• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pembengkakan Kelenjar Getah Bening di 6 Bagian Tubuh Ini

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening di 6 Bagian Tubuh Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mendengar mengenai kelenjar getah bening? Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang dapat membantu untuk melawan adanya infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri pada tubuh. Salah satu tanda adanya infeksi dalam tubuh ketika kelenjar getah bening mengalami pembengkakan, tetapi biasanya setelah infeksi mereda kelenjar ini akan kembali pada ukuran normal.

Baca juga: Tanda Alami Pembengkakan pada Kelenjar Getah Bening

Tidak ada salahnya ketahui beberapa bagian kelenjar getah bening yang akan mengalami pembengkakan jika ada zat yang berbahaya dalam tubuh. Selain itu, kamu juga dapat mencari tahu penyebabnya dengan melakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat dan lakukan pengobatan untuk mengatasi penyebab pembengkakan kelenjar getah bening yang kamu alami. Yuk, simak ulasan mengenai pembengkakan kelenjar getah bening di sini.

Inilah Lokasi Kelenjar Getah Bening yang Dapat Alami Pembengkakan

Pernahkah kamu mengalami munculnya benjolan pada beberapa bagian tubuh? Bisa jadi itu merupakan kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan. Pembengkakan kelenjar getah bening menjadi tanda adanya reaksi alami terhadap banyaknya sel imun yang dihasilkan oleh kelenjar getah bening akibat adanya infeksi dalam tubuh. Infeksi yang terjadi bisa disebabkan oleh virus, bakteri, maupun zat berbahaya lainnya.

Lalu, di mana saja biasanya kelenjar getah bening yang akan mengalami pembengkakan? Umumnya, pembengkakan kelenjar getah bening akan terjadi pada beberapa bagian tubuh yang mengalami infeksi. Kelenjar getah bening sendiri ada di beberapa lokasi tubuh, seperti:

  1. Ketiak,
  2. Dagu,
  3. Belakang Telinga,
  4. Leher,
  5. Pangkal Paha, dan
  6. Bagian Belakang Kepala.

Itulah beberapa lokasi kelenjar getah bening yang dapat mengalami pembengkakan apabila area sekitar bagian tubuh tersebut mengalami infeksi.

Baca juga: Diet Berlebihan Bisa Sebabkan Gangguan Kelenjar Getah Bening

Gejala Pembengkakan Kelenjar Getah Bening yang Perlu Diwaspadai

Saat kelenjar getah bening memproduksi sel imun cukup banyak, kondisi ini akan menyebabkan kelenjar getah bening mengalami pembengkakan. Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu kelenjar getah bening memproduksi sel imun dalam jumlah banyak, misalnya adanya infeksi, penyakit autoimun, penggunaan jenis obat tertentu, hingga adanya penyakit kanker.

Lalu, bagaimana membedakan pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh infeksi dan juga penyakit kanker? Nyatanya, benjolan akibat pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh infeksi tidak disertai oleh rasa nyeri. Benjolan juga umumnya memiliki tekstur lembut dan mudah digerakkan. Pembengkakan kelenjar getah bening dapat mereda dengan sendirinya setelah penyebab pembengkakan sudah diatasi dengan baik.

Namun, segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika pembengkakan kelenjar getah bening yang kamu alami disertai dengan gejala lain, seperti demam, penurunan berat badan, munculnya keringat berlebihan pada malam hari, pilek, sakit tenggorokan, tekstur menjadi keras dan tidak dapat digerakkan, hingga semakin membesar dan terjadi lebih dari 2 minggu. 

Kondisi ini bisa menjadi tanda dari pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh penyakit kanker. Sel kanker pada kelenjar getah bening nyatanya dapat muncul dari kelenjar getah bening itu sendiri atau dari sebaran sel kanker pada bagian tubuh yang lain.

Segera Lakukan Pemeriksaan

Dengan melakukan pemeriksaan yang tepat, kamu dapat mendeteksi penyebab pembengkakan kelenjar getah bening yang kamu alami. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan tes darah, CT Scan, MRI, atau menggunakan prosedur biopsi. Setelah diketahui penyebab pembengkakan kelenjar getah bening, tentunya pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab kondisi ini.

Pembengkakan yang disebabkan oleh infeksi akan diberikan jenis obat-obatan yang bisa mengatasi infeksi. Sedangkan kondisi yang disebabkan oleh penyakit kanker, membutuhkan pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi penyakit kanker itu sendiri, misalnya dengan kemoterapi atau operasi.

Baca juga: Rutin Olahraga Bisa Mencegah Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Itulah beberapa lokasi kelenjar getah bening yang dapat mengalami pembengkakan akibat adanya gangguan kesehatan pada tubuh. Jangan ragu untuk gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya pada dokter mengenai keluhan kesehatan yang kamu alami agar kondisi kesehatan dapat berjalan optimal.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Swollen Lymph Nodes.
Healthline. Diakses pada 2020. Swollen Lymph Nodes.
WebMD. Diakses pada 2020. When Do Swollen Lymph Nodes Mean Cancer?