09 July 2017

Waspadai Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Waspadai Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Halodoc, Jakarta - Waspadai bahaya asam urat! Jika tidak diobati, akan berdampak negatif untuk tubuh. Penyakit asam urat atau gout merupakan sebuah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Penyebab asam urat dikarenakan oleh beberapa faktor yaitu gaya hidup yang tidak sehat, genetik, dan jenis kelamin. Nyatanya laki-laki memiliki risiko lebih tinggi terjangkit penyakit asam urat, dibandingkan dengan wanita.

Jika gejala-gejala seperti hal ini didiamkan saja tanpa adanya pengobatan, tidak menutup kemungkinan penyakit ini akan semakin berbahaya pada tubuh. Asam urat dalam darah yang berlebihan dapat membentuk kristal padat di dalam sendi, kristal asam urat tersebut dapat menimbulkan berbagai penyakit atau kondisi berbahaya lainnya. Inilah 5 penyakit yang dapat timbul akibat asam urat jika tidak diobati:

1.  Batu Ginjal
Bahaya asam urat jika tidak diobati dapat mengakibatkan batu ginjal, asam urat yang tinggi akan membentuk kristal yang dapat menghambat kerja dari ginjal. Selain itu ketidakmampuan ginjal dalam mencerna dan mengeluarkan asam urat dari tubuh akan berakibat fatal, salah satunya adalah munculnya gejala gagal ginjal.

2.  Jantung Koroner
Asam urat tinggi atau hiperurisemia memiliki hubungan yang erat sekali dengan jenis penyakit jantung koroner. Jantung koroner memiliki suatu sindrom yang menyebabkan adanya kelainan pada bagian insulin. Dimana hal ini dapat meningkatkan kadar insulin di dalam darah yang menyebabkan hipertensi. Hingga akhirnya akan berujung pada munculnya gejala penyakit jantung koroner. 

3.  Kerusakan Sendi
Bahaya asam urat lainnya ialah kerusakan sendi, ketika serangan asam urat berkepanjangan. Akibatnya, jaringan sendi akan menjadi rusak permanen dan dapat mengakibatkan sendi menjadi bengkok dan tidak bisa bergerak kembali. Jika sendi sudah mengalami rusak permanen, maka cara mengobatinya yaitu dengan melalui prosedur operasi. 

4.  Asidosis Metabolik
Asidosis metabolik adalah sebuah kondisi saat organ ginjal seseorang sulit melakukan proses pembuangan kandungan asam urat berlebihan di dalam tubuh, sampai akhirnya asam urat akan menjadi kristal kemudian akan menempel di persendian tubuh. Ketika tubuh mengalami asidosis metabolik, maka si pengidap akan mengalami pusing, lemas, napas menjadi tersengal-sengal, dan bisa jadi kehilangan kesadaran hingga akhirnya berujung kepada kehilangan nyawa.

Kondisi asidosis metabolik terjadi pada saat tubuh seseorang terus-menerus mendapatkan suplai purin yang berlebihan, serta meningkatnya kandungan asam urat di tubuh melebihi batasan standar aman yaitu 7 mg/dL.

5.  Tophus atau Tophi
Tophus atau tophi merupakan nodul atau gumpalan kristal yang terbentuk di bawah kulit yang dapat membesar dan menyebabkan rasa sakit saat serangan gout. Tophi sendiri lebih sering muncul pada mereka yang menderita penyakit asam urat kronis. Komplikasi yang diakibatkan oleh asam urat akan muncul pada beberapa bagian tubuh seperti lengan, pergelangan tangan, kaki, pergelangan kaki, dan telinga.

Umumnya tophus atau tophi tidak terus menerus menimbulkan rasa nyeri. Namun, seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa tophus/tophi dapat terasa apabila asam urat yang diidapkambuh. Tophus/tophi akan tumbuh dari waktu ke waktu yang mengakibatkan pengikisan pada jaringan sendi hingga akhirnya menyebabkan kerusakan sendi.

Bahaya asam urat di atas akan menjadi sangat berbahaya apabila asam urat tidak diobati, dan akan berujung lebih parah lagi. Pengidap asam urat harus melakukan pengobatan dengan melakukan diskusi kepada dokter agar cepat ditangani hingga sembuh.


Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bahaya asam urat dan cara menanggulanginya, kamu bisa menanyakan hal tersebut dengan para dokter sekarang juga melalui aplikasi Halodoc. Selain Contact Doctor, jika kamu membutuhkan obat-obatan namun tak sempat keluar rumah, fitur Pharmacy Delivery pada aplikasi Halodoc juga dapat membantu kamu dalam membeli obat melalui smartphone. Download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play yuk!

BACA JUGA: Catat, 5 Penyebab Asam Urat Ini!