tentu tidak semua olahraga bisa dilakukan oleh ibu. Namun, ada beberapa olahraga yang nyatanya masih bisa ibu lakukan dan sangat aman untuk ibu hamil trimester ketiga.

1. Yoga

Yoga adalah olahraga yang bisa dikatakan sangat aman untuk dilakukan oleh ibu hamil. Melakukan yoga pada usia kehamilan trimester ketiga nyatanya akan membantu ibu untuk mempersiapkan fisik dan mental ibu saat persalinan. Tidak hanya itu, melakukan yoga saat hamil nyatanya bisa membantu ibu untuk melancarkan persalinan.

Pada kehamilan trimester ketiga ibu juga bisa melakukan prenatal yoga yang memiliki banyak manfaat untuk ibu. Beberapa di antaranya, tubuh akan mendapatkan dukungan positif. Tidak hanya itu, melakukan yoga saat kehamilan trimester ketiga juga bisa memperkuat otot-otot tubuh, salah satunya otot panggul. Lakukan gerakan-gerakan yoga ini agar ibu bisa lancar saat menyiapkan persalinan:

  • Easy pose.
  • Posisi merangkak.
  • Mengangkat panggul.
  • Squat pose.
  • Tailor pose.

2. Jalan Santai

Jalan santai merupakan olahraga yang paling mudah untuk dilakukan oleh ibu hamil. Saat ibu berjalan santai, usahakan ibu melakukan posisi jalan dengan benar. Perhatikan postur tubuh agar selalu tegak. Jangan lupa untuk meluruskan pandangan ke depan.

Dengan rutin melakukan jalan santai pada usia kehamilan trimester ketiga, ibu hamil akan lebih mudah untuk menyeimbangkan tubuh. Selain itu, ibu bisa meningkatkan stamina dan memperkuat otot panggul. Lakukan jalan santai dengan menggunakan alas kaki dan pakaian yang nyaman. Jangan lupa juga untuk gunakan bahan pakaian yang menyerap keringat. Lakukan jalan santai secara rutin.

Jika ibu sudah merasa lelah, tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak. Jalan santai juga tidak perlu dilakukan di luar rumah. Ibu bisa melakukan jalan santai di pekarangan rumah setiap harinya. Lakukan pada pagi atau sore hari.

3. Berenang

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh melakukan olahraga renang? Nyatanya, renang adalah salah satu olahraga yang aman dilakukan ibu saat masa kehamilan. Berenang dapat mengurangi rasa pegal yang dirasakan ibu di sekitar punggung, pinggang, kaki, dan juga lengan. Sebaiknya ibu berenang pada pagi hari atau sore hari. Lakukan renang selama 30 menit agar tidak terjadi perubahan suhu pada perut. Lakukan gaya dada atau gaya punggung dengan santai untuk merasakan manfaat dari olahraga renang.

Lakukan semua olahraga di atas dengan santai. Jangan lupa beristirahat jika ibu merasa lelah. Tidak ada salahnya melakukan olahraga bersama pasangan agar ibu lebih semangat. Jika ibu memiliki keluhan terhadap masa kehamilan, ibu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: