Pantangan Asam Urat, Hindari 3 Sayuran Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Pantangan Asam Urat, Hindari 3 Sayuran Ini

Halodoc, Jakarta - Penyakit asam urat dapat memunculkan rasa nyeri di bagian persendian yang sangat menyiksa dan mengganggu. Serangan nyeri itu dapat terjadi pada siapa saja dan bisa terjadi dalam hitungan bulan maupun hari. Itulah sebabnya pengidap disarankan untuk mematuhi makanan pantangan asam urat, termasuk beberapa jenis sayuran yang akan dibahas lebih lanjut setelah ini.

Soal makanan pantangan asam urat, biasanya jenis makanan yang perlu dihindari adalah yang mengandung tinggi purin, yaitu sejenis zat alami yang terkandung dalam makhluk hidup. Purin terkandung dalam daging sapi, jeroan, makanan laut, hingga sayur-sayuran. Meski gizinya tinggi bagi orang yang sehat, beberapa jenis sayuran tinggi purin akan memicu peningkatan jumlah asam urat dalam tubuh, yang tentunya berbahaya bagi pengidap asam urat.

Baca juga: Ini Batas Kadar Asam Urat yang Normal Bagi Pria

Hindari Konsumsi Sayuran Ini

Secara umum, sayuran memang tergolong makanan sehat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, bagi pengidap asam urat, ada beberapa jenis sayuran yang justru perlu dihindari, yaitu:

1. Bayam

Sayuran pertama yang menjadi makanan pantangan asam urat adalah bayam. Sayuran berdaun hijau ini tinggi zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid. Sayangnya, bagi orang yang mengidap gout atau asam urat, bayam merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari karena kandungan purinnya tinggi. Dalam setiap 100 gram bayam, terkandung sekitar 57 gram purin.

Baca juga: Waspadai Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

2. Asparagus

Asparagus merupakan sayuran yang tinggi folat dan kalium. Sayuran ini dapat dimakan panas ataupun dingin, setelah dimasak. Namun, asparagus juga merupakan salah satu sayuran yang menjadi pantangan makanan asam urat, karena kandungan purinnya cukup tinggi. Dalam setiap 100 gramnya, terkandung sekitar 23 gram purin dalam asparagus.

3. Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran silangan yang seringkali disajikan dalam campuran capcay atau sebagai lauk. Dalam daftar sayuran yang mengandung purin tinggi, kembang kol juga termasuk salah satu pantangan makanan asam urat. Jumlah purin yang terkandung di dalam kembang kol adalah 51 gram per 100 gram.

Itulah beberapa jenis sayuran yang perlu dihindari oleh pengidap asam urat, karena memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Selain jenis sayuran itu, pengidap asam urat masih bisa mengonsumsi berbagai sayuran lain, dalam jumlah yang cukup dan imbangi juga dengan jenis makanan lain. Agar tidak salah pilih jenis makanan, kamu bisa bertanya pada dokter gizi di aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja.

Baca juga: 5 Fakta Mengenai Asam Urat

Makanan Lain yang juga Jadi Pantangan

Selain beberapa jenis sayuran tadi, pengidap asam urat juga perlu menghindari berbagai makanan pantangan lainnya, seperti:

  • Seafood. Pengidap asam urat sangat disarankan untuk menghindari makanan laut, seperti udang, kepiting, remis, tiram, dan cumi-cumi. Selain itu, makanan laut yang diawetkan juga menjadi pantangan, seperti ikan kalengan; sarden, kornet sapi, dan makanan kalengan lainnya.

  • Jeroan. Makanan pantangan asam urat yang perlu dihindari oleh berikutnya adalah jeroan, seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal, dan lainnya.

  • Daging merah. Daging merah seperti daging sapi, kambing, dan babi juga dianggap tinggi purin. Jadi, dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi daging merah jenis apapun.

  • Jamur. Ada sekitar 92-17 gram purin per 100 gram jamur, sehingga makanan ini juga termasuk pantangan bagi pengidap asam urat.

  • Bir dan minuman beralkohol. Bir dan minuman hasil fermentasi menjadi alkohol merupakan pantangan asam urat dikarenakan dapat meningkatkan kadar asam urat. 

  • Nangka. Buah berdaging kuning ini mengandung tinggi purin. Seperti yang telah dijelaskan di atas, sehingga menjadi pantangan asam urat. 

  • Nanas. Buah nanas juga ternyata dapat memicu kekambuhan asam urat, karena akan difermentasi menjadi alkohol di dalam pencernaan.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Gout diet: What's allowed, what's not.
WebMD. Diakses pada 2020. Foods to Avoid if You Want to Avoid Gout Attacks.
Healthline. Diakses pada 2020. Foods to Avoid if You Have Gout.