• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pasang Bulu Mata Palsu, Perhatikan Hal Penting Ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pasang Bulu Mata Palsu, Perhatikan Hal Penting Ini

Pasang Bulu Mata Palsu, Perhatikan Hal Penting Ini

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 Agustus 2022

“Memasang bulu mata tidak boleh sembarangan. Kamu perlu menyesuaikan modelnya dengan bentuk kelopak mata dan memilih lem yang tepat.”

Pasang Bulu Mata Palsu, Perhatikan Hal Penting IniPasang Bulu Mata Palsu, Perhatikan Hal Penting Ini

Halodoc, Jakarta – Bulu mata palsu menjadi penunjang riasan wajah supaya tampak lebih menarik. Namun, tidak semua wanita pandai menggunakan benda ini karena lumayan tricky. Jika dipasang asal-asalan, wajah bisa kelihatan aneh, alih-alih menawan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari memilih model bulu mata, lem yang digunakan dan tentunya teknik memasangnya. Kamu juga perlu memastikan bahan-bahan bulu mata nyaman digunakan dan enggak bikin iritasi.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memasang Bulu Mata Palsu

Jika kamu masih newbie dalam hal pasang memasang bulu mata, sebaiknya pilih model yang simpel-simpel saja. Jangan buru-buru memilih model bulu yang panjang dan terlalu lebat. Tipe seperti ini justru bikin kamu enggak nyaman karena belum terbiasa.

Pertama, sesuaikan model dengan bentuk lipatan mata kamu. Biasanya, model bulu mata tipis yang terdiri dari empat sampai lima helai di setiap ikatannya lebih cocok dipakai pemula seperti kamu. Gunakan tiga hingga empat ikat saja supaya lebih mudah dipasang dan hasilnya kelihatan alami.

Selain model, jenis lem yang digunakan juga penting banget. Di pasaran, jenis lem bulu mata ada bermacam-macam, mulai dari transparan sampai yang berwarna-warni. Nah, karena kamu belum mahir, sebaiknya pilih lem yang transparan saja. Tujuannya agar ketidaksempurnaan saat menempelkan bulu mata tidak begitu kelihatan.

Langkah-Langkah Memasang Bulu Mata

1. Jepit bulu mata asli

Sebelum memasang bulu mata palsu, jepit dulu bulu mata asli kamu dengan penjepit bulu mata. Step ini penting dilakukan agar bulu mata kelihatan lebih lentik dan menyatu dengan bulu mata palsu.

2. Sesuaikan panjang bulu mata dengan kelopak mata

Pada umumnya, ukuran bulu mata palsu tidak langsung pas dengan panjang kelopak mata kamu. Itu sebabnya, sesuaikan dengan panjang kelopak mata dan gunting kelebihannya. 

3. Oleskan lem secara merata

Setelah ukurannya pas, oleskan lem bulu mata secara merata. Setelah diolses, jangan langsung dipasang ya! Tunggu sekitar 30 detik sampai lem setengah kering.  Nah, selama 30 detik itu, kamu bisa sedikit menekuk-nekuk ujungnya agar mengikuti bentuk kelopak mata. 

4. Lihat ke bawah ke cermin

Bagian tersulit memakai bulu mata palsu adalah menempelkannya tepat di atas garis bulu mata asli. Supaya lebih mudah, lihat ke bawah cermin, bukan lurus ke depan. Dengan menatap ke bawah, kelopak mata lebih mudah terlihat.  Usahakan jangan menutup mata saat kamu memasangkan bulu mata palsu. Gunakan pinset untuk menempelkan bulu secara perlahan dan hati-hati. 

5. Tambahkan eyeliner cair

Setelah berhasil terpasang, tambahkan eyeliner di sela-sela antara bulu mata palsu dan bulu mata asli. Buat garis memanjang dari sudut dalam ke sudut luar mata. Tujuannya agar bulu mata palsu lebih terlihat rapi.

6. Amati penampilan bulu mata

Jika langkah-langkah di atas sudah kamu lakukan, amati kembali tampilan bulu mata palsu kamu. Hal ini bertujuan untuk mencari kekurangan dan memastikan proporsinya sudah tepat. 

Mengalami iritasi mata setelah memakai bulu mata? Sebaiknya periksakan ke dokter saja untuk mendapat pengobatan yang tepat. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat lewat aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Allure. Diakses pada 2022. If I Can Master Applying False Lashes, Literally Anyone Can — Here’s How I Did It.
Makeup.com. Diakses pada 2022. Beauty Q&A: How Do You Choose the Right Fake Eyelashes for Your Eye Shape?